10 Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Posted on

Kuliah sembari bisnis, apa bisa?

Kenapa tidak??? banyak mahasiswa yang menjalankan bisnis sambil kuliah karena mereka punya motivasi yang kuat, “ingin menjadi mandiri” , dan mampu mempunyai penghasilan sendiri untuk membiayai kuliah mereka atau bahkan membantu membiayai pendidikan adik-adik mereka (betul gak ?? hehe ).

Jadi kuliah sambil bisnis bisa saja, tinggal bagaimana cara kita mengsinkronkan atau membuatnya sejalan Apakah mengganggu kuliah?

Mengganggu atau tidaknya suatu usaha yg dijalankan terhadap kuliah, sebenarnya tergantung berdasarkan dua hal :

1. Jenis usaha apa yang dijalankan

2. Bagaimana kita sanggup mengatur saat menggunakan baik antara usaha dan kuliah.

Kita bahas satu per satu :

1. Jenis bisnis yang dijalankan

Untuk mahasiswa, terdapat baiknya sebelum terjun ke global usaha agar mampu menentukan jenis bisnis yg mereka jalankan. Pilihlah jenis bisnis yg nir menghabiskan terlalu poly ketika buat mengelolanya, semacam part time business atau dengan kata lain usaha yang sanggup dikerjakan diluar ketika kuliah. Untuk usaha offline mungkin relatif susah mencarinya, tetapi buat usaha online tampaknya ada banyak peluang, contohnya saja jadi blogger, internet marketer, affiliiate / reseller, ads publisher, dll, karena mampu dijalankan pada ketika selesai kuliah, saat malam pun pula mampu dijalankan (kebanyakan mahasiswa menderita insomnia, termasuk saya)

2. Mengatur ketika antara bisnis & kuliah

Nah itu tadi, jika anda sudah memilih jenis bisnis anda, maka tinggal bagaimana cara anda mengaturnya dengan kuliah anda. Saya ambil contoh misalnya anda menggeluti bisnis online. Bisnis online adalah bisnis yang sangat baik menurut saya, kenapa? tidak ada jadwal tertentu yang mengikat (misalnya jam masuk, jam pulang, jam telat, dll ) , yang ada yaitu perencanaan bisnis anda dalam menjalankan bisnis online anda. Nah misalnya saja, dalam menjalankan bisnis online anda, anda memerlukan waktu sekitar 2-3 jam. Apa yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis anda? Koneksi internet, komputer / laptop, dimana menurut saya kesemua barang tersebut selalu ada (selalu ada dalam arti, warnet gak akan lari kemana, sinyal wifi gratisan tak akan lari kemana). Jadi gak ada alasan buat anda terburu-buru menjalankan bisnis anda karena takut telat

Sementara kuliah . . . Kuliah hari ini tentu jika udah lewat yah lewat. Anggaplah pada sehari anda kuliah berdasarkan jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Terus berdasarkan jam 3 sore hingga jam 6 petang anda sanggup gunakan buat mengerjakan tugas2 kulaih anda. Nah jam 6 petang sampai seterusnya (jam 8 keesokan harinya) ialah gak ada lagi sesuatu yang terlalu mendesak (kalaupun terdapat silahkan kerjakan segera). Nah anda sanggup memanfaatkan ketika tersebut buat menjalankan usaha anda. Bukan gitu ???

Jenis usaha buat anak kuliahan

Seperti yg saya sarankan tersebut di atas, yaitu usahakan memilih usaha online, merupakan anda mempunyai bisnis yg dijalankan pada dunia maya, yang tidak membutuhkan ketika seharian untuk dijalankan. Keliru satu misalnya yaitu usaha blog monetizing atau membentuk uang melalui blog (yg sedang digandrungi ketika ini). Jadi yang anda perlukan hanya sebuah blog (apakah itu blogger, wordpress, dll) yang mana buat membuat sebuah blog hanya membutuhkan ketika sekitar 3-5 mnt. Kemudian anda mengisi blog anda dengan tulisan-tulisan atau artikel, bisa dari hasil kopi susu kopi paste, atau buatan sendiri (& buat menciptakan sebuah goresan pena pun gak perlu bertapa sampai seharian, apalagi kalau cuma kopi paste. Intinya, bisnis apapun yg dijalankan oleh anda yg masih berstatus menjadi mahasiswa, maka gak terdapat salahnya selama kuliah anda pula permanen jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *