22 Tips & Trik merintis Bisnis Makanan Agar Cepat Laris Dan Sukses

Posted on

22 Tips & Trik  Merintis  Bisnis Makanan Agar Cepat Laris Dan Sukses

Bukan sekedar janji atau omong kosong belaka,anda bisa dengan cepat sukses punya usaha restoran atau rumah makan kuliner yang beromset puluhan juta bahkan ratusan juta yg di mulai dari modal kecil dengan menjalankan 22 Tips & Trik  merintis  Bisnis Makanan Agar Cepat Laris dan sukses meraup untung besar.yang di jelaskan di sini.Penasaran? Simak semua penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Banyak orang yang tertarik untuk memulai ide wirausaha bisnis makanan atau kuliner,dan mengharapkan kesuksesan meraih keuntungan atau penghasilan besar mulai dari puluhan juta bahkan hingga ratusan juta per bulan.

Mengapa banyak orang yang tertarik ingin memulai atau membuka usaha jualan makanan? Inilah sejumlah alasannya:

  1. ,Ide wirausaha makanan atau kuliner menjanjikan keuntungan besar Sekitar 50% –  200% tergantung jenis makanan yg di jual.
  2. Banyak ragam jenis makanan yang bisa di pilih sebagai produk usaha kuliner kita,
  3. Semua orang butuh makanan setiap hari,sehingga peluang usaha ini bisa cepat laris dan menguntungkan
  4. Bisa langsung memulai usaha dari nol atau dengan modal kecil-kecilan sekitar Rp.200 ribu atau Rp.2juta-an.Bahkan ada orang yang sukses membuka usaha kuliner yang di mulai dari modal sangat minim yaitu di bawah Rp.100 ribu
  5. Mudah di jalankan dan dapat di kembangkan dengan cepat.Dan bisa di kembangkan dengan sistem kemitraan berbasis waralaba atau franchise.
  6. Banyak Bank dan lembaga keuangan yg siap membatu permodalan untuk membiayai pengembangan usaha untuk ke depan jika dana di perlukan.

Tetapi,jangan tersenyum dulu setelah membaca alasan-alasan mengenai kelebihan dan keuntungan membuka usaha kuliner atau bisnis makanan.Karena,mesrkipun bisnis makanan alias kuliner menjanjikan harapan-harapan keuntungan dan penghasilan yang besar dan menggiurkan,tetapi apabila kita salah langkah dalam merintis dan menjalankannya,maka besar juga kemungkinan usaha ini akan gagal di tengah jalan sebelum meraih sukses dan keuntungan yang kita inginkan.

Oleh sebab itu,anda juga perlu mengetahui Kiat-kiat  atau Tips dan trik yang terkait dengan cara terbaik dan tepat merintis dan menjalankan bisnis makanan agar cepat sukses berkembang meraup untung besar.

Inilah 22 tips dan trik merintis bisnis makanan agar cepat sukses meraup untung besar

1.Lakukan survei atau penelitian peluang bisnis makanan di sekitar tempat tinggal anda

Di dalam dunia kewirausahaan,melakukan survei merupakan langkah awal yang penting untuk anda lakukan untuk mengetahui peluang dan potensi kesuksesan usaha jualan makanan yang akan anda jalankan.

Dalam hal ini,anda harus mencari tahu dulu tentang -Jenis bisnis makanan apa saja yang ada di sekiatr lokasi tempat tinggal anda,atau di sekitar lokasi tempat usaha yang anda rencanakan untuk membuka usaha kuliner.Hal ini anda lakukan untuk mengetahui tingkat persaingan di dalam menjalankan usaha nanti untuk merebut banyak pelanggan.

Survei ini anda lakukan agar anda dapat menentukan pilihan jenis bisnis makanan apa yang akan anda rintis benar-benar merupakan bisnis makanan yang berpeluang besar cepat laris di jual karena tidak ada saingan di sekitarnya.Atau paling tidak masih jarang di jalankan orang di sekitar lokasi tempat usaha yg anda rencanakan.

2.Pastikan menentukan pilihan pada jenis bisnis jualan makanan yang tepat

Setelah anda melakukan survei dan mendapatkan data tentang tingkat persaingan di dalam menjalankan bisnis makanan.Maka saatnya anda menentukan pilihan jenis bisnis makanan yang tepat.

Pilihan jenis bisnis makanan yg tepat adalah:bisnis makanan yang cepat laris dan menjanjikan potensi keuntungan yang besar.

Bisnis makanan yg cepat laris berarti jenis bisnis makanan yang paling banyak orang butuhkan setiap hari,dan soal rasanya sudah tentu enak dan membuat orang yang memakannya ketagihan untuk membelinya,atau bukan malah sebaliknya hanya akan membuat orang cepat bosan memakannya.

Karena anda menjual makanan yang cepat laris dan banyak orang butuhkan setiap  hari,maka sudah tentu usaha anda akan berpeluang menghasilkan keuntungan besar dengan cepat.

3.Prioritaskan juga memilih jenis bisnis makanan yg unik atau belum ada pesaing

Karena begitu sangat banyak pilihan jenis makanan,maka sudah tentu ada salah satunya yang unik atau belum ada pesaingnya di sekitar lokasi tempat usaha yang anda rencanakan.

Dalam hal ini,alangkah baiknya anda memilih salah satu jenis bisnis makanan yg unik dan belum ada di sekitar lokasi tempat usaha yg anda rencanakan.Tetapi,jenis makanan unik yg anda pilih tersebut tentu yang cepat laris dan menjanjikan untung besar.

Atau anda bisa membuat makanan dengan rasa yang berbeda serta dengan nama yang berbeda,tetapi rasanya juga tentu harus enak dan membuat lidah ketagihan merasakannya.

Di dalam dunia bisnis kuliner,terdapat dua kelompok jenis bisnis makanan yaitu,kelompok jenis makanan ringan dan kelompok jenis  makanan berat untuk mengenyangkan perut.

4.Siapkan sejumlah dana untuk memulai uasha dengan modal kecil

Apabila anda sudah menentukan pilihan jenis bisnis makanan yang akan anda jalankan,untuk selanjutnya anda hanya tinggal menyiapkan sejumlah dana untuk di keluarkan buat memulai usaha.

Tak perlu terlalu berani untuk memulai bisnis makanan dengan menggunakan modal yang terlalu besar.Karena ide bisnis makanan ada yang bisa di mulai dengan modal yang sangat minim atau hampir tanpa modal.

Misalnya,ide bisnis makanan dengan berjualan atau berdagang makanan ringan seperti keripik pisang atau singkong yang dapat di mulai dengan modal sekitar Rp.500 ribu atau bahkan kurang.Karena kita dapat memulainya dulu dari rumah,dan menjualnya di pinggir jalan dengan menggunakan meja dan tenda plastik yg murah harganya.

Dalam hal ini,anda bisa saja langsung memulai usaha jualan makanan dengan modal kecil yang berskala rumahan dari rumah anda dengan menggunakan peralatan-peralatan dapur anda sendiri dalam waktu sementara.Sedangkan uang Rp.500 ribu itu anda gunakan sebagai modal pembelian bahan makanan gorengan dan tenda plastik.

5.Jangan gunakan dana pinjaman kredit berbunga untuk memulai usaha

Menurut sebagian wirausaha sukses,sebaiknya kita memulai usaha dengan menggunakan modal dari dana tabungan sendiri.Karena dengan menggunakan dana tabungan sendiri untuk memulai usaha,kita tidak akan terbebani dengan masalah pembayaran kredit berbunga apabila kita menggunakan dana pinjaman kredit berbunga untuk memulai usaha.

Terutama,pinjaman dana kredit berbunga dari rentenir yang biasanya berbunga tinggi.Karena di kuwatirkan nanti sebagian keuntungan usaha hanya habis untuk membayar bunga kredit yang sangat tinggi,hal ini tentu akan memperlambat kemajuan usaha jualan makanan yang baru di rintis.

6.Prioritaskan membuka usaha di lokasi paling strategis

Dalam dunia kewirausahaan,masalah lokasi untuk tempat usaha sangat begitu penting untuk di perhatikan.Sebab lokasi yang strategis sangat menentukan bagi keberhasilan usaha makanan yang di jalankan.

Dalam hal ini,usaha jualan makanan membutuhkan lokasi strategis,karena sekalipun makanan yang kita jual sangat enak rasanya,dan banyak orang butuhkan,tetapi jika lokasi usahanya jauh dan sulit di jangkau,maka sudah tentu usaha jualan makanan tersebut akan sepi pembeli.Kecuali kita menjalankannya  dengan cara berjualan kelilng,atau dengan menitipkannya di warung-warung atau kios yang menjual makanan.

Di katakan sebagai lokasi yang strategis yaitu apabila lokasi tersebut mudah di lihat dan di jangkau oleh para calon konsumen yang ingin membeli barang yang mereka butuhkan.

Contoh-contoh lokasi strategis yang paling cocok untuk membuka usaha makanan agar cepat laris dan sukses menghasilkan keuntungan yaitu:

  • Di pinggir jalan umum yang ramai di lalui oleh orang atau kendaraan.
  • Di di dekat pusat pemukiman atau perumahan warga
  • Di dekat pusat perkantoran
  • Di dalam pasar pas di dekat pintu gerbang keluar masuknya pengunjung pasar
  • Di dekat kampus atau sekolah
  • Di dekat tempat parawisata atau rekreasi
  • Di dekat pusat tempat hiburan umum

7.Pasang spanduk promosi di depan tempat usaha

Memasang spanduk promosi d depan tempat usaha berjualan makanan adalah cara yang paling efektif untuk menarik banyak calon pelanggan.Inilah salah satu trik pemasaran sukses untuk membuat bisnis makanan atau kuliner menjadi cepat laris dan sukses.

Karena fungsi spanduk promosi adalah sebagai media untuk memperkenalkan usaha makanan milik anda kepada calon konsumen atau pelanggan,sehingga usaha anda akan menarik perhatian orang-orang yang membutuhkan makanan.

Usaha restoran atau rumah makan serta warung-warung makanan sangat perlu memasang spanduk promosi untuk memperkenalkan menu-menu makanan yang di jual,sehingga orang-orang yg membutuhkan makanan akan menjadi tertarik dan tergiur untuk mencicipi makanan yg di jual.

Oleh karena itu,anda harus mencoba trik ini di dalam merintis bisnis makanan agar cepat laris dan menghasilkan untung besar dalam waktu singkat.

22 Tips & Trik  Merintis  Bisnis Makanan Agar Cepat Laris Dan Sukses

8.Atur tata letak tempat usaha dengan baik

Mengatur tata letak tempat usaha dengan baik untuk bisnis jualan makanan atau kuliner juga perlu anda perhatikan pada awal-awal usaha ini baru di rintis.Karena tata letak tempat usaha yang di atur dengan baik bisa berdampak pada ketertarikan banyak orang untuk menjadi pelanggan.

Sebagai contoh mengatur tempat usaha jualan mkanan dengan baik yaitu : Misalnya,apabila anda membuka usaha warung makan sederhana di pinggir jalan raya.Maka letak warung makan milik anda tersebut jaraknya harus berdekatan sedikit dengan pinggir jalan raya,Ukuran jaraknya maksimal 6 meter dari bahu jalan,atau minimal 3 meter apabila di izinkan oleh pemerintah setempat.

Karena usaha warung makan sangat membutuhkan halaman depan sebagai ruang untuk parkir kendaraan bagi konsumen yang datang untuk membutuhkan makanan di saat merasa lapar.

Dalam hal ini,sebuah warung makan yang tidak memilki ruang parkir yang luas untuk kendaraan milik konsumen,tidak seramai warung makan yang memilki ruang parkir yang luas,padahal rasa menunya sama.

9.Prioritaskan Beli barang untuk bahan makanan langsung sama distributor atau langsung sama petani

Tujuan mengikuti tips ini yaitu agar anda mendapatkan harga yang lebih murah untuk pembelian bahan makanan untuk usaha kuliner anda,sehingga keuntungan penjualan makanan di usaha anda akan lebih menguntungkan.

Berbeda dengan membeli bahan makanan sama pedagang pengecer,tentu harga penjualan yang mereka tawarkan lebih tinggi,karena mereka membeli dari distribotor dan petani untuk mendapatkan keuntungan dalam penjualan  eceran.

10.Cari supplier khusus pemasok bahan makanan  ke usaha anda dan buat supplier agar tertarik bekerja sama

Siapa supplier? Supplier adalah pedagang besar atau perusahaan distributor barang yang menawarkan harga penjualan lebih murah untuk pembelian bahan bahan makanan untuk usaha kuliner.Dalam hal ini,ada supplier khusus bahan makanan,dan ada juga supplier khusus yg menjual barang lain.

Apabila anda berhasil membuat supplier menjadi tertarik untuk bekerja sama dengan anda,maka pihak supplier akan memasok persediaan bahan makanan ke usaha anda tanpa anda harus membayar secara tunai atau kontan.

Bagaimana trik membuat pihak supplier bahan makanan agar menjadi tertarik bekerjasama? Silahkan pelajari di artikel :Strategi membuka usaha toko sembako nyaris tanpa modal

11.Poles tempat usaha anda dengan sentuhan warna yang menarik

Usaha warung makanan yang di poles dengan sentuhan warna yang menarik tentu akan menjadi pusat perhatian para calon konsumen.Jadi,anda harus mencoba trik ini agar supaya bisnis makanan anda akan cepat laris dan sukses meraup keuntungan besar.

Pemilihan warna yang tepat bisa mempengaruhi tingginya minat calon konsumen untuk datang membeli di warung atau kios makanan milik anda.

Adapun warna yang tepat untuk warung atau rumah makan kuliner yaitu warna yang cerah dan terang seperti putih kulit telur untuk dindingnya,dan konsennya di beri warna merah,biru,coklat mudah.Atau gunakan warna-warna yang sedang tren saat in untuk mewarnai usaha rumah makan milik anda.

12.Jalankan program promosi singkat untuk menarik banyak pelanggan dengan cepat

Salah satu trik berbisnis yang sering di gunakan oleh para pebisnis untuk menarik banyak pembeli dan pelanggan adalah dengan menjalankan program promosi singkat pada awal memulai usaha.Untuk usaha warung makanan pun bisa mencoba trik ini.

Promosi singkat yang di maksud adalah menawarkan harga yang paling murah dalam jangka waktu sekitar 1 minggu untuk memperkenalkan menu-menu makanan yang di jual,sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencoba membeli dan ingin mencicipi rasanya.

Nah,apabila rasa makanan yang anda jual ternyata enak dan membuat orang merasa ketagihan,maka sudah tentu bisnis warung makan anda akan semakin cepat laris dan ramai dengan pelanggan.

Tujuan lain menjalankan trik ini yaitu untuk menciptakan kesan seolah-seolah usaha anda sudah memiliki banyak pelanggan dan menjual makanan-makanan yang rasanya sangat enak dan menggiurkan.Sehingga calon konsumen lain menjadi penasaran juga untuk mencoba membeli,tetapi harganya tidak sama lagi dengan harga  promosi singkat dalam waktu 1 minggu..

Ini adalah trik pemasaran moderen yg merupakan gagasan seorang wirausaha yg kreatif menjalankan pemasaran untuk meningkatkan omset penjualan dalam usaha.

Katanya,”Jangan takut membuka usaha warung makan karena tidak akan laris.Jika mau bsnis makanan anda ramai dengan pelanggan,bikin ramai dulu dengan cara sengaja di bikin ramai,nanti akan banyak orang mengira kalau makanan yang anda jual rasanya enak-enak”.

Tetapi,sebelum menjalankan trik ini,kita harus memastikan bahwa rasa makanan di usaha kuliner yg kita jalankan benar-benar punya rasa yang sangat enak.Untuk membuktikan rasanya sangat enak,berikan secara gratis makanan kepada minimal 5 orang untuk mencoba mencicipi rasanya.Lalu,apabila ke lima orang itu meminta tambah lagi,itu berarti rasa makanan yang mereka coba tersebut benar-benar sangat enak rasanya.

Atau anda berpura-pura mengatakan bahwa anda membeli makanan tersebut dari warung makanan lain,dan apabila orang yang anda suruh mencicipi makanan secara gratis tersebut menanyakan,”Di warung mana anda membeli makanan yg sangat enak rasanya ini,saya ingin ke sana untuk membeli juga?”,nah itu berarti rasanya makanan yang anda buat benar-benar sudah sangat enak di banding rasa makanan  yg di jual di tempat lain.

13.Perhatikan masalah kebersihan di tempat usaha dan sekitarnya

Masalah kebersihan di tempat usaha jualan makanan serta di sekitarnya juga sangat perlu di perhatikan agar calon pembeli dan pelanggan tidak akan merasa jijik dan akhirnya  lari ke warung makan milik pesaing.

Warung makan yang bersih beserta halamanya tidak banyak lalat di dalamnya,sehingga pengunjung warung merasa nyaman untuk makan di dalam,dan mereka akan terkesan dengan kebersihan warung makanan milik anda,dan akhirnya akan menjadi pelanggan setia yang akan terus datang membeli makanan di warung anda.

Berbeda dengan warung makanan yang kotor dan jorok,serta banyak lalat di dalamnya,kesannya sangat jorok dan menjinjikan,sehingga membuat selera para calon pembeli untuk membeli makanan menjadi tidak jadi membeli,alias kabur dan pergi mencari warung makan yang bersih.Tadinya pengunjung warung sangat lapar dan ingin segera menyantap makanan,eh,karena melihat lalat yang banyak berterbangan dan mendarat di tempat jualan makanan,akhirnya mengurungkan niat untuk membeli atau makan.

Jangan biarkan usaha warung atau restoran makan milik anda menjadi sepi seperti kuburan hanya karena lantaran anda tidak memperhatikan masalah kebersihan di tempat usaha anda dan sekitarnya.Salah sendiri apabila usaha warung makan anda sepi,dan akhirnya merugi dan bangkrut.

Masalah kebersihan di tempat jualan makanan sebenarnya hanya merupakan masalah sepele yang sangat sederhana,tetapi,apabila pemilik warung tidak memperdulikannya,maka usahanya akan sulit mendapatkan banyak pelanggan.

14.Buat pembeli agar menjadi pelanggan dengan konsep nilai tambah

Konsep nilai tambah memiliki banyak cabang,tetapi pengertian hanya satu yaitu menambahkan nilai-nilai keunggulan ke dalam usaha untuk memenangkan persaingan merebut lebih banyak calon konsumen agar semuanya menjadi pelanggan.

Menerapkan konsep Nilai tambah ke dalam bisnis jualan makanan adalah sebuah strategi yg paling ampuh agar usaha semakin hari semakin ramai pembeli,dan tentu akan membantu meningkatkan omset dan keuntungan usaha dengan cepat.

Sebenarnya,di dalam artikel ini telah ada sejumlah tips dan trik yang berhubungan dengan konsep nilai tambah.Akan tetapi,anda juga mungkin perlu memahami cara berbisnis yang baik dan benar berdasarkan konsep nilai tambah..

Bagaimana cara yg baik dan benar menerapkan konsep nilai tambah ke dalam usaha warung makan kuliner? dan bagaimana cara baik dan benar menarik banyak pelanggan dengan cepat melalui nilai tambah? Untuk mendapatkan inspirasi dan pencerahannya silahkan pelajari artikel : Strategi bisnis agar usaha kecil cepat sukses berkembang meraup penghasilan besar

15.Jaga dan pertahankan pelanggan

Menjaga dan mempertahankan pelanggan agar tidak lari atau berpindah hati ke pesaing juga merupakan salah satu bagian yang paling penting untuk selalu di perhatikan,agar usaha penjualan makanan di warung atau restoran milik anda akan semakin cepat berkembang karena pelanggannya semakin hari semakin bertambah banyak.

Ada banyak cara atau strategi bisnis untuk menjaga dan mempertahankan pelanggan,salah satu contohnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan warung agar tetap bersih dan membuat nyaman para pengunjung.

Atau bisa juga dengan menambahkan nilai tambah yang lain ke dalam usaha anda.Dengan melakukan hal ini,maka usaha restoran atau warung makanan milik anda akan semakin cepat bertambah maju dan berkembang.

Seorang praktisi ilmu kewirausahaan mengatakan bahwa,”Lebih mudah mengembangkan usaha dengan pelanggan yang sudah ada daripada mengembangkan usaha dengan mencari pelanggan baru,karena untuk membuat seorang konsumen menjadi pelanggan kita harus memulai promosi lagi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen untuk tertarik menjadi pelanggan baru di dalam usaha kita”

Alasannya juga karena pelanggan yang sudah ada tentu mereka sudah percaya kepada kita dan usaha kita yg selalu memberikan kepuasan kepada mereka.Dan mereka dengan mudah kita pengaruhi agar terus berlangganan membeli lebih banyak makanan-makanan yang ada di warung atau restoran milik kita.

16.Buka dan jalankan usaha setiap hari -Ini sangat penting !!!

Untuk meningkatkan omset penjualan makanan di usaha restoran atau warung kuliner milik anda,di sarankan bagi anda agar mengaktifkan kinerja bisnis anda setiap hari.

Dalam hal ini,sebuah usaha warung apabila terlalu sering tutup atau tidak aktif di buka setiap hari,lama-lama akan menjadi sepi seperti kuburan karena di tinggalkan oleh para pelanggannya.

Dengan kata lain,jangan sering bolong menjalankan usaha warung makan,agar pelanggan yg ingin membeli lagi tidak mengira lagi kalau usaha warung anda di tutup lagi.

Sebab banyak kasus usaha yang mati sendiri karena gara-gara sengaja sering di tutup,karena pemiliknya terlalu sibuk dengan urusan lain,Kok bisa?

Contoh kasusnya begini; beberapa pelanggan sebuah usaha warung makan ingin pergi membeli ke warung makan langganan mereka, yang jaraknya dengan tempat tinggal mereka ini cukup jauh juga, tetapi karena para pelanggan ini sudah sering melihat warung langganan mereka tutup,maka mereka pun merasa ragu-ragu untuk pergi ke warung makan langganan mereka.

Para pelanggan warung makan yg sering tutup tersebut berkata,”Jangan-jangan warung makan langganan kita di tutup lagi hari ini,jaraknya kan jauh juga tu,daripada waktu dan biaya kita pergi ke sana terbuang percuma nanti,lebih baik kita cari warung makan di tempat lain saja,Oke”

Perhatikan contoh kasus tersebut,kasus seperti itu juga sering terjadi di dalam usaha-usaha atau bisnis yg lain.

Lantas,kalau anda memang sedang ada kesibukan lain di luar mengurus usaha warung makan milik anda,maka bagaimana caranya agar usaha warung milik anda terus aktif setiap hari? Cara terbaik yang anda lakukan yaitu dengan mendelegasikan urusan bisnis warung makan anda kepada seseorang yang anda sangat percaya untuk menjalankan usaha anda untuk sementara waktu.

Apabila hal ini tidak anda lakukan,maka pengorbanan dan perjuangan anda selama merintis usaha bisnis jualan makanan bisa jadi akan sia-sia.Dan tentu hal ini bisa saja membuat anda menjadi stres apabila anda merintis warung makan dengan mengeluarkan dana tabungan dalam jumlah yg besar untuk membiayainya.Dan ini merupakan momok yang paling menakutkan bagi kebanyakan pebisnis yang hanya memilki simpanan dana cadangan yg sangat sedikit di rekening bank milik mereka..

Jadi,jangan biarkan bisnis restoran atau warung makan kuliner milik anda menjadi gagal dan mati dengan sendirinya hanya karena gara-gara anda sengaja sering tidak aktif menjalankannya lantaran anda sibuk dengan urusan lain.

22 Tips & Trik  Merintis  Bisnis Makanan Agar Cepat Laris Dan Sukses

17.Buka usaha jualan makanan dari jam 05,00 pagi sampai malam jam 24.00

Membuka usaha jualan makanan setiap hari secepatnya mulai dari jam 05.00 dan menutupnya pada jam 24.00 adalah cara hebat untuk membuat usaha jualan makanan yang anda rintis dengan modal kecil bisa lebih cepat sukses berkembang maju.

Mengapa?

Karena rata-rata warung atau rumah makan dan restoran kuliner yg sudah berjalan dan sudah punya banyak pelanggan terkadang mulai di buka sekitar jam 07.30 – 08.00 dan biasanya di tutup pada jam 22.00.

Kemudian anda hadir sebagai pendatang baru di bisnis kuliner dengan menu yg sama,dan dengan rasa yg sama pula misalnya,dan anda melakukan gebrakan usaha baru dengan menjalankan usaha mulai dari pagi jam 05.00 sampai malam pukul 24.00.

Apa yang akan terjadi apabila cara usaha seperti ini anda lakukan?

Inilah hal-hal yang mungkin akan terjadi pada usaha bisnis makanan yg anda jalankan :

  • Usaha warung kuliner milik anda akan cepat terkenal,atau di ketahui oleh masyarakat luas karena di buka dari waktu subuh sampai tengah malam.
  • Kemungkinan besar di antara pelanggan restoran atau rumah makan kuliner milik pesaing akan ada menjadi pelanggan untuk membeli makanan yang mereka butuhkan untuk sarapan pagi.Terutama para pelanggan baru yg berasal dari kalangan karyawan perusahaan atau orang kantoran,dari kalangan mahasiswa,pelajar,dan para pemilik bisnis non kuliner.Karena rata-rata orang dari kalangan ini mulai bangun tidur sekitar jam 04.30 -jam 07.00.Sehingga mungkin saja di antara mereka sudah ada yang merasa kelaparan dan membutuhkan makanan buat sarapan pagi sambil minum kopi.
  • Kemungkinan besar di antara pelanggan restoran dan rumah makan kuliner milik pesaing tidak punya waktu dan kesempatan untuk makan malam di restoran atau rumah makan milik para pesaing bisnis anda,oleh karena itu di antara mereka ada yang menjadi pelanggan untuk membeli makanan di usaha kuliner milik anda yg dibuka sampai jam 24.00.
  • Akhirnya,usaha rumah makan kuliner milik anda pun secara perlahan namun pasti akan kebanjiran pelanggan-pelanggan baru,sehingga bisa meningkatkan omset dan pendapan usaha anda.

Dalam hal ini,anda telah melakukan gebrakan bisnis terbaru untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan cara mencuri waktu dan kesempatan.Dan hal ini sama saja anda akan berhasil mencuri pelanggan baru yang berasal dari konsumen setia yang sudah sering membeli makanan di usaha kuliner milik pesaing.

Ini benar-benar cara hebat dan luar biasa untuk meningkatkan omset dan pendapatan usaha kuliner yang baru anda rintis,meskipun anda memulainya hanya dengan modal kecil.Buktikan sendiri,insya Allah anda akan merasakan hasilnya.

Apabila anda seorang wirausaha muslim,cara usaha seperti ini sangat cocok untuk anda jalankan,karena anda akan menjadi terbiasa bangun di waktu subuh,dan menyempatkan diri untuk menunaikan kewajiban shalat subuh berjamaah di mesjid sekitar jam 04.45 sampai selesai pada jam 05.00 ,dan setelah selesai shalat subuh,anda langsung bergegas untuk membuka usaha jualan makanan milik anda.

Dengan melakukan cara usaha ini,anda akan mendapatkan pahala besar dan sekaligus meningkatkan potensi rezeki yg anda peroleh semakin banyak dari usaha jualan makanan bagi orang yang membutuhkannya di saat lapar pada waktu dini hari.

Rahasia hebat perlu kami bocorkan di sini,bahwah dalam menjalankan usaha jualan makanan dengan cara ini,maka hukum sunnatullah yang berlaku di alam semesta secara otomatis dan alami akan ikut membantu melancarkan aliran rezeki uang untuk terus datang mencari anda.melalui usaha kuliner milik anda.

Dan ungkapan serta kepercayaan kuno dari zaman dulu akan berlaku juga pada diri anda,apabila anda menjalankan usaha jualan makanan dengan cara ini.Adapun ungkapan dan kepercayaan kuno yang di maksud di sini? Yaitu,”Siapa yang lambat bangun dari tidur malam,maka sebagian  rezekinya akan habis di makan ayam”.Karena pada umumnya ayam yang hidup secara alami biasanya mulai mencari makan setelah lewat sedikit dari jam 05.00 pagi.Dalam hal ini,anda akan mendapatkan tambahan jatah rezeki karena bangun pagi sebelum ayam mencari makan,dan anda langsung membuka usaha jualan makanan sebagai pintu masuknya jatah rezeki yang anda usahakan dengan dengan cara yg baik dan tepat .Dan jumlahnya tidak akan berkurang dan tidak pula bertambah.Di sinilah letak keadilan Tuhan dalam membagi rezeki untuk manusia melalui usaha dan cara manusia melakukan usaha.

Bahkan,pepatah moderen dari negeri Jepang juga berlaku dalam usaha kuliner yang anda jalankan dengan cara ini.Adapun pepatahnya yaitu,”Jangan sia-siakan waktu,karena waktu adalah uang”.

18.Terangi tempat usaha ketika di buka pada waktu malam dengan lampu-lampu yg terang cahayanya

Sebuah rumah makan yang sangat sederhana dan hanya di rintis dengan modal kecil-kecilan sekalipun,tetapi apabila menggunakan trik ini,yaitu menerangi tempat usaha ketika di buka pada waktu malam dengan lampu-lampu yg terang cahayanya maka akan terlihat sangat menarik untuk di kunjungi oleh para calon konsumen dan pelanggan.

Ini adalah ide untuk meningkatkan omset penjualan usaha warung makan sederhana yang terbukti berhasil di terapkan oleh sejumlah wirausaha sukses di bidang kuliner.

Lampu-lampu listrik dengan daya sekitar 42 Watt -54 Watt bisa anda pasang di bagian depan warung makan anda yang sederhana,jumlah mata lampu berupa balon kontol bebek atau dengan bentuk bundar sekitar 5 buah anda pasang berjejer untuk menarik dan memancing perhatian para calon konsumen untuk datang mengunjungi dan mencicipi nasi dan masakan-masakan lainnya di warung makan milik anda.

Penerangan bagi tempat usaha dengan menggunakan lampu-lampu terang yang berjejer di bagian depan dan di tambah pada bagian dalam terbukti sangat efektif sebagai media promosi melalui “visual cahaya”.lampu-lampu listrik.Inilah ilmu marketing moderen yang perlu anda terapkan dalam merintis usaha kuliner yg bisa anda mulai dengan modal kecil.

Perlu anda ingat di sini,harap gunakan balon lampu listrik yang berkualitas tinggi,sehingga cahanyanya juga berkualitas tinggi untuk menarik para konsumen untuk datang membeli makanan di warung anda.Balon dengan merek Philips dan Horry adalah contoh balon lampu yg berkualitas dan tahan lama.Kualitas ke dua balon lampu dengan merek tersebut hampir sama.Kami sudah membuktikannya sendiri.(Ingat-Merek Horry buatan Jerman lebih murah di banding Philips,tetapi kualitas bersaing).

19.Jalankan strategi Funneling Untuk Menjaring Lebih Banyak Pelanggan

Di dalam dunia pemasaran,strategi funneling adalah salah satu strategi yang sangat ampuh untuk meningkatkan omset penjualan dan pendapatan bagi bisnis yang di jalankan.Sebagai wirausaha di bidang kuliner yang menjual nasi dan jenis makanan lainnya,anda perlu menggunakannya senjata dalam pemasaran agar usaha kuliner milik anda akan mendapatkan tambahan calon-colon pembeli dan pelanggan potensial.

Strategi funneling sangat banyak model dan cara peenggunaannya di dalam dunia pemasaran,karena tergantung jenis dan model bisnis yang kita jalankan.Atau tergantung kreatifitas kita masing-masing sebagai pemilik sebuah bisnis.

Contoh Strategi Funneling yang bisa anda jalankan agar cepat sukses merintis bisnis makanan

Salah satu contoh strategi funneling yg bisa anda gunakan dalam merintis usaha restoran atau rumah makan kuliner untuk menjaring lebih banyak calon pembeli dan pelanggan potensial yaitu dengan menawarkan “Seuatu Yang Gratis” kepada calon pembeli dan pelanggan makanan yang anda jual.

Cara menjalankan strategi funneling tersebut yaitu dengan menjalankan promosi yang di dalamnya ada penawaran “Sesuatu Yang Gratis” kepada calon konsumen atau pembeli.Nah,karena adanya sesuatu yang gratis inilah selanjutnya anda bisa membuat calon konsumen agar tertarik membeli dan selanjutnya menjadi pembeli potensial dan merubahnya menjadi pelanggan potensial yang akan terus menerus menjadi membeli dan membeli produk-produk makanan yang anda jual.

Sebagai seorang wirausaha di bidang kuliner,anda harus pntar-pintar menjalankan pemasaran secara kreatif.Dan anda harus tahu “Sesuatu yang gratis” yang akan anda berikan kepada calon konsumen atau pembeli untuk mendapatkan tambahan pelanggan potensial dalam jumlah yang lebih banyak.

Tetapi,”Sesuatu yang Gratis” yang anda berikan kepada calon konsumen  itu merupakan sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan bagi usaha anda.

Atau bisa juga anda jalankan strategi funneling terbaru dengan memanfaatkan halaman di depan  usaha kuliner milik anda untuk menjaring lebih banyak calon pelanggan potensial.Strategi funneling terbaru ini merupakan strategi yg sangat unik,dan masih jarang orang mengetahuinya.

Dengan menjalankan strategi funneling terbaru,usaha restoran atau warung makan milik anda akan lebih mudah mendapatkan tambahan calon-calon pelanggan potensial dalam  jumlah yg banyak tanpa anda harus menjalankan promosi yang memboroskan biaya dan uang anda,malahan anda juga sekaligus akan mendapatkan uang sampngan atau pasif income secara rutin setiap bulan.

Dengan kata lain,anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus apabila menjalankan strategi funneling model kekinian.Adapun keuntungan yg bisa anda dapatkan yaitu mendapatkan tambahan lebih banyak pelanggan yang membeli makanan di usaha kuliner milik anda,dan mendapatkan penghasilan sampingan secara rutin setiap bulan. Mantap bukan?

Dapatkan segera secara gratis artikel yg membahas secara mendalam rahasia ilmu pemasaran menggunakan strategi funneling terbaru  melalui email anda.Caranya daftarkan alamat email anda kepada kami,dan selanjutnya team kami akan mengirimkan artikelnya ke alamat anda.Atau klik tombol Subribe yg ada di bawah postingan ini.

Sekedar info tambahan mengenai strategi funneling terbaru,bahwa strategi ini tidak hanya di gunakan dalam bisnis warung makanan atau restoran kuliner,tetapi bisa juga anda gunakan da dalam menjalankan bisnis lain,sepeti usaha toko atau warung sembako,toko kelontong,toko pakaian,dan lainya.Bahkan bisnis yg bergerak di bidang jasa pun bisa menggunakanya,

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Terbukti Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk Dengan Cepat

20.Kelolah usaha dengan manajemen keuangan yang baik dan benar

Memulai atau membangun usaha atau bisnis penjualan makanan juga sangat memerlukan pengelolaan manajemen keungan yang baik dan benar sepeti di usaha lainya. Karena dengan mengelolah usaha dengan manajemen keuangan yang baik dan benar,maka arus keuangan dalam usaha menjadi lebih terkontrol dan terarah,sehingga roda perjalanan usaha akan menjadi semakin lancar menghasilkan keuntungan untuk kesuksesan usaha ke depan.

Usaha-usaha penjualan makanan seperti restoran,rumah makan,atau warung-warung makanan yang lancar dan paling sukses pemiliknya selalu memperhatikan masalah manajemen keuangan dalam mengelolah usaha.

Dalam halini,manajemen keuangan usaha restoran atau warung makanan layaknya seperti mengatur peta keuangan agar berjalan lancar terarah menuju kesuksesan dalam waktu singkat.

Bayangkan usaha restoran  atau rumah makan milik anda tidak punya peta keuangan,tentu arus keuangannya mungkin akan kacau arah dan tujuannya.

Apabila anda ingin memiliki peta keuangan usaha restoran atau warung makan yang sukses,silahkan lihat contohnya Cara mengelola keuangan usaha yang baik dan benar dalam menjalankan usaha yg sukses

21.Lakukan Evaluasi kinerja usaha Anda

Evaluasi  kenerja usaha restoran atau warung makanan merupakan hal yang sangat penting juga di perhatikan.Karena evaluasi di lakukan untuk membantu kita agar bisa mengetahui data-data yang berhubungan dengan kekurangan-kekurangan dan kesalahan di dalam  menjalankan usaha.Dan selanjutnya kita akan menyempurnakan kekurangan-kekurangan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan apabila ada kita temukan setelah melakukan evaluasi.

Selain itu,evaluasi kinerja usaha juga membantu kita untuk mengetahui hasil terkini yang telah capai selama menjalankan usaha.

Evaluasi kinerja usaha restoran atau rumah makan kuliner bisa anda lakukan sekurang-kurangnya satu kali setiap bulan.Atau minimal satu kali setiap 3 bulan.

Tetapi,akan lebih bagus lagi apabila anda melakukannya satu kali setiap minggu agar anda dapat segera menyempurnakan kekuranagn dan memperbaiki kesalahan,sehingga usaha anda akan terus berjalan lancar menghasilkan keuntungan yang di harapkan.

22.Jalankan promosi gratis secara online setiap hari

Tujuan menjalankan promosi gratis secara online adalah untuk memperkenalkan usaha anda dan lokasi usaha kuliner anda,dan sekaligus menawarkan makanan kepada calon konsumen yang anda targetkan.

Adapun calon konsumen yang anda target yaitu masyarakat lokal yang tinggal di sekitar lokasi tempat usaha anda,sehingga anda bisa dengan mudah melayani permintaan mereka.

Dengan menjalankan promosi gratis secara online setiap hari,maka usaha anda akan semakin di kenal oleh banyak orang.Dan besar kemungkinan akan mendapatkan banyak pelanggan dalam waktu singkat.

Saat ini adalah era digital di mana informasi bagaikan tersebar dengan mudah ke dalam genggaman setiap orang.Ya,itulah internet yang merupakan alat yg memiliki teknologi canggih untuk menyebarkan informasi digital secara online ke tangan-tangan setiap orang yang memegang handphone cerdas atau Smart Phone setiap hari..

Dengan hadirnya teknologi yang berbasis digital sampai saat ini,jadinya dengan mudah setiap orang bisa mendapatkan informasi yang mereka cari mau pun tidak sengaja mereka cari.

Alangkah bodohnya kita,apabila tidak mau memanfaatkan teknologi internet untuk membantu kelancaran bisnis yang kita jalankan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan setiap hari..

Kami kira anda bukan seorang pemula lagi yang baru mengenal media sosial yg bernama facebook dan istagram.Nah,lewat ke dua media sosial itulah anda dapat melakukan promosi gratis secara online dalam rangka memperkenalkan usaha penjualan makanan milik anda

Saat ini sudah banyak juga orang yang berjualan makanan secara online dengan target pasar domestik di wilayah Indonesia..Berbagai macam makanan pun di tawarkan setiap hari dengan harga di tawarkan juga cukup terjangkau sesuai jenis makanannya.

Berikut ini contoh ide bisnis jualan makanan online untuk target pasar (Calon konsumen) domestik di wilayah Indonesia yang bisa anda mulai dengan modal kecil :

  • Jualan Keripik pisang (Kategorijenis makanan ringan) ,Anda buat dengan tiga variasi rasa yg berbeda,yaitu dengan asin,pedas,dan manis.
  • Jualan Keripik singkong (Kategori makanan ringan)-anda buat dengan tiga variasi rasa yang berbeda seperti di atas.
  • Jualan Keripik berbahan jagung (Kategori makanan ringan).-Anda buat dengan tiga rasa yang berbeda seperti di atas.
  • Jualan Dodol berbahan beras ketan(Kategori makanan berat).Anda coba buat dengan rasa yang berbeda-berbeda.Misalnya rasa buah durian,rasa buah nanas,rasa buah mangga,atau dengan rasa buah lainnya.
  • Jualan Dodol berbahan jagung (Kategori makanan berat).Anda coba buat dengan variasa rasa yang berbeda-beda seperti rasa dodol di atas.

Ramuan strategi bersaing dalam pemasaran produk makanan online untuk merebut banyak pelanggan yang bisa anda coba ;

  • Buat nama atau merek yang unik untuk produk anda
  • Buat kemasan yang menarik yang bertuliskan nama atau merek produk anda
  • Tentukan harga yang tepat untuk bersaing
  • Lewat Facebook,buat halaman bisnis atau fans page bisnis untuk para penggemar produk anda
  • Promosikan halaman bisnis anda di grup-grup jual-beli online yg ada di facebook
  • Tawarkan bonus atau harga diskon bagi konsumen yang membeli dalam jumlah yang banyak-Cara ini untuk menggaet para calon mitra yang ingin menjadi agen atau jaringan pemasaran produk makanan online milik anda.

Rahasia Sukses Berwirausaha di bidang kuliner atau produk makanan

Berwirausaha di bidang kuliner atau penjualan produk makanan membutuhkan kraetifitas dalam kegiatan pemasaran yang di mulai dari pembuatan produk yg berkualita dengan rasa yang enak dan berbeda,dan dengan nama yang berbeda agar produk dapat bersaing dan mendapatkan banyak pelanggan.

Tetapi,meskipun produk makanan yg anda jual berkualitas,rasanya enak dan berbeda,dan di beri nama yg berbeda,belum tentu laris dan mendapatkan banyak pelanggan apabila anda tidak menjalankan promosi.

Dalam hal ini,promosi adalah ujung tombak dalam pemaran untuk menarik minat para calon konsumen agar mau menjadi pembeli dan pelanggan.

Cara promosi sangat banyak ragam variasi dan modelnya,yang di dalamnya di selipkan bumbu-bumbu penawaran dan bumbu penjualan yang di ramu dengan kata-kata dan kalimat yang menarik agar calon konsumen mau membelanjakan uangnya untuk membeli produk makanan yang di tawarkan.

Bukan hanya itu,penentuan harga yang tepat untuk penjualan makanan juga merupakan bagian penting yang akan menentukan kesuksesan dalam menjalankan pemasaran produk makanan.

Demikianlah artikel tentang tips dan trik merintis bisnis makanan agar cepat laris dan sukses.Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:

  • Cara cepat mengembangkan usaha dengan modal utang gali lubang tutup lobang

  • Cara Sukses Membuka Usaha Dengan Modal Kecil Di Mall Yg Terungkap

  • 3 Cara Mengembangkan Usaha Dengan  Cepat Terbukti Hemat Biaya

  •  5 Cara Membuka Usaha Terbukti Cepat Laris Dan Sukses

  • Contoh Ide Bisnis Warung Makan Sederhana Potensi Keuntungan Puluhan Juta Per bulan
  • 8 Tips Dan Trik Merintis Usaha Toko kelontong dengan modal kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *