6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo JHT BPJS TK/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!

Posted on

Dari cara cek saldo JHT Jamsostek memakai aplikasi BPJSTK Mobile, via website BPJS Ketenagakerjaan, lewat ATM BNI dan BRI, datang pribadi ke kantor cabang, sampai mengecek saldo melalui layanan SMS 2757, semuanya akan kami bahas lengkap dan mendalam pada artikel ini.

Sebenarnya tanpa perlu kita cek, jika status kita masih peserta aktif, setiap tahun kita akan diberi slip laporan berisi jumlah total saldo bersama rincian pengembangan saldo JHT pada setahun. Lembaran laporan tersebut dikeluarkan sang pihak BPJS Ketenagakerjaan & diberikan melalui perusahaan tempat kita bekerja.

6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo JHT BPJS TK/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!

Tapi memang tidak mampu dipungkiri, secara umum dikuasai peserta Bpjs Tk pasti ingin acapkali-sering melihat telah berapa poly uang tabungan Jaminan Hari Tua miliknya. Tidak sabar bila hanya mengandalkan slip laporan tahunan. Maka menurut itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja sudah menyediakan beragam metode buat mempermudah peserta yg ingin setiap saat mengetahui saldo Jht-nya. Mulai menurut cara cek saldo JHT lewat pesan singkat hp, cek saldo via internet (online), sampai mengecek secara manual dengan mendatangi tempat kerja cabang terdekat.

Apalagi buat peserta-peserta BPJS Taman Kanak-kanak yg status keanggotaannya telah non aktif, merupakan yang telah berhenti bekerja menjadi karyawan perusahaan, tentu sangat penting buat tahu misalnya apa cara-caranya. Lantaran bagi peserta non aktif, tentu sudah tidak akan diberikan slip laporan saldo lagi sang perusahaan.

Baca Juga: Cara Mengurus Kehilangan Kartu Peserta BPJS TK Agar Dibuatkan yang Baru

Baik. Langsung saja kami bahas satu per satu keenam cara terkini cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) 2018 tadi.

1. Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Sekarang ini yg mulai populer adalah Cek Saldo JHT secara online menggunakan memakai Aplikasi BPJSTK Mobile. Hal ini dampak berdasarkan semakin banyaknya peserta bpjs tk yang memiliki smartphone baik Android, IOS juga BlackBerry.

Selain itu jua lantaran cara mengecek total saldo uang jaminan hari tua melalui BPJSTK Mobile App tidak terlalu sulit. Apalagi buat anak-anak muda, yang sehari-hari telah terbiasa memegang gadget, sangat kebangetan bila hingga tidak mampu memakai pelaksanaan satu ini.

Pertama-tama silakan didownload aplikasinya lalu instal di smartphone anda. Jika telah terpasang, langsung saja log in menggunakan email & PIN akun BPJS Taman Kanak-kanak milik Anda. Lantaran buat bisa menggunakan layanan cek saldo ini kita harus login atau masuk ke pelaksanaan, dan buat masuk kita membutuhkan akun.

Bagi yang belum punya akun silakan mendaftar terlebih dulu. Pendaftarannya menggunakan email aktif, angka handphone aktif, no KPJ, dan data-data kependudukan. Untuk pengisian datanya tinggal mengikuti petunjuk yang tertera di formulir registrasi akun baru yg ada di aplikasi.

Contoh jumlah saldo JHT cek lewat aplikasi BPJSTK Mobile - 6 Cara Mengetahui Jumlah Saldo JHT BPJS TK/Jamsostek, Nomor 4 Paling Mudah!

Tutorial lengkap mengenai rapikan cara mendaftar akun BPJS Ketenagakerjaan, mampu sobat baca di artikel-artikel kami sebelumnya. Lantaran jikalau seluruh ditulis di sini bakalan kepanjangan. Ada dua cara menciptakan akun bpjstk, bisa lewat personal komputer dan sanggup pula melalui hp smartphone. Silakan dipilih mana yang cocok menggunakan perangkat teman-teman pada rumah.

  1. Cara Membuat Akun Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile di Smartphone
  2. Cara Registrasi Akun BPJSTK Melalui Browser di Komputer

Setelah memiliki akun dan sudah berhasil login, Anda sudah bisa memanfaatkan semua fitur yang ada di Apk BPJSTK Mobile, salah satunya untuk melihat Saldo JHT. Selain itu terdapat banyak sekali manfaat aplikasi ini. Cek saldo hanyalah sebagian kecil saja dari semua fungsi dan layanan yang disediakan dalam aplikasi BPJSTK Mobile. Kalau ingin tahu manfaat-manfaat yang lainnya, silakan teman-teman baca Di Sini .

Dua. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

Selain via pelaksanaan, cara cek saldo JHT lewat internet lainnya jua bisa dilakukan melalui website BPJS Ketenagakerjaan pada menu E-Service. Tapi buat sanggup melakukannya tentu kita wajib mempunyai perangkat yang mendukung. Sinyal internet serta personal komputer ataupun laptop. Jika lewat smartphone bisa dicoba menggunakan browser Chrome, akan tetapi jangan lupa tampilannya diubah ke versi desktop terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya silakan buka situs bpjsketenagakerjaan.Go.Id, kemudian masuk menggunakan akun BPJSTK yg telah anda buat misalnya dalam tutorial angka satu pada atas.

Nah sesudah berhasil log in & berada pada beranda web Bpjs Ketenagakerjaan, klik saja menu lihat saldo JHT (Jaminan Hari Tua). Kemudian pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan klik submit. Beres! Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan milik anda akan terpampang pada layar.

Jangan lupa aktifkan angka ponsel yang digunakan buat registrasi akun. Lantaran kemungkinan kita akan menerima SMS berupa PIN buat verivikasi cek saldo.

Tiga. Cek Saldo JHT Langsung di Kantor BPJS TK

Cara mengecek saldo JHT menggunakan pribadi mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan, mampu sebagai alternatif terutama bagi sahabat-teman yg tinggalnya nir jauh dari tempat kerja BPJS TK, atau bagi yg kebetulan terdapat urusan pada sekitar tempat kerja BPJS TK. Jadi sekalian mampir, lumayan mampu cuci mata melihat mbak-mbak customer service yang cakep-cakep, hehe becanda.

Pengalaman pribadi sewaktu cek saldo eksklusif ke tempat kerja BPJS Taman Kanak-kanak, aku cuma diminta memberitahuakn KTP & kartu peserta BPJS Taman Kanak-kanak. Beberapa mnt kemudian hasilnya telah keluar. Kelebihannya bila melakukan cek saldo eksklusif pada tempat kerja BPJS Ketenagakerjaan, kita akan diberi print out berisi total saldo & rincian saldo.

4. Lewat Layanan SMS 2757

Dari semua metode yang ada, cara cek saldo JHT lewat hp dengan SMS berdasarkan kami yg paling gampang dan praktis. Pasalnya kita nir butuh akses internet sebagaimana jika kita mengeceknya lewat website bpjs ketenagakerjaan. Dan pula tidak perlu handphone canggih seperti kalau cek saldo memakai pelaksanaan BPJSTK Mobile.

Hape tipe apa saja bisa dipergunakan buat cek saldo JHT lewat pesan singkat. Yang krusial terdapat frekuwensi & pulsa. Layanan ini dikenakan tarif Rp 165 per SMS. Dan provider yang mendukung program ini untuk ad interim baru Telkomsel (Kartu As dan Simpati), Indosat (Im3) dan XL axiata.

Caranya relatif ketik SMS dengan format misalnya ini:

SALDO spasi No Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Lalu kirim ke 2757. Nanti kita akan mendapat balasan berisi warta saldo JHT kita.

Tapi untuk sanggup menikmati layanan ini, nomer HP yg kita pakai wajib angka yang sudah terhubung menggunakan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan kita, merupakan nomor henpon tersebut yang kita masukkan waktu membuat akun BPJS Taman Kanak-kanak.

Tetapi tidak perlu kuatir, walaupun belum memiliki akun BPJS TK, kita tetap mampu cek saldo JHT menggunakan SMS. Syaratnya kita wajib mendaftarkan dulu nomor kartu SIM kita dalam layanan SMS 2757. Cata registrasinya mudah dan pula dilakukan lewat SMS. Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(apabila terdapat)

Kirim ke 2757.

Jika angka kartu SIM hape kita sudah terdaftar, kita sudah mampu menggunakannya buat mengetahui saldo JHT lewat SMS, kapan saja pada mana saja. Yang penting ada pulsa dan terdapat jaringan.

5. Menggunakan ATM BRI

Cara Cek Saldo dana JHT lewat ATM BRI (Bank Rakyat Indonesia) jua terbilang gampang. Soalnya ATM BRI waktu ini sudah menyebar hingga ke pelosok-pelosok kecamatan bahkan pedesaan. Jika teman-sahabat peserta BPJS Taman Kanak-kanak kebetulan nasabah BRI & memiliki kartu ATM-nya, silahkan mencoba memanfaatkan layanan ini.

Tapi supaya kartu ATM BRI bisa digunakan buat cek saldo JHT, angka handphone SMS Banking BRI Anda, wajib no hape yg sama menggunakan yg Anda kaitkan menggunakan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Artinya nomer SMS Banking BRI Anda tersebut, jua yg Anda gunakan buat membuat akun BPJS Taman Kanak-kanak, seperti cara pertama pada atas. Apabila no hape yg Anda pakai buat layanan SMS Bank BRI nir terhubung dengan akun BPJS TK, maka ATM BRI anda tidak bisa digunakan buat cek saldo JHT.

Cara mengecek saldo JHT via ATM BRI sangat mudah. Tinggal mendatangi ATM BRI, masukkan kartu ATM anda, tambahkan PIN passwordnya, lalu pilih Bahasa Indonesia. Selanjutnya buka menu RANSAKSI LAINNNYA & pilih INFO POINT, selanjutnya di layar mesin ATM akan menampilkan kabar total saldo JHT BPJS ketenagakerjaan milik Anda.

Tapi harap diingat, layanan ini hanya buat sekedar melihat jumlah saldo saja. Saldo tadi tidak sanggup ditarik alias dicairkan lewat ATM.

Baca Juga: 13 Penyebab Kenapa Pencairan Uang JHT Ditolak dan Cara Mengatasinya

6. Cek Saldo Melalui ATM BNI

Cara terakhir buat melihat jumlah saldo tabungan JHT juga sama-sama melalui ATM, akan tetapi kali ini berdasarkan bank yang tidak selaras yaitu ATM Bank Nasional Indonesia. Metode ini hadir khusus buat Anda peserta BPJS TK yg mempunyai rekening pada bank BNI & pula mempunyai kartu ATM-nya.

Kebetulan berdasarkan dulu sejak namanya masih Jamsostek, BPJS Ketenagakerjaan memang selalu bekerja dengan Bank BNI. Makanya, di layanan ATM BNI sengaja disediakan menu Informasi Saldo JHT.

Syarat buat mampu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di ATM BNI, kita wajib telah mendaftar dalam layanan mobile banking yg disediakan oleh BNI.

Jika telah terdaftar cara mengeceknya, masukkan kartu & PIN ATM BNI anda, pilih hidangan Informasi dan Mutasi, kemudian pilih Menu Sebelumnya. Kemudian di tampilan selanjutnya, pilih sajian Informasi Saldo JHT. Selesai! Jumlah saldo JHT anda akan tertera di monitor ATM.

Demikianlah beragam Cara Cek Saldo uang agunan hari tua Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan). Dengan banyaknya pilihan cara yang tersedia, sahabat-teman mampu menentukan metode yang mana yang terbaik dan termudah dari Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *