8 Tips & Trik Merintis Usaha Toko Kelontong Dengan Modal Kecil

Posted on

8 Tips & Trik Merintis Usaha Toko Kelontong Dengan Modal Kecil

Membuka bisnis toko kelontong dengan modal kecil apakah mungkin? Bukankah membentuk sebuah toko buat tempat bisnis membutuhkan kapital yang besar ? Bukankah barang dagangan pada jual pada toko pula pada beli menggunakan memakai kapital uang yg banyak? Bukankah etalase & rak-rak barang di dalam toko jua pada beli dengan gunakan kapital yg lumayan jumlahnya?

Apakah anda termasuk seseorang pemula yang tertarik ingin punya bisnis toko kelontong ? Artikel ini menyajikan tips dan trik sukses merintis usaha toko kelontong dengan kapital mini yang perlu anda ketahui dan perhatikan menjadi bahan acuan buat mewujudkan impian anda.

"Banyak jalan menuju roma".Itulah sebuah ungkapan yg tak jarang kita dengar.Sebagai bahan motivasi buat mencari wangsit atau ide bisnis yg dapat mengantarkan kita menuju kesuksesan keuangan.

Memang benar,banyak jalan yang mampu di tempuh menuju sukses,& poly cara yang sanggup pada lakukan buat meraih sukses pada usaha.Termasuk pada usaha dagang barang kelontong.

Seperti halnya tips & trik merintis bisnis toko kelontong dengan kapital kecil yang pada sajikan di sini merupakan ilham atau ide yg kreatif memulai usaha kelontog yg ditulis dari kisah & pengalaman konkret beberapa orang wirausaha yang berhasil menjalankannya,dan anda bisa meniru cara kerjanya.

Sebelum kita lanjut membahasnya,kita simak dulu penjelasan singkat mengenai bisnis toko kelontong yang lewat di bawah ini.

Mengenal Usaha Toko Kelontong

Ngomong-ngomong,apa sih pengertian toko kelontong? Toko kelontong adalah istilah buat toko mini yg gampang pada jangkau sang masyarakat & bersifat lokal dan terdekat menggunakan tempat tinggal masyarakat yang membutuhkan barang-barang keperluan mereka sehari-hari.

Ada 2 model toko kelontong yang seringkali kita jumpai,yaitu toko kelontong moderen & toko kelontong sederhana.

Contoh toko kelontong moderen seperti Swalayan Alfa Midi,Alfa Mart,Indo Mart,dan lain sebagainya.

Di namakan toko kelontong moderen lantaran sudah memiliki sistem usaha yang di jalankan secara profesional dengan manajemen yang baik & sahih.

Salah satu sistem usaha yg pada jalankan di toko kelontong moderen yaitu memberi kebebasan pada calon pembeli buat menentukan dan mengambil sendiri barang pada rak-rak penjualan pada dalam toko,kemudian membayarnya pada tempat kasir yg sudah di sediakan.

Sedangkan toko kelontong sederhana dalam umumnya hanya mempunyai sistem bisnis yang di jalankan secara sederana dan dengan manajemen yang pada atur ala kadarnya.

Karena kita sudah mengenal toko kelontong,maka kita pun tentu telah tahu jenis barang apa saja yang di jual di toko kelontong.

Alasan mengapa banyak orang yang tertarik membuka bisnis toko kelontong:

  • Usaha toko kelontong menjanjikan perputaran modal yang lancar dan cepat
  • Barang dagangan yang di jual merupakan barang yang di butuhkan oleh banyak orang setiap hari
  • Mudah di jalankan
  • Bisa di jadikan sebagai usaha sampingan
  • Cocok di jalankan di daerah perkotaan maupun di pedesaan
  • Cocok di jalankan oleh siapa saja yang berjiwa bisnis atau wirausaha
  • Mudah di kembangkan dengan cepat lewat kerja sama kemitraan berbasis waralaba atau franchise
  • Banyak bank dan lembaga keuangan yang siap membantu permodalan untuk mengembangkan usaha

8 Tips Dan Trik Merintis Usaha Toko Kelontong Dengan Modal Kecil

1.Pilih Lokasi Strategis buat membuka usaha

Ini merupakan langkah pertama yg perlu anda tiru & perhatikan agar anda sukses dalam merintis usaha toko kelontong menggunakan kapital kecil.

Dalam hal ini,lokasi strategis yg anda pilih buat membuka usaha toko kelontong nantinya akan sebagai faktor penentu kesuksesan anda merintis usaha toko kelontong menggunakan kapital kecil.

Ciri-ciri lokasi strategis yg cocok paling buat membuka usaha toko kelontong:yaitu lokasi yang mudah di jangkau & lihat sang calon pembeli,& menaruh rasa aman dan nyaman bagi calon pembeli dan pelanggan.

7 Manfaaat & tujuan membuka usaha dagang barang kelontong di lokasi strategis yang jarang orang ketahui:

  1. Untuk memudahkan dan mempercepat calon pembeli mendapatkan barang yang mereka butuhkan setap hari
  2. Untuk memudahkan orang agar bisa melihat tempat usaha setiap hari (Promosi otomatis berjalan setiap hari tanpa biaya tambahan)
  3. Secara otomatis akan menarik minat banyak orang untuk datang membeli,sehingga usaha dagang barang kelontong cepat ramai dan laris serta perputaran modalnya sangat cepat
  4. Membuat calon pembeli dan pelanggan menjadi sering datang  membeli karena merasa nyaman dan aman
  5. Secara otomatis akan menarik minat para pemasok barang kelontong untuk menitipkan barang dagangan dengan sistem konsyiyasi
  6. Bank-bank lebih tertarik menyalurkan dana kredit untuk modal mengembangkan usaha

Oleh krena itu,menjadi seseorang wirausaha yang ingin sukses pada merintis usaha dagang barang kelontong,anda harus mencoba menjalankan tips ini ketika memulai bisnis.

2.Manfaatkan rumah menjadi loka awal membuka usaha

Sebagian pelaku bisnis dagang barang kelontong memanfaatkan tempat tinggal mereka menjadi tempat awal membuka bisnis.Hal ini mereka lakukan tentu buat tujuan supaya mereka bisa segera merintis usaha toko kelontong menggunakan modal yang lebih mini .

Anda pula dapat mengikuti tips ini buat segera mewujudkan harapan anda memiliki bisnis toko kelontontong yg di rintis berdasarkan tempat tinggal .

Dalam hal ini anda merintis usaha dagang barang kelontong berskala rumahan menggunakan memanfaatkan rumah atau teras tempat tinggal anda menjadi tempat usaha buat ad interim jika rumah anda letaknya pada lokasi yang strategis.

Tetangga-tetangga terdekat dengan tempat tinggal anda tentu akan merasa senang lantaran mereka tidak perlu pulang jauh-jauh lagi mencari barang kelontong yg mereka butuhkan.

Dengan mengikuti tps ini,anda akan menghemat porto awal buat menyewa tempat bisnis.Dan apabila loka bisnis yang anda sewa buat membuka bisnis dagang barang kelontong membutuhkan porto sewa kurang lebih Rp.10 juta per tahun,itu berarti anda telah berhemat kapital awal Rp.10 juta per tahun,di mana modal sewa itu telah sanggup anda pakai buat membeli & menambah persediaan stok barang dagangan yang cepat laris & menguntungkan buat mempercepat perputaran modal.

Sehubungan dengan tips ini,seseorang pengusaha pemilik usaha toko kelontong yg sukses di rintis menurut nol menggunakan modal pas-pasan mengungkapkan,"Apalah gunanya membuka usaha toko kelontong namun barang dagangannya sangat sedikitdanquot;.

Rahasia suksesnya,Memperbanyak persediaan barang dagangan pada ketika merintis bisnis lebih penting daripada menyewa bangunan toko namun barang dagangan pada dalamnya sangat sedikit.

8 Tips & Trik Merintis Usaha Toko Kelontong Dengan Modal Kecil

Tiga.Sewa tempat usaha untuk sementara

Salah satu trik membuka bisnis toko kelontong menggunakan modal mini yaitu menggunakan cara menyewa loka bisnis buat sementara,Cara ini tentu akan membantu anda memperkecil pengeluaran kapital awal merintis bisnis toko kelontong apabila dana yang anda siapkan memang sangat terbatas.

Dalam hal ini,anda mampu mencari ruko atau bangunan toko pada lokasi strategis yang pada sewakan oleh pemiliknya.Kemudian anda menyewanya menjadi tempat usaha toko kelontong yang baru pada rintis.

Bandingkan menggunakan mendirikan sebuah bangunan toko atau ruko buat tempat usaha,anda tentu akan mengeluarkan dana awal yang lebih besar buat membeli huma buat lokasi pembangunan toko,dan pada tambah lagi menggunakan pengeluaran dana buat membeli bahan bangunan yg pada butuhkan mendirikan toko kelontong.

Jika anda mendirikan sebuah bangunan toko berukuran mini 4 X 6 pada lokasi strategis buat ketika ini,mungkin jumlah dana yg anda keluarkan kurang lebih Rp.150 juta-Rp.400 juta.

Bagi pengusaha toko kelontong pemula yg bermodal kecil,dana sebanyak itu sangat berarti di gunakan menjadi modal tambahan buat pembelian persediaan barang dagangan yg menghasilkan keuntungan dan perputaran uang dengan cepat di saat-waktu awal usaha baru di jalankan..

4.Bangun usaha warung atau kios kelontong sederhana dulu

Membangun bisnis warung atau kios kelontong yang sederhana dulu merupakan keliru satu cara yang di lakukan sang sebagian pengusaha yang merintis toko kelontong dengan modal kecil.Setelah usaha mereka mempunyai poly pelanggan dan menghasilkan perputaran uang yang cepat,baru kemudian mereka secara perlahan & bertahap melakukan renovasi tempat usaha dari warung atau kios menjadi toko kelontong yg glamor dan tetap.

Dalam hal ini,warung atau kios kelontong sederhana merupakan tempat bisnis yang berdinding papan,dengan tiang balok kayu,beratap seng,dengan lantai adonan pasir & semen seadanya.Sedangkan etalase & rak-rak loka barang juga terbuat menurut kayu.

Lima.Gunakan rak-rak dan etalase yg terbuat berdasarkan kayu buat loka barang dagangan

Merintis usaha toko kelontong dengan kapital mini juga juga bisa anda lakukan dengan cara menggunakan rak-rak yang terbuat dari kayu buat tempat menggelar dan memajang barang-barang dagangan di toko kelontong milik anda.

Cara ini pula biasa di lakukan sang pengusaha-pengusaha toko kelontong yang ingin menhemat porto pada awal merintis usaha.Lantaran membeli rak-rak dan etalase yg terbuat dari besi tentu membutuhkan dana pada jumlah yg lebih akbar di banding menciptakan sendiri rak-rak & etalase yg terbuat menurut kayu.

Anda pun mampu mengikuti tips ini buat mewujudkan cita-cita anda merintis bisnis toko kelontong dengan modal kecil.

Ingat dan perhatikan,"Persediaan barang dagangan yg membentuk keuntungan & perputaran uang dengan cepat lebih krusial daripada rak-rak & etalase yg berharga mahaldanquot;.

6.Gunakan rak-rak & etalase bekas buat tempat barang dagangan

Sebagian pengusaha yg kreatif merintis usaha toko kelontong dengan modal kecil hanya menggunakan rak-rak dan etalase bekas buat tempat barang dagangan pada toko kelontong milik mereka.

Anda jua bisa mengikuti tips ini buat mewujudkan keinginanan anda merintis bisnis toko kelontong menggunakan modal awal yang lebih mini .

Dalam hal ini,anda bisa mencari pedagang barang loakan yang menjual rak-rak dan etalase bekas yang terbuat dari besi,dan anda bisa membelinya dengan harga 50%  lebih murah daripada yang masih baru,atau sesuai kondisi barangnya.

Apabila sebuah bisnis toko pasar swalayan moderen yg berukuran kecil membutuhkan rak-rak & etalase yg baru yg di beli dengan harga senilai Rp.100 juta,itu berarti anda sudah berhemat uang sebesar Rp.50 juta buat merintis toko kelonting milik anda.

Modal sebesar Rp.50 juta tentu akan lebih menguntungkan pada gunakan buat membeli persediaan barang dagangan yang cepat menghasilkan laba dan perputaran modal pada saar bisnis yg pada rintis baru berjalan.

"Ingat,persediaan barang dagangan yang relatif lebih krusial daripada rak-rak dan etalase yg nir menghasilkan perputaran uang menggunakan cepat."Kabar baiknya,-Ini merupakan ilmu ekonomi yg di jalankan oleh sebagian pengusaha yang sukses merintis usaha toko kelontong dengan kapital mini ."

7.Manfaatkan Distributor & Agen besar barang kelontong untuk sebagai kawan dagang

Salah satu misteri sukses merintis usaha toko kelontong dengan modal mini yaitu menggunakan memanfaatkan distributor atau agen besar penjualan barang kelontong buat menjadi mitra dagang.

Perlu kita ketahui beserta disini bahwa distributor umumnya merupakan perusahaan besar yang berkecimpung pada bidang distribusi pemasaran barang dari pembuat pribadi.Bahkan terdapat perusahaan yang bergerak pada bidang produksi sekaligus distribusi pemasaran.

Sebagian wirausaha yang sukses merintis toko kelontong menggunakan modal mini menempuh jalur kemitraan dagang menggunakan beberapa distributor & agen akbar buat mendapatkan tambahan persediaan barang dagangan dalam jumlah yang banyak tanpa membayar tunai atau cass.

Dalam hal ini,umumnya pihak distributor atau agen besar memasok persediaan barang dagangan ke toko kelontong pengecer menggunakan sistem konsiyasi.

Sistem konsiyasi adalah sebuah sistem kerja sama yg saling menguntungkan antara pihak pemilik barang & pihak pedagang yg akan menjual barang pada konsumen secara langsung.

Di dalam sistem konsiyasi ini,pihak distributor atau agen akbar menitipkan barang dagangan tanpa meminta pembayaran harga barang.Secara tunai pada anda,tetapi pembayaran hanya akan anda lakukan setelah barang dagangan laris anda jual.

Anda bisa menempuh jalur kolaborasi bisnis buat penjualan barang dagangan melalui toko kelontong milik anda menggunakan sistem konsiyasi.

Tak perlu ragu merintis bisnis toko kelontong menggunakan modal mini ,lantaran anda sanggup mendapatkan tambahan stok barang dagangan dengan sistem konsiyasi menurut beberapa distributor dan agen akbar jika anda & toko anda memenuhi syarat.

Adapun syarat primer buat mendapatkan barang menggunakan sistem konsiyasi buat toko kelontong adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus sering-sering membeli persediaan barang dagangan di toko distributor atau agen besar.Dengan kata lain,jadilah pelanggan mereka.
  2. Tempat usaha Toko kelontong milik anda letaknya di lokasi paling strategis
  3. Usaha toko kelontong milik anda sudah punya langganan yang cukup banyak dan terlihat selalu ramai dengan pembeli
  4. Usaha toko kelontong milik anda selalu aktif di buka setiap hari kecuali pada hari libur nasinal
  5. Usaha toko kelontong milik anda di kelolah dengan manajemen yang baik dan benar.

Syarat tambahan:

  1. Anda memiliki rencana bisnis (Bisnis plan) yang tertulis -Syarat tambahan ini perlu anda perlihatkan meskipun tidak di minta oleh pihak distributor atau agen
  2. Anda memilki bukti neraca keuangan usaha yang sehat dan lancar.-Syarat tambahan ini juga perlu anda perlihatkan meskipun tidak di minta oleh pihak distributor atau agen.

8.Manfaatkan pemasok-pemasok kecil barang kelontong buat menjadi kawan dagang

Di dalam bisnis perdagangan barang kelontong,ada-ada saja pemasok-pemasok kecil barang kelontongan yang menawarkan barang milik mereka untuk di titip di toko atau warung kelontong,dan mereka mengharapkan barang-barang yang mereka titip bisa terjual laris dengan cepat.

Anda sanggup memanfaatkan pemasok-pemasok kecil barang kelontong buat menjadi mitra dagang anda dalam merintis toko kelontong menggunakan modal kecil.

Hal demikian sudah umum atau acapkali di lakukan sang para pemilik warung atau toko kelontong buat tujuan menambah variasi barang dagangan yg akan pada jual pada para pelanggan atau pembeli.

Cara memanfaatkan pemasok-pemasok kecil dalam merintis toko kelontong menggunakan kapital kecil nir sulit melakukannya.Adapun caranya yaitu hanya dengan menerima saja barang-barang yang mereka tawarkan buat pada titip jual di toko atau warung kelontong milik anda.Kemudian anda menjaga agama mereka pada usaha anda dengan menyotor uang hasil setiap penjualan barang yg laku di waktu mereka tiba memintanya.

Dalam kerja sama menggunakan pemasok-pemasok mini barang kelontong,tentu kita akan menerima keuntungan tanpa mengubah rugi sisa barang yang nir habis terjual.

Siapa pemasok-pemasok kecil barang dagangan yang pada jual pada warung atau toko kelontong?

Mereka adalah wirausaha-wirausaha pemiliki bisnis kecil yg berkiprah pada bidang produksi dan penjualan barang buat usaha-bisnis kelontong.

Mereka-mereka itulah yang paling aktif & agresif mencari toko-toko atau warung kelontong yg akan membantu penjualan barang-barang milik mereka.Karena mereka jua ingin menaikkan penghasilan bisnis mini yang mereka jalankan.

Oleh karena itu,jangan sia-siakan penawaran kerja sama dari para pemasok-pemasok mini buat menaikkan omset dan pendapatan usaha anda.

Baca pula:

  • 7 Trik Jitu Meningkatkan Omset Toko Kelontong Setiap Hari Terbukti Paling Ampuh

Demikianlah artikel seputar tips dan trik merintis usaha toko kelontong menggunakan modal kecil.Semoga bermanfaat untuk kita seluruh.Salam sukses,dan selamat mencoba,semoga berhasil.Aamiin.Apabila ada hal terkait menggunakan cara membuka toko kelontong yg mau pada tanyakan,silahkan tanyakan lewat kolom komentar.Kami siap membantu memberikan jawaban yang memuaskan.

Berikut ini merupakan rekomendasi artikel terkait yg perlu anda baca:

  • lima Cara Terbukti Membuka Usaha Agar Cepat Laris Dan Sukses Berkembang
  • Contoh Strategi Bisnis Usaha Kecil Agar Cepat Sukses Berkembang
  • Strategi Bisnis Membuka Usaha Toko Sembako Nyaris Tanpa Modal
  • 24 Rahasia Cara Cepat Menjadi Kaya Dari bisnis Dagang Kecil-Kecilan
  • 22 Tips Dan Trik Merintis Bisnis Makanan Agar Cepat Laris Dan Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *