Apa Itu Program Jaminan Pensiun (JP) BPJS Ketenagakerjaan Serta Manfaatnya Bagi Pekerja?

Posted on

Artikel ini membahas pengertian dan manfaat Program JP atau Jaminan Pensiun berdasarkan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan buat para pekerja perusahaan. Mungkin selama ini acara BPJSTK/Jamsostek yg poly dikenal orang hanyalah Jaminan Hari Tua (JHT). Yang sering dibahas orang-orang merupakan mencairkan saldo JHT, cek saldo JHT, klaim dana JHT, pokoknya seputar JHT. Padahal ada program-acara BPJS Ketenagakerjaan lainnya yang tak kalah penting dan perlu kita ketahui. Program-program tersebut diantaranya Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan yang terkini merupakan Jaminan Pensiun (JP).

Bisa dikatakan Jaminan Pensiun merupakan program paling baru yg dibentuk BPJS TK buat para pekerja. Sebelumnya, sewaktu forum ini masih bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), tidak ada acara Jaminan Pensiun ini. Yan ada hanya Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan. Untuk diketahui, Jamsostek berganti nama menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau BPJS Taman Kanak-kanak adalah dalam lepas 1 Januari 2014.

Apa Itu Program Jaminan Pensiun (JP) BPJS Ketenagakerjaan Serta Manfaatnya Bagi Pekerja?

Lalu kurang lebih setahun sesudah berganti nama sebagai BPJS Ketenagakerjaan, tepatnya dalam tanggal 1 Juli 2015, resmi diluncurkan acara JP. Yang mana semenjak lepas tadi, perusahaan menggunakan skala menengah & besar wajib mengikutsertakan para karyawannya dalam program jaminan pensiun dan menanggung sebagian akbar iuran bulanannya.

Baca Juga: 13 Alasan Pencairan JHT BPJS TK Ditolak dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Program Jaminan Pensiun?

Pengertian Jaminan Pensiun merupakan jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya menggunakan menaruh penghasilan selesainya peserta memasuki usia purna tugas, mengalami stigma total tetap, atau meninggal dunia.

Keren ya? Tentunya dengan hadirnya program ini, diharapkan nantinya peserta bisa menikmati masa tua atau masa pensiun dengan tenang karena sudah memiliki tabungan.

Apa Saja Manfaat Jaminan Pensiun?

Manfaat purna tugas merupakan sejumlah uang yg dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia purna tugas, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal global. Tetapi manfaat ini hanya apabila iuran Jaminan Pensiun sudah mencapai 15 tahun.

Iya, apabila masa iuran telah mencapai 15 tahun lebih maka pembayaran Jaminan Pensiun dapat secara terencana setiap bulan. Akan tetapi apabila masa iuran belum mencapai 15 tahun, maka tabungan dana purna tugas akan dibayarkan sekaligus alias cair seluruhnya kayak JHT. Berikut ini rinciannya:

1. Manfaat Berkala

– Masa iur program Jaminan Pensiun minimal selama 15 tahun.

– Manfaat minimum  Rp. 319.450 untuk setiap bulan.

– Manfaat maksimum Rp 3.833.000 buat setiap bulan.

2. Manfaat Sekaligus

– Masa iur acara Jaminan Pensiun kurang berdasarkan 15 tahun.

– Meninggalkan Indonesia buat selama-lamanya menggunakan ketentuan memenuhi atau tidak memenuhi masa iur minimum 15 tahun.

– Peserta mengalami cacat total permanen atau mati global, bilamana:

  • Kejadian yang menyebabkan cacat total tetap terjadi setelah peserta terdaftar dalam Program Jaminan Pensiun kurang dari 1 (satu) bulan.
  • Meninggal dunia dengan kepesertaan kurang dari 1 (satu) tahun.
  • Pemberi kerja dan peserta rutin membayar iuran dengan density rate kurang dari 80%.

Manfaat sekaligus dibayarkan kepada peserta dalam tanggal 1 bulan berikutnya sesudah Peserta mencapai Usia Pensiun dan dokumen sudah diterima lengkap sang kantor BPJS Ketenagakerjaan. Seperti itu.

Urutan penerima dana Jaminan Pensiun apabila pekerja yg bersangkutan nir meninggal global, melainkan berhenti normal dan sudah membayar iuran selama 15 tahun, maka dia akan bisa agunan purna tugas. Namun, bila dia sudah purna tugas tiga selama tahun lalu tewas, maka dana purna tugas ini akan jatuh pada istri, sampai istri tewas dunia.

Jika istri mangkat global dan dia punya anak yg masih sekolah & belum berusia 23 tahun, maka dana pensiunnya jatuh pada anaknya hingga dia menikah atau dinikahi. Setelah itu, kalau dia memiliki adik, maka adiknya yg akan mendapatkannya hingga usia 23 tahun atau sampai menikah. Perihal pembayaran dilakukan sesuai jumlah saldo JP peserta.

Berapa Besarnya Iuran Untuk Jaminan Pensiun?

Iuran buat acara Jaminan Pensiun adalah sebanyak tiga% menurut upah tenaga kerja. Dengan rincian dua% diberikan sang pemberi kerja atau perusahaan, dan 1% diambil dari upah energi kerja. Upah setiap bulan yg dijadikan dasar perhitungan iuran terdiri atas upah pokok & tunjangan permanen.

Baca Juga: Cara Mencairkan Uang JHT Untuk Peserta BPJS TK Yang Meninggal Dunia

Bagaimana Cara Cek Saldo JP (Jaminan Pensiun)?

Sebagai peserta BPJSTK yang ikut program Jaminan Pensiun, bisa saja sekali-kali kita akan penasaran dengan jumlah saldo JP kita. Apakah saldo uang Jaminan Pensiun bisa dicek lewat SMS atau secara online via aplikasi BPJSTKU seperti saldo JHT? Sayangnya, hingga artikel ini kami tulis, belum ada cara pengecekan saldo JP dari jauh. Untuk saat ini, satu-satunya metode untuk mengetahui jumlah saldo Jaminan Pensiun adalah dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa e-KTP, KK dan Kartu Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan atau bisa juga dengan Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan .

Untuk program JP ini memang ada kartu spesifik Jaminan Pensiun, terpisah dengan kartu BPJS TK yg berisi JHT, JKM & JKK, menggunakan angka surat keterangan yg sedikit tidak sinkron, yaitu ditambah 3 digit nomor nol di belakang nomer surat keterangan. Tetapi bagi peserta yg telah mempunyai kartu digital atau kartu elektronika BPJS Ketenagakerjaan, semua program (JHT, JKK, JKM & JP) sudah tergabung pada satu kartu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *