Bagi Para TKI, Inilah Cara Terbaru Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Posted on

Cara daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) bagi pekerja Indonesia pada luar negeri kini telah dipermudah menggunakan hadirnya pelaksanaan BPJSTKU yg diluncurkan BPJS TK di tahun 2018 ini. Dengan pelaksanaan tersebut, Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang lebih dikenal menggunakan sebutan TKI yang sedang bekerja pada luar negeri, sanggup mendaftar BPJS Ketenagakerjaan di negara tempat mereka sedang bekerja. Tanpa wajib pulang dulu ke Indonesia. Pendaftaran dilakukan berdikari secara online, kapan saja, pada mana saja, cepat & simpel. Hanya butuh ketika lima mnt sudah jadi.

Bagi Para TKI, Inilah Cara Terbaru Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Untuk diketahui, aplikasi BPJSTKU merupakan pengembangan dari aplikasi BPJSTK MOBILE yang kini sudah nir berlaku lagi. Salah satu pengembangannya merupakan apabila pelaksanaan BPJSTK Mobile hanya diperuntukkan bagi peserta BPJS Taman Kanak-kanak/Jamsostek yg statusnya pekerja perusahaan (karyawan) di Indonesia, sementara aplikasi BPJSTKU mampu dipakai buat seluruh peserta BPJS TK baik pekerja perusahaan pada pada negeri, pekerja mandiri/Bukan Penerima Upah (BPU), & mampu pula digunakan sang pekerja-pekerja Indonesia di mancanegara. Meskipun fitur-fitur buat setiap jenis peserta tidak sama.

Baca Juga: Cara dan Persyaratan Umum Bekerja Menjadi TKI ke Korea Selatan

Misalnya khusus buat peserta BPJS TK dari TKI, pada aplikasi BPJSTKU dilengkapi fitur live chat dan pesan WhatsApp, sehingga sangat mempermudah sahabat-sahabat TKI yang ingin diskusi tanya jawab, mengirim pengaduan, ataupun bertanya-tanya tentang hal-hal yang tidak dimengerti seputar acara-acara BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja Indonesia Nomor 7 tahun 2017 tentang program jaminan sosial bagi TKI, yang mana sejak 1 Agustus 2017, Badan Penyelenggata Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) memperoleh mandat untuk melayani jaminan dan perlindungan sosial para pekerja Indonesia ke luar negeri. Dimulai sejak 1 Agustus 2017 tersebut, baik calon TKI yang sedang menunggu pemberangkatan, maupun para BMI (Buruh Migran Indonesia) sudah berada di luar negeri, wajib ikut asuransi BPJS Ketenagakerjaan terutama program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JK (Jaminan Kematian)

Di postingan blog Jangan Nganggur kali ini hanya akan membahas tutorial cara daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi TKI yang sedang merantau di luar negeri. Penjelasan mengenai apa saja manfaat yang akan diperoleh TKI jika menjadi peserta BPJSTK, tentang berapa uang iurannya, berapa asuransi yang akan diterima jika mengalami kecelakan kerja dan kematian di negara perantauan, sudah kami bahas secara lengkap di artikel sebelumnya. Silahkan teman-teman baca Di Sini .

Lalu bagaimana cara gampang mendaftar online sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri menggunakan pelaksanaan BPJSTKU?

Sebelum memulai pendaftaran siapkan dulu di dalam galeri smartphone berkas-berkas berupa scan KTP, scan Passport, scan Visa dan foto. Tidak harus discan, difoto menggunakan kamera hape juga nggak apa-apa yg krusial terlihat jelas. Dan jangan lupa formatnya wajib berformat jpeg.

Kalau telah langkah selanjutnya silahkan unduh aplikasi BPJSTKU pada Google Playstore lalu pasang pada smartphone android Anda. Setelah terpasang, langsung saja buka aplikasinya.

Pada tampilan utama aplikasi BPJSTKU akan ada tombol Daftar Menjadi Peserta. Klik tombol tersebut.

Tampilan Aplikasi BPJSTKU - Bagi Para TKI, Inilah Cara Terbaru Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Selanjutnya akan terdapat pilihan registrasi. Ingin daftar menjadi Pekerja BPU (Bukan Penerima Upah) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI). Lantaran status anda TKI, maka pilih yg kedua.

Gambar Petunjuk daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi TKI - Bagi Para TKI, Inilah Cara Terbaru Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Kemudian kita akan diarahkan keluar dari aplikasi BPJSTKU dan membuka alamat website www.Bpjsketenagakerjaan.Go.Id/migran lewat browser yang ada pada hp Anda untuk mulai mengisi data-data yang dipersyaratkan.

Pertama-tama pilih negara dimana Anda bekerja kini . Banyak negara yang tercantum di sana. Sepertinya lengkap seluruh negara terdapat. Mulai menurut negara-negara yg memang basisnya para TKI & TKW seperti Malaysia, Hongkong, Taiwan, Korea, Jepang, Arab, Singapura, Brunei Darussalam hingga negara-negara yang sporadis banget jadi tujuan perantauan WNI seperti Konggo, Zimbabwe, Uganda, Israel & poly lagi.

Selanjutnya Anda diminta buat pembuktian identitas menggunakan cara memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sinkron KTP dan tanggal lahir sesuai KTP.

Langkah berikutnya merupakan mengupload dokumen atau berkas-berkas berformat jpeg yg sudah dipersiapkan tersebut. Mulai dari KTP, Passport, Foto & Visa.

Upload dokumen persyaratan daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi TKI - Bagi Para TKI, Inilah Cara Terbaru Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Baca Juga: Tanya Jawab Seputar Kerja Sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Malaysia

Untuk langkah-langkah selanjutnya silahkan isi saja perintah-perintah yang diberikan. Percayalah nir ada yang sulit. Praktis dan cepat. Hanya butuh waktu lebih kurang 5 mnt saja. Dan seluruh proses mulai berdasarkan registrasi hingga pembayaran iuran, dilakukan secara digital, tanpa dokumen fisik (paperless). Apabila terdapat yang tidak dipahami gunakan saja fitur chat online yg sudah disediakan.

Demikian prosedur dan cara gampang ikut mendaftar acara BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek bagi TKI pada luar negeri tahun 2018. Semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *