Bakso Ber-Omzet Miliyaran Rupiah!

Posted on

Bakso Ber-Omzet Miliyaran Rupiah! Bisnis kuliner tampaknya sebagai salah satu pilihan buat menanamkan investasi. Pasalnya, selain terbilang tahan krisis, usaha masakan juga tidak mengenal musiman.

Anggara Kasih Nugraha Jati, pemilik bisnis bakso ketua sapi, memulai usahanya sejak 2006 lalu. Anggara berkisah, saat itu dirinya memang wajib merogoh kocek relatif pada kurang lebih Rp 50 juta buat merintis usahanya ini. Namun, kerja kerasnya berbuah anggun dan akhirnya beliau bisa meraup omzet miliaran rupiah. Tahun 2010, usahanya yang memiliki merk "Bakso Kepala Sapidanquot; ini beromzet Rp 2,1 miliar.

Sebelum mendirikan bisnis ini, Anggara yang waktu itu masih mahasiswa mempunyai bisnis yang seabrek, mulai menurut menjual pernak-pernik hingga kartu kredit. Semua bisnisnya ini dilakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang demi investasi buat bisnis baru.

Benar saja, uang output kerja keras berdasarkan bisnisnya itu beliau investasikan buat membuka kedai bakso di Kebon Pedes, Bogor. Modal awalnya habis buat membeli bahan keperluan kedai. "Modalnya hanya aku pakai buat keperluan dapur. Kalau gedungnya kan telah ada, milik keluarga," kata Anggara, saat ditemui di sela-sela Expo Wirausaha Mandiri, Jakarta.

Akhirnya, usaha bakso Anggara berkembang menggunakan pesat. Produknya sekarang telah dipasarkan di Sumatera dan Jawa.

Anggara juga memiliki beberapa merek dagang untuk usaha baksonya. Salah satunya adalah "Warung Bakso" yg dipasarkan menggunakan pola kemitraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *