Begini Cara Cek Saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan ATM BRI

Posted on

Cara mengecek Saldo JHT lewat ATM BRI terbilang cukup mudah dan bisa dijadikan alternatif bagi Anda peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sekaligus nasabah bank BRI (Bank Rakyat Indonesia). Memang jika dilihat dari sisi kepraktisannya, cek saldo JHT lewat Layanan SMS 2757 dan cek saldo via aplikasi BPJSTKU jauh lebih praktis, karena bisa dilakukan di rumah dan dimana saja kapan saja.

Tapi bagi nasabah BRI & sudah mempunyai kartu ATM-nya, sayang sekali apabila tidak memanfaatkan layanan cek saldo JHT menggunakan ATM BRI ini. Pasalnya layanan ini perdeo banget tanpa dikenakan ataupun dipotong biaya admin. Selain itu menjadi pemilik ATM, kita pasti sekali waktu akan mengunjungi mesin ATM untuk banyak sekali keperluan. Misalnya bayar listrik PLN, bayar air PDAM, beli pulsa, membayar pembelian barang pada toko online, transfer ke rekening lain, atau sekedar mengecek jumlah saldo pada dalam rekening tabungan.

Baca Juga: BPU Web Mobile, Layanan Terbaik BPJS Ketenagakerjaan Untuk Peserta Mandiri

Nah saat ke ATM seperti itu, kenapa nir sekalian dimanfaatkan sebentar buat cek telah berapa banyak jumlah uang tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan milik kita yang sudah terkumpul. Malah kayaknya ada yang sengaja ke ATM BRI dengan tujuan hanya buat melihat saldo JHT-nya. Tanpa ada keperluan transaksi lain. Soalnya cek saldo JHT pake ATM ini selain mudah juga tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Berbeda menggunakan cek saldo JHT via SMS 2757 yang akan memotong pulsa di telepon kita, atau cek saldo lewat pelaksanaan BPJSTKU yg membutuh data internet. Selain itu waktu ini ATM BRI sudah menyebar sampai ke pelosok-pelosok kecamatan bahkan pedesaan. Makanya sayang banget jika peserta BPJS Taman Kanak-kanak yg kebetulan nasabah BRI & mempunyai kartu ATM-nya, nir mencoba layanan ini.

Begini Cara Cek Saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan ATM BRI

Tapi agar kartu ATM BRI mampu dipakai buat cek saldo JHT, ada beberapa kondisi yg harus dilakukan.

  • Pertama, tabungan BRI Anda harus sudah dibuatkan layanan mobile Banking.
  • Kedua, no rekening BRI Anda harus sudah disubmit/dimasukkan di data profil akun BPJS TK Anda. Cara mengisi data bank bisa melalui aplikasi BPJSTKU (aplikasi pengganti BPJSTK MOBILE) atau langsung ke website BPJS Ketenagakerjaan jika Anda sudah memiliki akun BPJSTK. Jika belum punya silahkan dibuat dulu sekalian masukkan data-data bank di profil akun BPJSTK Anda.
  • Ketiga, nomor HP yang digunakan untuk Mobile Banking tadi harus nomor yang sama dengan yang Anda kaitkan dengan akun kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Artinya nomer Mobile Banking BRI tersebut, juga yang Anda gunakan untuk membuat akun BPJS TK. Jika no hape yang Anda gunakan untuk layanan SMS Bank BRI tidak terhubung dengan akun BPJS TK, maka ATM BRI anda tidak bisa digunakan untuk cek saldo JHT.

Kemudian langkah-langkah mengecek saldo JHT via ATM BRI merupakan menjadi berikut:

  1. Datangi ATM BRI yang Anda inginkan.
  2. Masukkan kartu ATM Anda.
  3. Masukkan PIN ATM BRI Anda.
  4. Pilih Bahasa Indonesia.
  5. Buka menu TRANSAKSI LAINNNYA.
  6. Pilih INFO POINT.

Selanjutnya layar mesin ATM akan menampilkan nama Anda sebagai peserta BPJSTK, bersama informasi total saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

Selesai! Gampang sekali bukan?

Baca Juga: Aplikasi BPJSTKU, Layanan Digital Terbaru BPJS Ketenagakerjaan Pengganti Aplikasi BPJSTK Mobile

Demikian saja artikel kami kali ini. Semoga sanggup membantu sahabat-sahabat peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek yang sedang mencari cara bagaimana mengecek saldo JHT memakai ATM BRI. Tapi harap diingat, layanan ini hanya untuk sekedar melihat jumlah saldo saja. Saldo tadi nir mampu ditarik alias dicairkan lewat ATM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *