Belum Punya KTP Elektronik Tetap Bisa Mencairkan Uang JHT, Begini Caranya

Posted on

Syarat serta cara mencairkan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek tanpa KTP bagi peserta yang tidak atau belum memiliki KTP Elektronik. Sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan, bahwa salah satu berkas persyaratan buat bisa merogoh tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) adalah wajib membawa kartu bukti diri berupa E-KTP. Tidak mampu digantikan dengan kartu bukti diri lain misalnya SIM (Surat Izin Mengemudi).

Belum Punya KTP Elektronik Tetap Bisa Mencairkan Uang JHT, Begini Caranya

Jadi jika terdapat yg berkata mampu mengambil uang Jamsostek memakai SIM sebagai pengganti KTP, bisa dipastikan itu merupakan keterangan yang nir sahih. Jangan dipercaya. Memang kalau dulu beberapa tahun yg lalu, masih dibolehkan menggunakan SIM. Tapi kini hingga tahun 2018 ini sudah tidak mampu lagi.

Baca Juga:Cara Menggabungkan Semua Saldo JHT Bagi Yang Memiliki Kartu BPJS Taman Kanak-kanak Lebih Dari 1

Alasan kenapa peserta yg akan mengklaim JHT wajib melampirkan e-KTP asli beserta fotokopinya merupakan karena NIK yg tertera di KTP peserta yg bersangkutan, akan dipakai buat validasi faktual menggunakan data yg sudah tersimpan pada pusat kependudukan nasional.

Lalu bagaimana bila kita tidak atau belum mempunyai KTP elektro? Kan sanggup saja kartu identitas tadi hilang. Atau sebenarnya kita sudah mengurus membuat e-KTP tapi hingga sekaranh belum jadi jadi jua. Maklum, di beberapa wilayah pengurusan E-KTP masih sulit, kadang hingga berbulan-bulan belum terbit jua.

Nah jikalau demikian, apakah mampu merogoh dana JHT bpjs Ketenagakerjaan tanpa KTP elektronik?

Jawabannya adalah sanggup! Ya, bisa. Kita masih boleh mengambil uang JHT meski tak punya E-KTP. Tapi syaratnya wajib membuat dokumen lain menjadi pengganti KTP. Berkas lpengganti tadi merupakan Resi e-KTP yang dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil, atau mampu jua menggunakan resi resmi dari kelurahan. Selain menurut itu nir berlaku.

Jadi bagi teman-teman yg ingin mencairkan tabungan JHT tapi nir punya KTP, silakan ke dinas kependudukan & catatan sipil atau kelurahan buat menciptakan resi resmi e-KTP Anda.

Apabila sudah mempunyai resi resmi KTP elektronika dari dinas kependudukan & catatan sipil atau kelurahan, maka kita mampu sudah sanggup menjamin saldo JHT kita tanpa KTP.

Tapi tentu saja jangan lupa melengkapi berkas-berkas yg lainnya seperti:

1. Kartu peserta BPJS-TK (Jamsostek) asli bersama foto kopi.

2. Foto kopi & asli KK (Kartu Keluarga).

3. Foto kopi rekening tabungan atas nama eksklusif, tidak boleh buku tabungan atas nama orang lain meskipun itu famili sendiri.

4. Paklaring/surat pengalaman kerja/surat referensi/surat rekomendasi.

Bagi yang berhenti bekerjanya lantaran di-PHK, harus membawa berkas tambahan berupa akte perjanjian bersama yang di keluarkan sang Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Dan bagi peserta yg berhenti kerja dengan karena habis masa kontraknya wajib melampirkan surat PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) yang pertama kali diterima.

Baca Juga: Segudang Manfaat Aplikasi BPJSTK Mobile, Rugi Kalau Nggak Punya!

Demikianlah liputan dunia kerja kami kali ini. Semoga ini bisa membantu teman-teman yang sedang mencari cara bagaimana agar mampu mencairkan JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan meski tanpa KTP elektronika. Solusinya silahkan menciptakan resi resmi KTP elektro berdasarkan dinas kependudukan & catatan sipil atau kelurahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *