Beragam Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Menulis

Posted on

Ada beberapa cara mendapat penghasilan tambahan dari hobi menulis. Disebut penghasilan tambahan, karena cara-cara ini bisa anda lakukan menjadi pekerjaan sampingan yang nir akan menggangu profesi utama anda. Bahkan apabila ditekuni sahih-sahih, pemasukan yang didapat bisa lebih besar dari pekerjaan primer. Banyak orang yg sudah menunjukan hal tersebut.

Memang poly pula profesi yang berhubungan dengan dunia tulis menulis misalnya wartawan, penulis skenario, penggiat media online, & lain-lain yang mendapat honor bulanan berdasarkan perusahaan. Tetapi yang akan dibahas kali ini merupakan cara mendapatkan uang sebagai penulis bebas, atau penulis tanggal, yang penghasilannya bukan digaji tetap bulanan dan terikat sang perusahaan. Melainkan dari kualitas & kuantitas karya yang berhasil ditulis.

Baca Juga: Berbagai Ide Kerja Sampingan di Hari Sabtu dan Minggu Supaya Pemasukkan Lancar Terus

Nah buat anda yg suka merangkai istilah lewat goresan pena, berikut ini beberapa wangsit mendapatkan duit berdasarkan kegemaran anda menulis tadi.

1. Menerbitkan Buku

Menulis buku merupakan cara lama menyalurkan hobi nulis yg bisa membentuk uang. Kalau anda menguasai suatu bidang dan punya ide-pandangan baru cemerlang dalam bidang tersebut, anda bisa menuliskannya sebagai naskah yang dijilid rapi, kemudian dikirim ke penerbit. Atau anda punya khayalan yg luas, pintar merangkai kata & cerita. Anda juga sanggup menuangkan cerita fiksi anda tadi ke dalam goresan pena, buat kemudian jua ditawarkan pada penerbit.

Nantinya jika pihak penerbit tertarik, karya anda akan dicetak menjadi buku dan dipasarkan ke toko-toko buku akbar seluruh Indonesia. Selanjutnya anda tinggal menunggu royalti berdasarkan output penjualan buku anda tersebut. Kalau laku , apalagi masuk kategori best seller sehingga buku anda mengalami cetak ulang berulang-ulang, pastinya semakin banyak royalti atau duit yang terus akan anda peroleh.

Ditambah lagi bila karya anda tersebut berupa kitab fiksi, saking larisnya, sangat terbuka kesempatan buat diangkat ke layar lebar sang perusahaan perfilman. Dan jikalau novel anda difilmkan, dijamin akan semakin melimpah pundi-pundi rupiah yg bakal anda terima hanya menurut satu kitab saja.

Dan kerennya lagi, di era teknologi canggih seperti kini ini, oleh penerbit buku anda bukan hanya dijual pada bentuk fisik, akan tetapi bisa pula pada bentuk digital atau E-book. Apabila kitab fisik dipasarkan lewat toko-toko kitab misalnya Gramedia & Gunung Agung, ad interim bila e-book diedarkan lewat Google PlayStore bagi pengguna android dan Appstore buat pengguna iOS.

Menjadi penulis kitab , selain mampu dijadikan pekerjaan sampingan yang hasilnya bisa sangat memuaskan, anda jua akan mendapat insentif menjadi orang populer. Contohnya saja Darwis Tere Liye, meski populer menjadi penulis buku, pekerjaan dia sebenarnya adalah seorang akuntan. Atau Helvy Tiana Rosa, penulis novel-novel Islami ini jua berprofesi sebagai seorang dosen.

Beragam Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Menulis

Baca Juga: 21 Penerbit Ternama di Indonesia Yang Menerima Karya Dari Penulis Pemula

2. Mengirim Tulisan ke Media Lain

Selain menjadi penulis buku, cara mengakibatkan hobi menulis sebagai asal uang lainnya adalah dengan mengirim tulisan ke media baik itu media cetak seperti koran, majalah & tabloid, atau ke media elektro atau online misalnya website-website berita & hiburan yang menerima goresan pena dari netizen.

Bedanya dengan menulis kitab , bila menulis buku penghasilan anda akan dibayar pada bentuk royalti. Artinya uang yang anda dapatkan tergantung menurut jumlah buku yg terjual. Sementara bila mengirim karya tulis ke media, anda akan dibayar berdasarkan jenis goresan pena yang harganya ditetapkan oleh media yg bersangkutan.

Misalnya di surat liputan harian Kompas, honor buat cerpen atau cerita pendek sebesar Rp 1.400.000, puisi Rp 500.000, sementara gaji buat rubrik opini Rp 850.000. Di koran Jawa Pos, fee buat cerpen antara Rp 900.000 hingga Rp 1.000.000, dan Rp 500.000 buat puisi.

Bukan hanya Kompas & Jawa Pos saja, masih ada beberapa media cetak lainnya yang memberi honor buat pengirim tulisan, antara lain Koran Tempo, Suara Merdeka, Suara Karya, Republika, Tribun Jabar, Media Indonesia & lain-lain. Beberapa tahun lalu sebenarnya relatif banyak media cetak yg mendapat & membayar goresan pena dari pembaca, seperti majalah Aneka Yess, Tabloid Gaul, Tabloid Keren Beken, Majalah Annida, Majalah Story, Majalah Kawanku dan beberapa lainnya. Namun semuanya sudah tutup akibat kalah pamor menggunakan maraknya media daring atau online.

Tetapi bermunculannya media online, pula nir serta merta mematikan rezeki penulis lepas. Profesi penulis tanggal terus diharapkan meski media cetak terus berguguran. Buktinya cukup poly media online yg juga menampung karya tulis berdasarkan warganet dan memberikan bayaran yang layak. Misalnya mojok.Co, situs yang terkenal menggunakan moto ‘Sedikit Nakal Banyak Akal’ ini, siap membayar Rp 350.000 per goresan pena.

Ada juga basabasi.Co. Kalau di sini honornya lebih bervariasi, buat cerpen Rp 300.000, puisi Rp 250.000, esai Rp 300.000, rehal buku (resensi buku) Rp 200.000, & hibernasi (artikel ringan) Rp 200.000. Selain Mojok & Basa Basi, masih ada beberapa media online lainnya yang pula memberi fee buat para pengirim goresan pena, seperti geotimes.Co.Id, gogirl.Id, cendananews.Com, simalaba.Com, joglosemarnews.Com, hot.Dtk.Com, & lain-lain.

Dengan banyaknya media baik cetak maupun online yg mendapat karya tulis pembaca, tentu sebagai peluang kerja menjadi job sampingan bagi anda yg getol menulis. Semakin rajin anda menulis, semakin besar juga income yg akan anda dapatkan.

Tapi perlu diingat, menurut goresan pena-tulisan yg anda kirim ke media, tentunya hanya yg dimuat saja yang akan menerima bayaran. Kalau nir dimuat atau ditolak, anda bisa memperbaiki lagi tulisan anda tersebut, lalu balik dikirim ke media yg sama, atau boleh pula dikirimkan ke media yang lain.

3. Membuka Jasa Penulisan Artikel

Kegiatan menulis lainnya yang bisa membentuk uang artinya membuka atau menunjukkan jasa penulisan artikel. Di jaman internet misalnya sekarang ini, terus bermunculan blog, startup, marketplace, dan website menggunakan beragam topik menghiasi dunia maya. Nah, nir semua pemilik blog atau pengelola website tersebut sanggup menulis sendiri buat mengisi konten pada dalam situsnya. Mereka butuh artikel dari orang lain. Untuk itu mereka akan mencari jasa penulis artikel atau membeli artikel.

Kondisi tadi kentara menjadi peluang emas bagi anda yang demen menulis buat menerima penghasilan tambahan. Caranya anda bisa bergabung di kelompok-gerombolan Blogger pada Facebook, kemudian promosikan jasa penulisan artikel anda. Untuk harganya, umumnya semakin panjang artikel, semakin mahal pula harganya.

Apabila gaya menulis anda bagus, enak dibaca, dan bukan output copy paste, niscaya poly yang akan tertarik menggunakan jasa anda. Bahkan bisa jadi akan sebagai pelanggan setia dengan terus memesan artikel pada anda.

4. Menjadi Kontributor pada Website Besar

Cara mendapatkan uang berdasarkan menulis pada internet lainnya selain cara nomor 2 & nomer 3 di atas merupakan menggunakan menjadi kontributor di situs-situs besar yang memang membuka lowongan bagi penulis-penulis lepas. Bedanya, pada cara angka dua anda tidak terlibat langsung menggunakan website yang anda kirimi tulisan. Anda hanya mengirim tulisan dan menunggu liputan apakah karya anda layak dimuat atau tidak.

Sementara jikalau sebagai kontributor, anda wajib punya akun pada situs tempat di mana anda menjadi kontributor. Dan anda bisa pribadi menulis di situs tadi, mampu memilih gambar sesuai impian anda sendiri, dan juga bisa mengedit tulisan yg sudah dipublikasikan. Artinya anda masih bisa mengendalikan goresan pena anda tadi.

Sedangkan bila menggunakan cara yang nomor 3, bedanya dalam hak milik goresan pena. Di cara angka tiga, karena sifatnya anda menjual artikel, maka goresan pena anda akan sebagai hak milik pemilik blog atau situs. Saat karya anda diterbitkan, tidak ada nama anda sebagai penulis. Sementara kalau sebagai kontributor, goresan pena akan dipublikasikan atas nama sendiri.

Honor sebagai kontributor berbeda-beda antara situs satu menggunakan yang lainnya. Ada yg dibayar per artikel, terdapat yang dihitung berdasarkan viewers, terdapat jua yg menggunakan sistem poin lalu poin tadi sanggup dicairkan dalam bentuk uang.

Walaupun ketika ini belum begitu poly situs yg menyediakan layanan ini, namun cukup bergabung di satu situs saja, bila ditekuni dengan sahih akan sangat membantu menambah finansial anda. Contoh situs-situs membuka lowongan kontributor diantaranya UC News, Babe News, idntimes.Com, nulis.Co.Id, dan lain-lain.

5. Membuat Blog Sendiri

Menjadi seorang blogger jua merupakan cara menyalurkan hobi menulis yg sanggup membuat duit. Bahkan sanggup dikatakan cara ini paling independen dibandingkan metode-metode sebelumnya yg telah disebutkan di atas. Pada cara-cara pada atas, anda masih menulis buat pihak lain, baik itu penerbit, media cetak, media online, pengelola situs & pemilik blog.

Sementara jika anda menjadi Blogger, anda seperti mempunyai media sendiri. Anda sendiri yang mengisi kontennya menggunakan tulisan-goresan pena dan gambar atau foto pendukung, & anda sendiri juga sebagai editornya. Semakin banyak goresan pena yg dipublikasikan, semakin akbar peluang blog anda ramai dikunjungi oleh pembaca. Dan, bila blog telah poly visitornya, maka peluang mendapatkan uang sangat terbuka lebar.

Cara menerima duit berdasarkan blog cukup banyak. Antara lain anda mampu mendaftarkan blog anda di layanan iklan PPC (Pay per Click) misalnya Google Adsense, menyediakan slot iklan langsung, menerima kerjasama Content Placement, menulis artikel review berbayar, ikut program afiliasi, atau anda punya produk sendiri anda jua mampu menjualnya lewat blog anda.

Baca Juga: 9 Cara Menghasilkan Banyak Uang Hanya Lewat Handphone

Itulah berbagai tips mencari uang berdasarkan kegiatan menulis. Cara-cara di atas telah banyak ditekuni poly orang. Bahkan ada yang hingga resign menurut pekerjaan primer lantaran penghasilan dari menulis jauh lebih akbar. Hal tadi mengambarkan bahwa menulis bukan hanya sekedar hobi menuangkan pikiran lewat tulisan untuk mengisi saat luang, tapi jua sekaligus bisa mendatangkan pemasukkan dan dijadikan pekerjaan sampingan.

Terima kasih telah membaca. Semoga menginspirasi & jangan lupa bagikan lewat sosial media agar teman-sahabat yang lain ikut mengetahui warta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *