Bisnis Lele Asap Janjikan Keuntungan Rp 40 Juta per Bulan

Posted on

Bisnis Lele Asap Janjikan Keuntungan Rp 40 Juta Per Bulan

Selama ini, ikan lele yg warga kenal merupakan lele yang dijual dalam bentuk makanan kaki lima yaitu, pecel lele. Saat ini, telah poly varian lele yang dimodifikasi dalam bentuk lain, keliru satunya adalah lele asap.

Adalah Al Iskandariah (26), yang telah setahun mendalami profesi sebagai pengusaha ikan lele asap. Pemuda berasal Jambi ini mengaku pindah profesi menurut pegawai bank sebagai wirausahawan lantaran dinilainya lebih mempunyai tantangan.

"Lele asap ini sebetulnya wangsit saya sendiri. Jadi lelenya diasapkan, di-smoke. Namanya juga sanggup kita sebut menggunakan ikan asap," ujarnya dikutip dari Sindonews.Com

Pria yang akrab disapa Piko ini menjelaskan, proses pengasapannya sendiri dilakukan 2 hari (2×24 jam) kemudian dioven, diberi asap  bawahnya kemudian diasapkan dengan menggunakan kayu bakar dengan temperatur kira-kira 40-50 derajat celcius. “Tapi jangan sampai ada baranya ya,” ujar dia.

Piko mengungkapkan pula, kayu yg dipakai untuk mengasapkan merupakan kayu dari pohon-pohon buah anggun. Semuanya diambil dari daerah Jambi.

"Kayu yg kita pakai enggak sembarang kayu, melainkan kayu yg berdasarkan pepohonan buah manis seperti rambutan," ujar dia.

Piko nir sanggup memakai kayu lain, lantaran rasa dalam ikannya akan tidak sinkron & lebih cenderung getir. Selain itu, Piko sangat menyayangkan kelangkaan kayu yg mulai susah dicari lantaran penebangan-penebangan buat huma bisnis atau pabrik.

"Di sini, kita kekurangan Sumber Daya Alamnya. Kita perlu kayu. Tapi kayu itu langka," ujarnya.

Diakui Piko, usaha yg baru berusia 1 tahun dan bermodalkan awal senilai Rp20 juta ini, pada sebulan bisa meraup laba hingga Rp40 juta.

Kedepannya, Piko berusaha buat mencapai pasar modern dengan membuat bungkus yg lebih menarik dan lebih berwarna.

"Kami akan menyebarkan hingga ke pasar terkini. Insyaallah tiga bulan kedepan akan berlangsung saat ini kita sudah pesan packaging," tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *