Bisnis Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan Dg Modal Kecil

Posted on

Sebuah tempat tinggal pada salah satu sudut Kelurahan Kadipiro terlihat beberapa orang sedang sibuk menyiapkan rabat kardus. Potongan kardus ini akan digunakan untuk menciptakan kemasan. Ada yang ukuran sedang dengan tinggi hanya 20 centimeter & lebar kurang berdasarkan 10 cm. Kemasan ini menarik lantaran permukaannya ditutup kertas bertekstur kasar. Jika melihatnya sekilas orang mungkin menduga permukaan kemasan itu ditutup bubuk gergaji, tetapi ternyata nir.

Ternyata bahan baku pembuatan kertas kemasan ini dibentuk menurut limbah. Limbah kertas, mulai menurut kertas koran yang tipis sampai kertas kardus yang tebal, mendominasi bahan standar. Selain kertas, jua digunakan limbah lain, misalnya pelepah pisang, kulit bawang & daun-daunan kemarau. Bahan-bahan ini ditambahkan dalam adonan bubur kertas sebagai pengikat.

Limbah yang awalnya bernilai rendah pun bisa dijual mahal. Sebagai perbandingan, harga bahan baku berupa kertas HVS dan kertas koran hanya Rp1.500 hingga Rp2.000 kg. Dengan tambahan sejumlah bahan, termasuk pewarna, bisa mengubah limbah kertas itu menjadi 75 lembar kertas daur ulang dengan harga Rp25.000/lembar. Dari kertas daur ulang itulah dibuat kemasan-kemasan unik. Tertarik dengan peluang bisnis rumahan ini? Yuk Buka Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *