Budidaya Aneka Ragam Ikan Hias Buka Lebar Peluang Ekspor

Posted on

Budidaya ikan hias air tawar ternyata mampu menaruh kehidupan bagi poly orang yang menekuninya. Selain orang senang akan keindahan ikan hias, poly juga orang yg menggantungkan hidupnya dari membudidayakan dan memasarkan ikan hias yang jenisnya beragam. Tak sporadis beberapa petani yang semula menekuni budi daya ikan konsumsi misalnya ikan lele, ikan nila, guramih dan lain sebagainya beralih menekuni budidaya ikan hias. Semua itu dilakukan karena potensi hemat budi daya ikan hias lebih menggiurkan dibandingkan menggunakan ikan konsumsi. Dengan pola pemeliharaan dan hadiah makanan yg hampir sama dengan ikan konsumsi, budidaya ikan hias bisa membuat pemasukan yang lebih akbar lantaran harga ikan hias lebih mahal. Kunci membudidayakan ikan hias merupakan telaten & senang pada pada memeliharanya.

Apabila dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi pemeliharaannya hampir sama sedangkan perkara penjualan umumnya ikan konsumsi dihargai dengan sistem kiloan, ikan hias dihargai menggunakan sistem per ekor, dengan demikian usaha budi daya ikan konsumsi lebih menekankan kuantitas, sebagai akibatnya memerlukan lahan yg luas & sarana yg lebih poly. Hasil budi daya Ikan hias lebih menekankan kualitas sehingga sanggup dilakukan di huma sempit dan mampu dilakukan sebagai bisnis sampingan. Apabila nir memiliki kolam yang luas, budidaya ikan hias mampu dilakukan pada dalam akuarium atau bak semen yg relatif kecil. Jika lahan yang tersedia cukup mini , kita harus lebih selektif pada memelihara ikan hias. Ikan-ikan hias yang dipelihara relatif yang berkualitas rupawan sedangkan yang berkualitas kurang rupawan wajib segera diafkir lantaran memakan tempat.

Ada beraneka ragam Ikan Hias Bernilai ekonomi cukup tinggi antara lain ikan Koi, Manfish, Koki, Niasa, Redfin, Lemon, Komet, Sumatra barb, Black Ghost, Aligator, Arwana & ikan hias jenis lainnya. Ikan-ikan hias tersebut adalah ikan hias yg biasa dicari penghobi dan dibudidayakan petani ikan.

Salah satu alasan mengapa budi daya ikan hias dipilih selain mempunyai nilai jual yang tinggi, proses pemijahan dan perawatan benih nir terlalu membutuhkan modal yang besar dan usaha pembenihan/dibudidayakan ikan hias tadi masih pada daerah tertentu saja sebagai akibatnya masih mempunyai potensi yg luas. Lantaran suka terkadang penggemar ikan hias bersedia mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah buat memiliki seekor ikan hias yang diidam-idamkannya. Hal inilah yang terkadang menciptakan harga ikan hias melambung tinggi. Selain faktor kesukaan faktor estetika ikan hias juga turut andil dalam memilih harga. Secara generik ikan hias yang mempunyai bentuk, warna, corak yg latif akan berharga relatif mahal. Di sinilah letak kunci keberhasilan budi daya ikan hias, membentuk ikan-ikan yg latif dan berkualitas rupawan.

Keberadaan ikan hias sendiri ketika ini tidak lagi menjadi hiburan atau hobi semata namun sudah berkembang menjadi objek yang dimanfaatkan bagi kepentingan global pendidikan, penelitian, medis maupun keperluan konservasi alam. Sampai saat ini ikan hias air tawar adalah galat satu jenis komoditas ekspor nonmigas bidang perikanan yg mampu menyumbang devisa negara yang relatif besar . Dengan kekayaan ikan hias yang berlimpah maka peluang Indonesia menjadi pengekspor komoditas ini sangat terbuka lebar. Sehingga Budidaya Ikan Hias layak digencarkan di warga .

Usaha budidaya ikan hias merupakan keliru satu usaha yg memberikan alternatif asal penghasilan buat meningkatkan pendapatan petani/pengusaha ikan hias. Usaha budidaya ikan hias cukup prospek dikembangkan. Hal ini disebabkan pada budidaya ikan hias mempunyai keunggulan-keunggulan menjadi berikut :

1. Teknologinya mudah diserap & diterapkan, lantaran teknologi yang dipakai cukup sederhana

dua. Budi daya Ikan Hias Dapat diusahakan skala tempat tinggal tangga/ bisnis kecil, nir membutuhkan huma yang luas

tiga. Perputaran modal cepat, bisa dipanen pada jangka ketika yang singkat.

4. Budi daya ikan Hias sanggup Menyerap energi kerja.

Lima. Pasar yang menjanjikan baik domestik maupun ekspor.

Profil Beberapa Peternak Ikan Hias

Salah satu contoh peternak ikan hias yang relatif sukses adalah Peternak ikan hias di Kota Bekasi, saat ini mulai menerima pesanan dari luar negeri misalnya Jepang & Inggris, sedangkan ikan hias yg diminati merupakan ikan air tawar jenis tetra, botiya & zebra. Seorang peternak ikan hias, pada Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Miskun, mengatakan, permintaan ikan hias mulai tiba dari pembeli luar negeri & baru-baru ini ia sudah mengirim sebesar 10 box ikan ke Jepang. Pemasaran ikan hias hingga keluar negeri itu berawal dari ketertarikan peminat ikan dari luar negeri menggunakan keindahan ikan yang dibudidayakan pada Bekasi serta harganya yg nisbi murah. Upaya budidaya ikan hias tersebut sudah mampu menaikkan ekonomi rakyat setempat & bahkan Bekasi mulai dikenal sebagai pemasok ikan hias berkualitas.

Contoh lain adalah Kelompok Tani Mina Makmur dibuat oleh Dinas Perikanan Dati I Kabupaten Tulungagung yang beranggotakan pembudidaya ikan hias & sejenisnya pada Desa Bendiljati Wetan.Pemilik usaha pembenihan & budidaya ini dalam awal mendirikan usahanya memanfaatkan 2 petak kolam yg terdapat, dari hasil keuntungannya pemilik menambahkan modal buat menciptakan kolam dibelakang dan depan rumahnya, sekarang memiliki 40 petak kolam disekitar rumah dan dilokasi lain 45 petak kolam menggunakan luas huma seluruhnya 3 ha. Perkembangan budidaya ikan hias ini semakin hari semakin semakin tinggi mengingat usaha tadi dijadikan sebagai mata pencaharian pokok yg mampu mempertinggi kesejahteraan famili.

Lain lagi cerita kesuksesan Kelompok Tani Sangkuriang Koi Breeder, Kelompok Tani yg memiliki sekretariat pada Jln. Sangkuriang No. 1 RT 7 RW 5 Kel. Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi. Kelompok tani yang merupakan formasi Petani Ikan Hias Koi ini memiliki latar belakang keprihatinan pendirinya melihat peternak ikan koi Jawa Barat yang kurang maju. Padahal ikan koi blitar yg terkenal unggul di Indonesia waktu ini, benihnya dari berdasarkan Jawa Barat. Setelah melewati proses yg panjang sekarang Sangkuriang Koi Breeder memperoleh peringkat 2 dalam lomba Ikan Koi taraf internasional di Tangerang Februari 2009. Kejuaraan ini adalah kejuaraan Koi bertaraf Internasional yg kebetulan dilaksanakan di Indonesia.

Menurut Ule, Pendiri Kelompok Tani Sangkuriang Koi Breeder budi daya ikan koi memiliki prospek yang menguntungkan lantaran pasarnya banyak dan tidak terbatas. Selain itu, penjualan ikan koi nisbi stabil apabila dibandingkan dengan ikan louhan yg hanya booming sesaat. Demikian jua, perawatannya jua relatif murah dibandingkan ikan arwana. Setiap bulan kelompok tani yang dikelola Ule mampu membentuk laba minimal Rp 15 juta.

Petani pembudidaya ikan air tawar membutuhkan perhatian pemerintah. Sebab budidaya ikan air tawar ini mempunyai potensi tinggi buat menaikkan ekonomi para petani yg menyebar di kabupaten/kota se-Sumut.

"Kita terus berkonsentrasi menjadi fasilitator buat mempertemukan para petani dengan pemerintah & segenap pemodal. Karena kendala utama para petani dalam membuatkan budidaya ikan air tawar ini, yakni dampak keterbatasan modal usaha," tutur Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumut Said Aldi Al Idrus didampingi pengurus Hipmi Deli Serdang ketika meninjau lokasi pembudidayaan ikan hias pada Desa Sekip, Lubuk Pakam.

Dikatakan, selain keterbatasan kapital, para petani pula minim wawasan dan jaringan usaha. Karenanya, Hipmi akan menaruh pelatihan menggunakan melibatkan instansi terkait. "Mereka pula sering mengalami kesulitan pada hal pemasaran."

Sebelum meninjau lokasi budidaya ikan air tawar, khususnya budidaya ikan hias di 2 tempat, yakni Desa Sekip Lubuk Pakam & pada Dusun I Desa Karang Anyar, Beringin, segenap pengurus Hipmi Sumut & pengurus Hipmi Deli Serdang melakukan silaturahmi dengan para petani ikan air tawar pada rumah Rofik Jalan Mesjid I Desa Sekip.

Dalam rendezvous itu, diketahui kecuali ketiga kendala yg acapkali ditemui para petani, pula sulitnya mereka menjaga baku harga jual menurut output panen ikan hiasnya. Sehingga syarat demikian dimanfaatkan oleh para tengkulak.

Pembasmi Hama

Di hadapan pengurus Hipmi Sumut yang terdiri Said Aldi, Aulia Rahman SE, ZE Mukti Purba, dan para pengurus Hipmi Deli Serdang, Ketua Amri Farizal Nasution, Ketua I Syahfitra SE, Zul Amir Sinuraya, & lainnya, seorang petani ikan hias, Rofik mengakui karena keterbatasan wawasan, para petani di wilayah itu pula kesulitan dalam mengatasi hama yg kerap menyerang ikan-ikannya.

Rofik yg sudah empat tahun menekuni budidaya ikan hias & memiliki omset Rp 6 ? Rp 7 juta per bulannya itu, berharap Hipmi bisa menjadi motivator dan fasilitator bagi mereka. Hal sama dikatakan ketua gerombolan petani ikan hias Desa Karang Anyar, Tugiman.

Menurut Tugiman, selama lebih 15 tahun menggeluti budidaya ikan hias, nilai ekonomi yg dihasilkan sangat menjanjikan. Lantaran itu beliau mendorong rekan-rekan sekelompoknya agar sanggup mencapai kemajuan sepertinya yg sanggup meraih omset mencapai belasan juta per bulan.

Menyikapi kendala & cita-cita petani ikan untuk memajukan usahanya itu, Hipmi berencana mempertemukan para petani menggunakan Bupati Deli Serdang dan pengusaha pemilik modal yang akan dilaksanakan pada pekan depan. "Insya Allah, minggu depan rendezvous ini mampu kita laksanakan," papar Amri Farizal Nasution.

Hanya dengan cara demikian, imbuh Amri Farizal Nasution, petani dapat eksklusif mengungkapkan kesulitan usaha yg dihadapi & pemerintah bisa mendengar hal itu. Sedangkan para pemodal yang nantinya akan dilibatkan, diperlukan dapat membantu permodalan bagi pengembangan usaha para petani.

Maju pesat

Said Aldi Al Idrus pulang menambahkan, saat sekarang sektor perikanan mendapat perhatian berfokus berdasarkan pemerintah sentra. Belajar menurut pengalaman pada Jepang, sebelumnya Negara surya terbit itu hanya memiliki potensi perikanan 5 persen. Namun berkat keseriusan pemerintah, lima tahun berikutnya Jepang sudah memiliki potensi perikanan mencapai 60 %.

Keseriusan pemerintah sentra melalui kementerian perikanan dan kelautan, belum usang ini Hipmi Sumut mendapat bantuan 500 ribu bibit ikan air tawar. "Sekarang bibit ikan ini kita serahkan ke Dinas Perikana Sumut buat dikembangkan di seluruh kabupaten/kota."

Terkait dengan pertemuan dan kunjungan tersebut, Said Aldi berjanji akan melakukan petemuan yang sama secara rutin ke seluruh petani ikan di kabupaten/kota se-Sumut. Ia juga mengimbau kepada seluruh kompartemen Hipmi di seluruh kabupaten/kota buat melakukan hal sama.

Sehingga para petani terus termotivasi dan sanggup menaikkan hasil panennya.

Berikut ini merupakan rangkaian tips & petunjuk yang bermanfaat bagi pemula buat menjalani hobi memelihara Ikan Hias. Spesies Ikan Hias tertentu mampu hidup pada ketika yg sangat usang bila dirawat menggunakan baik. Oleh karena itu, anda harus mempunyai komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara Ikan Hias Air Tawar.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebelum mulai memelihara ikan:

1. Cari berita sebesar mungkin sebelum membeli ikan. Perhatikan faktor-faktor berikut:

Seberapa besar ikan tersebut jika dewasa dan apakah anda memiliki akuarium yang relatif besar buat mengakomodasi ukuran tubuh ikan selesainya dewasa.

Cari memahami tentang suhu air, rentang pH dan sebagainya

Apa jenis makanan ikan yg dimakan

Temperamen spesies ikan. Apakah spesies eksklusif cocok buat disatukan menggunakan ikan yg sudah anda miliki atau ingin anda pelihara pada masa mendatang. Faktor ini acapkali terabaikan oleh penghobist.

Apakah spesies yg akan anda pelihara mampu berkembang biak menggunakan cepat? Bila demikian, apakah anda mempunyai peralatan dalam ketika ikan berkembang biak?

Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit eksklusif?

2. Belilah akuarium sebesar mungkin sinkron dengan aturan & ruang yang anda miliki. Akuarium yg akbar menyebabkan air pada akuarium lebih stabil. Sebagai contoh, bila pemanas suhu rusak, dan toko-toko Jual Ikan sudah tutup, suhu air akan lebih stabil pada akuarium yg besar . Pelajari tentang daur nitrogen dalam akuarium bila anda ingin Budidaya Ikan Hias. Proses krusial ini wajib anda pahami apabila anda ingin berhasil dalam memelihara ikan hias air tawar.

Tiga. Pelajari alat-alat akuarium sebelum anda membeli atau melakukan Budidaya Ikan Hias.

4. Jika anda bahagia membaca, belilah buku-kitab mengenai ikan hias air tawar. Membaca kitab adalah cara tercepat buat mendapatkan keterangan yang anda butuhkan buat memelihara Ikan Hias Air Tawar. Berlangganan majalah Ikan Air Tawar dan akuarium jua adalah salah satu cara yang mudah buat menerima tips dan anda terus mengetahui hal yg baru dalam hobi ini, mampu juga anda bertanya dalam PenJual Ikan Hias

5. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan.peralatan seperti itu dapat di temukan di Toko Ikan & Toko Ikan Hias.

6. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia, nitrit, nitrat dan pH. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM.

7. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat.

8. Jangan mengikuti aturan 1inci ikan per 1 galon air. Aturan yang lebih baik adalah 1 inci ikan per 2-3 galon air.

9. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium tanya sama PenJual Ikan Hias deh karena mereka lebih tau tentang deklorinasi itu apa hehe.. Beli filter akuarium di Toko Ikan & Toko Ikan Hias yang memiliki beberapa cartridge, sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor.

10. Jangan membilas filter dengan air ledeng. Gunakan air dalam akuarium yang sudah anda saring saat mengganti air Ikan Air Tawar. Klorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *