Cara Bikin Kartu Digital BPJS TK (Jamsostek) Di Aplikasi BPJSTKu Versi Terbaru

Posted on

Cara modern mencetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan pada pelaksanaan BPJSTKU versi tahun 2020 menjadi pengganti bila kartu yg orisinil rusak, hilang, atau sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan akan tetapi belum diberikan kartu kepesertaannya. Di tahun yang lalu, sebenarnya kami sudah menulis panduan membuat kartu BPJS Taman Kanak-kanak sendiri dengan cara print out kartu digital yg terdapat pada BPJSTKu Apk. Namun itu masih mengacu dalam pelaksanaan versi lawas waktu tampilannya masih didominasi rona hijau. Sekarang semenjak pelaksanaan BPJSTKu diperbarui, bentuknya berubah sebagai berwarna biru. Tak cuma dari segi tampilan, cara registrasi akun baru, serta cara mengoperasikan fitur-fitur yg terdapat di dalamnya jua mengalami sedikit perubahan, termasuk mekanisme mengakses kartu digital.

Dari percobaan kami, meski terdapat kekurangan di sana-sini, namun aplikasi BPJSTKu versi terbaru ini jauh lebih baik menurut versi sebelumnya. Dan pastinya pada masa-masa mendatang aplikasi ini akan terus dikembangkan & diperbaharui, agar semakin informatif, simpel dan mudah digunakan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Bikin Kartu Digital BPJS TK (Jamsostek) Di Aplikasi BPJSTKu Versi Terbaru

Baca Juga: Cara Mencairkan Uang Jaminan Hari Tua Melalui Bank yang Bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Baiklah, langsung ke topik bagaimana cara mencetak mandiri kartu digital BPJS Ketenagakerjaan pada pelaksanaan BPJSTKU versi paling baru. Karena layanan kartu digital ini adanya di pelaksanaan BPJSTKU, tentunya smartphone kita wajib dipasangi aplikasinya terlebih dahulu, & pula harus memiliki akun BPJS Taman Kanak-kanak buat mampu membuka aplikasinya. Bagi yang belum punya akun silahkan buat dulu. Gampang & cepat kok.

Langkah-langkah menciptakan akun BPJS Ketenagakerjaan lewat pelaksanaan smartphone merupakan seperti ini dia:

  1. Instal aplikasi BPJSTKU dari Google Playstore atau App Store.
  2. Buka aplikasi BPJSTKU.
  3. Klik PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU.
  4. Atau Klik LOGIN, kemudian pilih Buat Akun Baru.
  5. Masukkan Alamat Email aktif.
  6. Buka e-mail dan masukkan PIN verifikasi.
  7. Pilih Jenis Kepesertaan PU (Penerima Upah).
  8. Masukkan Nama Lengkap, Tanggal Lahir dan NIK sesuai dengan yang ada e-KTP.
  9. Tulis nomer peserta BPJS Ketenagakerjaan/KPJ.
  10. Submit nomor handphone aktif anda.
  11. Masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS.
  12. Buat kata sandi minimal delapan karakter.
  13. Selesai

Jika masih kurang jelas, silahkan baca di artikel kami sebelumnya yang berjudul Cara Mendaftar Akun di Aplikasi BPJSTKu Versi Terbaru Tahun 2019 . Di situ kami jelaskan secara rinci tahap demi tahap bagaimana cara registrasi akun BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah memiliki akun, kita telah bisa mengakses kartu digital BPJS Ketenagakerjaan milik kita & boleh dicetak buat menggantikan andai saja kartu fisiknya hilang atau rusak. Meskipun cuma hasil cetak sendiri berdasarkan kartu digital, tapi fungsi dan kedudukannya tetap sama dengan kartu asli yg diterbitkan kantor BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk sanggup digunakan buat mencairkan dana JHT. Jadi sekarang peserta yg kehilangan kartu BPJS TK nir perlu lagi repot-repot menciptakan surat berita hilang berdasarkan kepolisian.

Baca Juga: Saldo Sudah 0 Kenapa Uang JHT BPJS TK Belum Masuk ke Dalam Rekening Bank?

Dan berikut adalah cara ngeprint kartu digital BPJS Ketenagakerjaan sebagai versi cetak.

Buka aplikasi BPJSTKu.

  1. Masukkan email yang digunakan untuk pendaftaran tadi, masukkan kata sandi akun, lalu klik Login.
  2. Pada halaman utama aplikasi BPJSTKU, klik menu Kartu Digital.
  3. Klik gambar kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Klik sekali lagi gambar kartunya.
  5. Kemudian akan muncul dua pilihan untuk Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan anda, apakah mau dikirim ke email, atau disimpan ke galeri smartphone anda.
  6. Jika dikirim ke email, cek email anda. Di dalam email sudah ada kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan milik anda. Kartunya bisa diunduh dan tersimpan di galeri, atau bisa langsung dicetak jika smartphone anda terhubung dengan printer.
  7. Jika memilih menyimpan kartu digital BPJS ketenagakerjaan di galeri, cek galeri foto di ponsel anda. Setelah itu tinggal dicetak jika punya alat print sendiri. Jika tidak punya silakan mendatangi studio foto, toko komputer atau toko fotokopi untuk diprint di sana.
  8. Pencetakan menggunakan kertas HVS atau kertas foto dan wajib dicetak menggunakan tinta berwarna. Setelah itu biar rapi silahkan digunting sesuai ukuran aslinya dan kalau mau boleh juga dilaminating. Kalaupun tidak dilaminating tidak mengapa, tetap berlaku untuk mengurus klaim dana JHT.

Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi BPJSTKu - Cara Bikin Kartu Digital BPJS TK (Jamsostek) Di Aplikasi BPJSTKu Versi Terbaru

Seperti itulah tutorial mencetak kartu digital BPJS Taman Kanak-kanak yg terdapat di aplikasi BPJSTKU. Intinya buat sanggup cetak kartu digital, kita wajib memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan, dan dalam membuat akun kita perlu data-data kependudukan & data kepesertaan (Nomor KPJ) dalam waktu registrasi. Beruntung bagi peserta yg waktu kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek miliknya hilang atau rusak, sudah mempunyai akun BPJSTK. Sehingga mampu kapan saja mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital yang masih ada pada pada aplikasi BPJSTKU.

Atau, walaupun pada ketika mengalami kehilangan kartu belum punya akun BPJSTK, namun masih tahu atau jangan lupa nomor surat keterangan kartunya, hal ini nir terlalu menjadi masalah. Sebab menggunakan berbekal no referensi atau no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) tersebut, peserta sanggup daftar akun BPJS Ketenagakerjaan lalu mencetak kartu digitalnya sesuai petunjuk yang sudah kami paparkan pada atas.

Yang jadi kasus merupakan saat kartu pesertanya raib namun belum memiliki akun BPJSTK, dan nir tahu atau lupa dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaannya. Kalau demikian kasusnya, kentara anda tidak dapat mendaftar akun BPJSTK, sehingga tidak bisa memanfaatkan layanan kartu digital yg disediakan BPJS ketenagakerjaan. Solusi buat duduk perkara ini tentunya anda harus mencari memahami berapa nomor KPJ anda.

Ada beberapa cara mengetahui nomer KPJ bila kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek anda hilang. Untuk yg masih menjadi peserta aktif yang adalah masih bekerja pada perusahaan, mampu ditanyakan ke HRD atau personalia pada tempat kerja tempat anda bekerja. Perusahaan tentu menyimpan data-data kepesertaan Jamsostek para karyawannya.

Baca Juga: Cara Cepat Cek Saldo JHT Secara Online Via Aplikasi BPJSTKU

Sementara bagi yang status kepesertaannya telah nonaktif, juga mampu ditanyakan ke perusahaan loka anda bekerja dulu. Barangkali mereka masih menyimpan data-data kepesertaan Jamsostek para mantan karyawannya. Akan namun jika anda malas berurusan balik dengan bekas perusahaan, atau setelah konfirmasi ke sana ternyata data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan anda telah tidak terdapat, cara mencari tau no KPJ yang lainnya merupakan menggunakan datang eksklusif ke tempat kerja cabang BPJS Ketenagakerjaan. Dengan membawa berkas-berkas berupa KTP Elektronik, KK (Kartu Keluarga), & paklaring, atau surat pengalaman kerja, atau surat rekomendasi yg dimuntahkan perusahaan pada mana anda bekerja dulu. Seperti itu.

Cetak kartu digital ini juga sanggup dilakukan sang pekerja yang sudah sebagai peserta BPJS Taman Kanak-kanak, tetapi belum jua mendapatkan kartu kepesertaannya. Caranya sama, tanyakan ke tempat kerja perusahaan anda bekerja tentang berapa angka referensi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan anda. Setelah tahu tinggal dicetak sendiri kartunya misalnya cara pada atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *