Cara Cek Saldo JHT BPJS Tk Lewat SMS Ternyata Gampang Banget!

Posted on

Bisa dibilang ini merupakan berita cara cek saldo JHT Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan via SMS modern pada 2019. Sebab dulu di tahun-tahun sebelumnya jua ada cara cek lewat SMS ke nomor 08111009696, yang ternyata sekarang nomor tersebut sudah nir bisa dipakai lagi. Sudah berganti nomor yg baru yaitu 2757.

Cara ini merupakan bagian dari Layanan SMS 2757 yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk semakin mempermudah pesertanya dalam memperoleh beberapa info terkait kepesertaannya. Layanan SMS 2757 meliputi cek status kepesertaan, mengganti nomor telepon yang sebelumnya sudah didaftarkan, layanan ganti PIN, dan juga untuk melihat jumlah saldo JHT seperti yang kita bahas kali ini.

Baca Juga:Cara Terbaru Cek Saldo JHT Lewat Aplikasi BPJSTKU

Cara Cek Saldo JHT BPJS Tk Lewat SMS Ternyata Gampang Banget!

Source: Official Fanpage of BPJS Ketenagakerjaan

Sebenarnya terdapat beberapa cara mengecek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) selain melalui SMS. Antara lain sanggup lewat aplikasi BPJS TK Mobile, sanggup jua dengan cara login ke website BPJS Ketenagakerjaan menggunakan akun BPJS Taman Kanak-kanak anda, cek lewat ATM BNI & BRI, dan sanggup pula dicek langsung menggunakan mendatangi kantor BPJS terdekat. Tapi tentu saja cara cek via SMS yang paling mudah. Mudahnya cara cek saldo JHT via SMS lantaran mampu dilakukan dimana saja tanpa perlu akses internet. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah handphone bahkan hp jadul sekalipun, cukup dengan mengetik pesan:

SALDO spasi No_Peserta

Lalu kirim ke 2757, nanti kita akan mendapat SMS balasan berisi keterangan total saldo JHT.

Tapi buat sanggup menikmati fasilitas cek saldo via SMS tadi, kita harus registrasi/mendaftarkan angka handphone kita terlebih dahulu. Cara pendaftaran pula relatif gampang. Pertama siapkan KTP buat nanti diambil NIK-nya, KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau dianggap jua kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan buat nanti juga diambil angka kepesertaannya. Dan yang kedua ponsel dengan pulsa secukupnya. Karena layanan ini tidak gratis. Dalam sekali SMS akan dikenakan tarif Rp. 165.

Untuk ad interim ini provider yang mendukung layanan cek saldo JHT via SMS ini hanya untuk peserta yang menggunakan kartu SIM Telkomsel (Simpati, Kartu As), Indosat (IM3) dan XL Axiata juga telah bisa.

Baca Juga:Sekarang Tak Perlu Datang Shubuh Supaya Kebagian Nomor Antrian Pencairan JHT di Kantor BPJS Taman Kanak-kanak, Gunakan Saja Layanan Ini

Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(bila terdapat)

Kemudian kirim ke 2757.

Kecuali alamat email, alfabet -huruf jangan lupa diketik dengan memakai alfabet besar (modal). Untuk alamat email silahkan diisi jika Anda memiliki, jika nir terdapat nir dicantumkan tidak apa-apa.

Contoh:

DAFTAR SALDO#1401073010890002#YENNY SUSANTI#30-10-1989#11025697118001#yennysusanti@gmail.Com

Kirim ke 2757

Tunggu hingga terdapat balasan SMS yang memberitahukan bahwa pendaftaran berhasil. Kalau pendaftaran telah sukses, berarti nomer hape sudah mampu digunakan buat cek saldo JHT kapan saja dimana saja tanpa perlu melakukan pendaftaran lagi. Jadi cukup mendaftar sekali, sanggup digunakan buat cek saldo berkali-kali.

Cara kirim SMS pengecekan saldo JHT berformat misalnya ini:

SALDO Spasi NO_PESERTA

Lalu kirim ke 2757

Contoh:

SALDO 11025697118001

Kirim ke 2757

Oh iya, selain via SMS, saldo jht Jamsostek juga bisa dicek dengan mudah lewat ATM BRI, ATM BNI, aplikasi BPJSTK Mobile dan lain-lain. Jadi banyak alternatif yang bisa dicoba. Silahkan baca 6 cara lain untuk cek saldo JHT selengkapnya Di Sini .

Demikianlah cara cek saldo JHT memakai SMS. Praktis dan relatif mudah bukan?

Baca Juga:Cara dan Syarat Terbaru Mencairkan Uang JHT BPJS TK/Jamsostek Tahun 2019

Silahkan dicoba & semoga berhasil. Jika gagal, silakan diulangi secara bersiklus sampai berhasil. Mengingat banyaknya peserta BPJS Taman Kanak-kanak yg menggunakan Layanan SMS 2757 ini, masuk akal apabila terkadang SMS yang dikirim mengalami kegagalan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *