Cara dan Persyaratan Umum Bekerja Menjadi TKI di Korea Selatan

Posted on

Dengan gaji mencapai 30 juta perbulan, ternyata syarat bekerja di Korea tidak terlalu sulit, bahkan cuma lulusan SMP bisa diterima. Syarat-syaratnya selain harus mampu berbahasa Korea dengan baik, calon TKI harus berbadan sehat tanpa riwayat penyakit kronis, memiliki skill yang bagus, dan beberapa persyaratan lain yang nanti akan dibahas secara rinci. Meski persyaratannya cukup banyak tapi sebenarnya tidak terlalu berat, karena lulusan SLTP saja punya kesempatan diterima kerja di sana.

Banyak sekali orang Indonesia yg ingin merantau ke Korea, terutama lantaran gajinya yang menggiurkan lebih tinggi dibanding menjadi TKI pada beberapa negara lainnya. Apalagi dibandingkan menggunakan upah karyawan di pada negeri, jauh banget bedanya! Di tahun 2017 ini, bayaran bekerja pada Korea adalah pada atas 16 juta rupiah, bahkan mampu mencapai 30 juta rupiah perbulan apabila rajin ikut lembur. Dan sanggup jadi pada tahun 2018 nanti ada kenaikan honor . Tentunya Korea yang dimaksud pada sini adalah Korea Selatan, bukan Korea Utara.

Cara Dan Persyaratan Umum Bekerja Menjadi TKI Di Korea Selatan

Jenis-jenis pekerjaan pada Korsel yg mendapat buruh asal Indonesia merupakan sektor perusahaan manufaktur (pabrik), bidang jasa, kontruksi, bidang pertanian & perikanan. Dan hingga waktu ini, jumlah BMI (Buruh Migran Indonesia) yg mengais rezeki pada negara K-POP itu diperkirakan hampir mencapai 70.000 orang.

Baca Juga:Perkiraan Biaya Menjadi TKI ke Korea Mulai dari Pendaftaran Hingga Pemberangkatan

Lalu bagaimana sih cara bekerja di Korea itu?

Hal paling penting teman-sahabat wajib tahu dulu persyaratan primer untuk sanggup bekerja di sana. Syarat-syarat tadi meliputi:

  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun saat mendaftar.
  • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
  • Tidak buta warna
  • Tidak cacat jari atau amputasi
  • Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
  • Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
  • Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
  • Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  • Memiliki nomor rekening tabungan pribadi, disarankan dengan buku tabungan BRI Simpedes TKI. Adapun manfaatnya untuk mempermudah transaksi di dalam negeri dan luar negeri, meliputi proses pendaftaran, Pre Eliminary Education, dan asuransi. Selain itu dengan setoran awal Rp. 10.000 dan tenggat waktu tabungan pasif lebih dari 180 hari.

Itu baru persyaratan awal (umum), jika merasa memenuhi kualifikasi yang disebutkan pada atas, siapapun boleh mencoba peruntungan melamar kerja ke Korea. Setelah itu tentu saja calon TKI masih harus melewati serangkaian test dan ujian buat mengumpulkan poin (nilai). Rekrutmen pekerja yg akan ditempatkan pada Korsel umumnya memakai sistem poin. Ujiannya meliputi ujian membaca, ujian mendengar, test ketrampilan, test ketahanan fisik dan wawancara.

Dan pelamar kerja pada Korea sanggup memperoleh tambahan poin bila mempunyai:

Pengalaman kerja 1 tahun atau lebih di bidang pekerjaan yang akan dilamar.

Sertifikat training kejuruan pada sektor pekerjaan yg akan dilamar, menggunakan lama training 120 jam atau lebih.

Sertifikat nasional atau sertifikat kompetensi yg dimuntahkan sang LSP/BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan sang Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau forum yg diberikan mandat buat itu.

Baca Juga:Ini Dia Syarat-syarat & Cara Daftar Menjadi Agen BRILink Terbaru Tahun 2020

Untuk melamar kerja di Korea sebaiknya melalui jalur BNP2TKI (Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia) pada program Go 2 Go (g2g), yang merupakan jalur resmi milik pemerintah. Dan mayoritas penduduk Indonesia yang merantau di sana memang masuk lewat jalur tersebut.

Cara melamar kerja pada Korea lewat jalur BNP2TKI merupakan menggunakan mendaftar online di website BNP2TKI acara g2g. Dengan catatan memang sedang ada lowongan kerja di Korea. Apabila belum terdapat ya sabar dulu. Lantaran penerimaan kerja di Korea tidak setiap saat ada. Dalam setahun paling cuma sekali 2 kali. Tapi pada setiap kali terdapat lowongan, yg diperlukan mampu ratusan sampai ribuan karyawan.

Inilah situsnya:

http://www.G2g.Bnp2tki.Go.Id

Silakan meng-upload Persyaratan Dokumen berupa:

  1. Scan KTP yang masih aktif.
  2. Scan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun (jika ada).
  3. Scan pasfoto terbaru berukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih (terlihat dahi, telinga, diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).
  4. Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  5. Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.

Setelah melakukan pra-registrasi online, masih poly tahap yg wajib ditempuh sebelum benar-sahih diberangkatkan ke Korea. Misalnya membayar porto registrasi, mengikuti ujian, test ketrampilan, wawancara dan lain-lain. Tinggal ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh BNP2TKI.

Demikianlah persyaratan generik sebagai BMI (Buruh Migran Indonesia) ke Korea Selatan. Ini hanya sekedar gambaran generik saja, lantaran ketika ini belum ada lagi lowongan kerja ke Korea, jadi kami pula belum bisa menyebutkan secara rinci. Karena caranya akan selalu sedikit tidak sama pada setiap tahunnya, (contohnya tempat ujian dan jadwal ujian). Juga tergantung sektor pekerjaan yang sedang ditawarkan.

Baca Juga:Beginilah Tahap Demi Tahap Jadi TKI Ke Korea, Mulai Awal Hingga Diberangkatkan Dan Mulai Bekerja Di Sana

Biasanya pada awal-athun baru akan ada keterangan lowongan kerja ke Korea berdasarkan BNP2TKI. Kita tunggu saja di tahun 2019 ini. Bagi teman-sahabat yang berminat bekerja di negeri Ginseng tersebut, ditunggu saja sembari terus memperdalam kemampuan berbahasa Korea & mengasah skill dalam bidang pekerjaan yg akan dilamar nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *