Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

Posted on

Cara mendaftar akun aplikasi BPJSTKU 2018 adalah topik yang akan blog janganganggur.blogspot.com bahas kali ini. Karena memang baru di tahun 2018 ini aplikasi BPJSTKU mulai diberlakukan menggantikan aplikasi BPJSTK Mobile yang sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi.

Di artikel ini kita hanya akan membahas mengenai rapikan cara registrasi akun BPJSTKU buat peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah/bekerja dalam pihak lain/karyawan perusahaan. Untuk diketahui, pelaksanaan BPJSTKU ini sangat tidak sinkron menggunakan pelaksanaan sebelumnya. Dulu saat masih BPJSTK Mobile, aplikasinya hanya diperuntukkan bagi peserta BPJS Taman Kanak-kanak yang berstatus karyawan perusahaan pada pada negeri saja.

Tetapi sekarang sehabis adanya pembaharuan dan berubah nama menjadi BPJSTKU, aplikasi ini mampu dipakai oleh semua peserta BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan kalangan mana saja. Baik pekerja perusahaan (Penerima Upah), pekerja mandiri (Bukan Penerima Upah), sampai pekerja migran Indonesia alias TKI di luar negeri.

Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

Untuk memulai memakai aplikasi BPJSTKU, silakan download dulu aplikasinya pada Google Playstore, kemudian instal pada handphone Android milik sahabat-teman. Dan sebenarnya, tanpa menciptakan akun pun kita telah bisa menikmati beberapa fitur misalnya baca-baca keterangan seputar BPJS TK, fakta alamat-alamat kantor cabang, informasi bonus-bonus khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, & beberapa sajian lainnya.

Baca Juga:Cara Mengatasi Lupa PIN/Password pada Akun Aplikasi BPJSTKU

Tapi kita wajib melakukan registrasi terlebih dahulu agar memperoleh semua manfaat aplikasi BPJSTKU secara full. Seperti Cek Saldo JHT, Informasi Rincian Saldo JHT, menghitung simulasi saldo JHT, informasi kepesertaan, unggah foto profil pribadi, dan beberapa manfaat tambahan lainnya. Tinggal meng-klik klik fitur-fitur yang telah disediakan. Dan walaupun belum bisa digunakan, mungkin masih dalam tahap pengembangan, di aplikasi BPJSTKU juga terdapat menu klim JHT secara online. Sungguh menyenangkan jika nanti kita benar-benar bisa mengajukan pencairan dana JHT melalui aplikasi BPJSTKU.

Oh iya, jika sebelumnya kita sudah pernah registrasi akun BPJS TK di website BPJS Ketenagakerjaan baik lewat browser di smartphone maupun di komputer (laptop), atau dulu sudah daftar akun menggunakan aplikasi BPJSTK MOBILE, kita bisa langsung menggunakan aplikasi BPJSTKU. Tidak perlu registrasi lagi. Karena itu artinya kita sudah memiliki akun. Tinggal Log In menggunakan email dan PIN yang waktu itu digunakan untuk mendaftar.

Tapi nir perlu risi bagi yg belum pernah mendaftar dan belum mempunyai akun, karena kita sanggup pendaftaran eksklusif lewat pelaksanaan BPJSTKU yg telah diunduh tersebut. Sebelum memulai proses pembuatan akun, angan lupa siapkan barang-barang berikut adalah:

  • KTP untuk diambil Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Peserta Penerima Upah untuk diambil nomor kepesertaannya.
  • Email pribadi aktif dan masih bisa diakses.
  • Nomor handphone pribadi yang aktif.

MOHON PERHATIAN!

Mengingat BPJS Ketenagakerjaan terus berinovasi menyebarkan aplikasi BPJSTKU ini agar semakin lebih gampang digunakan dan warta yg diberikan lebih lengkap, sahabat-sahabat jangan resah saat nanti membuka tampilan aplikasinya tidak sama menggunakan yang ada pada gambar pada artikel ini. Karena terus diperbarui, maka tampilan pelaksanaan BPJSTKU kemungkinan akbar juga akan terus mengalami perubahan semakin lebih baik & ringan. Tapi nir perlu khawatir, meski tampilannya tidak selaras menggunakan yang terdapat di artikel ini, cara pendaftaran & data-data yg diinput/dimasukkan waktu pendaftaran permanen sama dengan yg kami jelaskan dalam artikel ini.

Dan berikut  langkah-langkah  membuat akun aplikasi BPJSTKU:

1. Buka Aplikasi BPJSTKU. Klik pada menu Profile yang terletak di sudut kanan bawah (dilingkari merah). Setelah itu akan ada pemberitahuan yang bunyinya: Perhatian. Layanan ini khusus untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, silahkan Login jika sudah memiliki akun atau lengkapi data kepesertaan Anda untuk dapat mengakses layanan ini. Klik saja pada LANJUTKAN.

Tampilan beranda Aplikasi BPJSTKU - Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

2. Karena kita baru akan membuat akun, tentu saja yang diklik adalah Buat Akun.

Cara Login ke aplikasi BPJSTKU - Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

3. Masukkan Nama lengkap dan alamat e-mail kita. Nanti kita akan dikirimi kode verifikasi ke email tersebut. Email tersebut juga yang nantinya menjadi username kita untuk log in aplikasi BPJSTKU. Selanjutnya klik SELANJUTNYA.

Cara Mendaftar akun aplikasi BPJSTKU - Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

4. Sampailah pada termin pembuktian email. Periksa kotak email yg kita pakai mendaftar tersebut. Akan terdapat kiriman kode menurut BPJS Ketenagakerjaan berupa enam dikit angka. Hal ini buat memastikan bahwa email tersebut merupakan benar email kita & nir disalahgunakan oleh pihak yg nir berkepentingan.

Baca Juga:Cara Mengatasi Akun BPJSTKU Yang Tak Bisa Login Akibat Lupa Nama Email Dan Password E-MAIL

5. Kembali ke aplikasi BPJSTKU. Masukkan kode verifikasi yang kita terima via email tadi. Lalu klik VERIFIKASI.

Foto petunjuk Pendaftaran akun BPJSTKU - Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

6. Masukkan PIN berupa angka-angka maksimal 6 digit. Masukkan sekali lagi PIN tersebut untuk konfirmasi, tentunya angkanya harus sama biar berhasil. Guna PIN ini nanti untuk Log In ke aplikasi BPJSTKU. Jika email sebagai username, maka PIN ini fungsinya sebagai password. Kalau sudah klik SELANJUTNYA.

Gambar petunjuk Daftar akun BPJSTKU BPJS Ketenagakerjaan - Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

7. Selanjutnya konfirmasi kepesertaan. Akan ada pertanyaan Apakah Anda peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki Nomor KPJ serta memiliki KTP Elektronik? Klik saja pada kotak jawaban YA, SAYA PESERTA.

Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

8. Tahap selanjutnya adalah memasukkan nama kita. Ingat, nama yang dimasukkan harus nama lengkap yang sesuai dengan yang ada di e-KTP. Setelah itu klik SELANJUTNYA.

Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

9. Masukkan tanggal bulan tahun kelahiran kita. Tanggal lahir yang diinput juga harus sesuai dengan yang tercantum di KTP Elektronik. Kalau sudah klik SELANJUTNYA.

Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

10. Masukkan nomor KTP alias Nomor Induk Kependudukan (NIK) kita. Pastikan NIK yang kita masukkan sama dengan yang tertera di KTP. Jangan kurang atau salah satu angka pun. Lalu klik SELANJUTNYA.

Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

11. Masukan no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau kalau sekarang disebut nomor Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Klik SELANJUTNYA.

Daftar akun BPJSTKU BPJS Ketenagakerjaan - Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

Baca Juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan

12. Masukkan nomer handphone kita. Nomor hape yang diinput wajib no hp yang masih aktif dan milik kita sendiri. Karena nantinya nomer HP ini akan digunakan untuk konfirmasi seandainya kita lupa PIN akun BPJSTKU. Setelah itu klik SELANJUTNYA.

Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU Untuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah

13. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke angka handphone kita. Terakhir klik LANJUTKAN.

Setelah itu tinggal menunggu beberapa waktu menunggu pendaftaran akun kita diproses. Jika data-data yg diinput tersebut benar semua & cocok menggunakan data-data kependudukan yang sudah tersimpan di database BPJS Ketenagakerjaan, dijamin registrasi akun akan berhasil 100%. Tapi jika ada keliru satu data saja yg tidak cocok, registrasi otomatis akan ditolak oleh sistem. Dan ada notifikasi data mana yg tidak cocok. Silakan mengulang registrasi menggunakan lebih cermat & diteliti, siapa memahami tadi terdapat nomor yg kurang atau keliru. Seperti itu.

Cara daftar akun BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU versi terbaru silahkan Klik Disini.

Demikian prosedur & persyaratan menciptakan akun BPJS TK bagi peserta penerima upah sebagai kondisi buat bisa menggunakan pelaksanaan BPJSTKU secara full. Semoga keterangan ini berguna terutama bagi sahabat-sahabat yang masih resah bagaimana cara daftar akun BPJSTKU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *