Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Asli Yang Hilang

Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Asli Yang Hilang

Posted on

Kali ini kami akan bahas bagaimana cara mencetak mandiri kartu kepesertaan BPJS TK menggunakan layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan untuk menggantikan seandainya kartu kepesertaan yang asli hilang atau rusak. Artikel ini merupakan kelanjutan atau update terbaru seputar kartu online BPJS TK yang sudah kami bahas beberapa waktu lalu ketika layanan ini baru diluncurkan. Namun di artikel sebelumnya tersebut kami lebih banyak membahas manfaat dan kegunaannya secara digital, ketika kartunya masih berupa file di dalam smartphone. Nah, di tulisan kali ini kami akan mengupas bagaimana mencetak kartu digital tersebut menjadi kartu fisik, sebagai ganti apabila kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan yang asli hilang, rusak, atau belum diberikan oleh pihak perusahaan.

Tentunya, menjadi pekerja yang ikut program iuran pertanggungan sosial BPJS Ketenagakerjaan, kita perlu memiliki kartu kepesertaan BPJSTK atau seringkali jua diklaim KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). Selain sebagai bukti otentik bahwa kita memang sahih-sahih peserta BPJS Ketenagakerjaan, adanya KPJ jua sangat krusial buat aneka macam keperluan terkait kepesertaan. Misalnya ketika mencari fakta jumlah saldo uang tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) secara pribadi pada tempat kerja BPJS Taman Kanak-kanak, kita wajib menyodorkan KPJ. Mau cek saldo JHT lewat SMS jua memerlukan KPJ buat dilihat nomornya. Begitupun saat mau membuat akun BPJSTK, juga perlu kartu BPJS Ketenagakerjaan buat dimasukkan nomer referensinya.

Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Asli Yang Hilang Contoh Kartu digital BPJS ketenagakerjaan

Apalagi kini ini BPJS Ketenagakerjaan jua berhubungan menggunakan sentra perbelanjaan, restoran, penginapan, & berbagai merchant-merchant lainnya. Bentuk kerjasamanya adalah menggunakan menaruh bonus khusus bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Nah buat membuktikan bahwa kita peserta BPJS TK (Jamsostek) supaya dapat bonus, kita harus menerangkan kartu kepesertaannya saat bertransaksi.

Dan yg paling penting, kartu BPJS Ketenagakerjaan merupakan keliru satu berkas wajib yang harus disertakan waktu mengurus pencairan dana JHT. Tanpa melampirkan KPJ, uang JHT tidak akan sanggup cair hingga kapanpun!

Baca Juga: Cara Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan Dana JHT Secara Langsung di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Lalu bagaimana jikalau sebelumnya telah punya kartu BPJS Ketenagakerjaan tapi lalu ilang atau rusak? Yah namanya juga manusia, kadang jikalau kena apes sanggup saja kartunya hilang kena copet, jatuh, lupa nyimpan dimana, patah, terbakar & sebagainya. Atau terkadang terdapat pula sudah bertahun-tahun bekerja akan tetapi kartunya belum diberikan sang pihak perusahaan.

Nah buat menyikapi hal-hal tersebut, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK)/Jamsostek telah meluncurkan sistem layanan kartu elektro atau kartu digital BPJS Ketenagakerjaan. Banyak kemudahan & laba yang bisa peserta peroleh menurut kartu digital tersebut. Antara lain:

  • Kartu lebih cepat diterima karena langsung dikirimkan melalui email peserta setelah terdaftar.
  • Keamanan data peserta lebih terjaga karena  sudah menggunkaan QR Code, serta informatif untuk melakukan cek saldo JHT, status peserta/data penting lainnya.
  • Memiliki fungsi penggunaan yang sama dengan kartu fisik bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Antara lain berfungsi sebagai Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).
  • Bisa diakses melalui aplikasi mobile BPJSTKU, SIPP Online dan website resmi BPJS Ketenagakerjaan, sehingga tidak perlu takut kartu hilang atau rusak.
  • Peserta dapat merasakan berbagai macam keunggulan manfaat lainnya saat bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Lantaran kegunaannya sama persis menggunakan kartu fisik, jadinya kartu elektronika BPJS Ketenagakerjaan ini jua sanggup dipakai buat merogoh uang JHT. Tapi tentunya kartu digital tersebut harus diprint atau dicetak dulu ke pada bentuk kertas, mampu kertas foto atau pun kertas HVS.

Tentunya ini adalah kabar gembira bagi peserta BPJS Taman Kanak-kanak yg nir memegang kartu kepesertaannya entah karena raib atau rusak. Baik peserta yg masih aktif maupun peserta yg telah nonaktif. Dulu sebelum terdapat layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan ini, bagi peserta aktif yg kehilangan kartu KPJ-nya dan ingin mendapat kartu pengganti, harus ke kantor cabang dulu dengan membawa KTP, KK, Surat Pengantar berdasarkan perusahaan, & pula Surat kehilangan menurut kepolisian yg di dalamnya wajib mencantumkan nomor KPJ, perusahaan tempat bekerja, dan lokasi & saat kehilangan kartu.

Sementara bagi yang status kepesertaannya sudah non aktif alias sudah tidak bekerja lagi, bila kehilangan kartu peserta, tidak bisa meminta dibuatkan kartu yg baru sebagai ganti kartu yg hilang. Untuk peserta yang sudah nir aktif ini, jikalau ingin mencairkan uang JHT, relatif membuat surat kehilangan berdasarkan pihak kepolisian yg jua wajib mencantumkan nomor KPJ, perusahaan loka bekerja, dan lokasi dan waktu kehilangan kartu di pada surat fakta hilang tadi.

Baca Juga: Cara Mengganti No HP Pada Aplikasi BPJSTKU dan Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan

Tapi itu dulu. Kalau sekarang, menggunakan adanya acara kartu elektronika BPJS Taman Kanak-kanak, kita bisa menduplikasi sendiri kartu fisik BPJS TK menggunakan cara mencetak kartu digital milik kita. Dan itu syah.

Cara ngeprint atau mencetak sendiri kartu digital BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah. Kita tinggal login ke aplikasi BPJSTKu menggunakan akun BPJSTK milik kita. Kalau belum punya akun silakan membuat dulu sebentar. Cara membuat akun BPJSTK juga cukup gampang dan tidak lama. Silahkan baca artikel panduan lengkap membuat akun BPJSTKu Di Sini .

Setelah berhasil masuk ke akun BPJSTKU, langsung saja klik menu ‘profil‘ yang terletak di sudut kanan bawah. Setelah itu di layar aplikasi akan terpampang informasi biodata kita mulai dari nama lengkap, NIK, tempat lahir dan lain-lain.

Di halaman tersebut juga ada 3 navigasi pilihan yaitu PROFIL, PENGATURAN dan KARTU. Langsung saja klik KARTU. Setelah itu langsung saja klik LIHAT. Dan setelah itu layar akan memperlihatkan kartu digital (elektronik) BPJS Ketenagakerjaan milik kita. Di halaman ini juga ada tiga lambang navigasi pilihan yaitu Download Kartu, Kirim Kartu via Email dan Preview.

Karena tujuan kita mau mencetak kartu digital tersebut, pilih saja download buat mengunduh filenya. Kalau kartu digital BPJS TK milik kita sudah terunduh dan tersimpan pada galeri hape, langkah selanjutnya kita tinggal mencetaknya ke pada bentuk kertas. Kalau tidak punya printer sendiri mampu ke toko alat tulis atau percetakan foto.

Oh iya untuk mencetaknya, selain dengan didownload,  kartu digital BPJS ketenagakerjaan boleh juga dengan cara klik preview, kemudian setelah gambar kartunya terlihat silahkan di-screenshoot atau di-capture. Kemudian hasil screenshoot tersebut yang dicetak. Hal ini untuk solusi siapa tahu pengunduhan gagal, atau ketika mau download sinyal internetnya gangguan, jadi bisa dengan diskrinsyut saja.

Silahkan cetak sinkron berukuran aslinya & relatif bagian mukanya saja yang diprint. Tidak perlu dicetak bolak-pulang. Kalau telah jadi dalam bentuk kertas, kartu tadi mampu dipakai seperti kartu aslinya, termasuk digunakan buat mengurus pencairan dana JHT. Praktis sekali bukan? Jadi sekarang bila seumpamanya kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kita hilang ataupun rusak, kita nir perlu lagi ribet membuat surat kehilangan dari kepolisian. Kita bisa mencetak sendiri memakai layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga:Cara Bikin Kartu Digital BPJS Taman Kanak-kanak (Jamsostek) Di Aplikasi BPJSTKu Versi Terbaru Tahun 2019

Intinya untuk mencetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan kita perlu memiliki akun BPJSTKU. Dan bagi yang belum punya, dalam membuat akun BPJSTKU kita wajib memasukkan no KPJ atau no kepesertaan atau sering disebut juga nomor referensi. Silahkan baca artikel kami tentang Cara Mengetahui Nomor Referensi Kartu BPJS Ketenagakerjaan .

Jadi jika kartu peserta BPJS TK kita hilang, kita wajib masih jangan lupa angka kepesertaan pada kartu yg hilang tersebut. Seandainya lupa, jika masih aktif bekerja kita bisa menanyakan no KPJ kita ke HRD perusahaan tempat kita bekerja. Sedangkan jika sudah nir aktif bekerja, pengecekan nomor kepesertaan harus melalui tempat kerja cabang terdekat dengan membawa KTP, KK dan paklaring dari perusahaan. Jika telah mengetahui nomor kepesertaannya silakan pendaftaran akun BPJSTKu buat dapat mencetak kartu digital.

Demikianlah cara mencetak berdikari kartu digital BPJS TK untuk menggantikan bila kartu yang orisinil rusak atau hilang. Terima kasih telah membaca & tunggu artikel-artikel ketenagakerjaan kami selanjutnya. Dan satu lagi, selain dicetak sendiri, kartu digital jua bisa pula dicetak oleh HRD perusahaan loka kita bekerja melalui pelaksanaan SIPP Online yang sudah dibekali kepada setiap perusahaan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *