Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted on

Bagi yg belum memahami bagaimana cara melihat nomer referensi kepesertaan BPJS TK, kali ini kita akan coba membahas kasus tersebut. Walaupun sebenarnya sangat mudah, akan tetapi kami yakin masih ada rekan-rekan peserta program badan proteksi agunan sosial tenaga kerja (bpjstk) yang belum paham misalnya apa cara mengecek no KPJ. Karena biasanya jika sedang nggak butuh, kita nir terlalu peduli menggunakan berapa dan dimana letak nomor surat keterangan dalam kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan milik kita.

Kita niscaya akan membutuhkan nomor KPJ buat banyak sekali keperluan dan kepentingan terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya waktu mau daftar layanan SMS 2757, buat membuat akun pada pelaksanaan BPJSTK Mobile, buat dicantumkan di surat liputan kehilangan dari kepolisian seumpama kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan kita hilang.

Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Dan BPJS Ketenagakerjaan

UPDATE! :Cara Terbaru 2020 Mencairkan JHT BPJS TK pada Tengah Wabah Virus Corona

Ketika kita mengajukan pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT) baik yang sebanyak 10%, 30% atau 100%, kita wajib menuliskan nomor kepesertaan kita di pada formulir. Dan berbagai keperluan administrasi lain-lainnya yg herbi BPJS Taman Kanak-kanak. Pendek kata, sangat penting bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan buat memahami berapa nomor referensinya.

Ada sedikit perbedaan nomor referensi antara kartu Jamsostek & kartu BPJS ketenagakerjaan. Sebagaimana kita ketahui, Badan Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS Taman Kanak-kanak) yg kita kenal sekarang ini dulunya bernama Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Jadi untuk peserta lama sewaktu lembaga tadi masih bernama Jamsostek, kartunya masih bernama KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). Sementara peserta-peserta yg kini kartunya telah berupa kartu BPJS TK menggunakan logo yang baru.

Nomor referensi baik di KPJ maupun kartu BPJS Ketenagakerjaan sama-sama berisi 11 digit. Namun bedanya, bila pada kartu Jamsostek model usang sebelas digit tersebut selain berisi nomor -nomor terkadang terselip alfabet . Seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) model lama. - Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Dan BPJS Ketenagakerjaan

Sementara angka surat keterangan dalam kartu BPJS Ketenagakerjaan, 11 digit isinya adalah nomor semua. Foto atau gambar contoh no surat keterangan kartu BPJS Ketenagakerjaan merupakan misalnya yang dikotaki merah pada bawah ini.

Untuk kartu BPJS Ketenagakerjaan model baru, selain mencantumkan nomor kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak juga mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). No kepesertaannya terletak sempurna di bawah NIK. Ada jua kartu BPJS Ketenagakerjaan khusus buat acara Jaminan Pensiun (JP), yang mana nomer referensinya ditambah tiga digit angka nol di belakang angka. Jadi contohnya no BPJS Ketenagakerjaan JHT 12345678901, maka no BPJS Ketenagakerjaan JP adalah 12345678901 000.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan model baru - Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Dan BPJS Ketenagakerjaan

Seperti itulah cara mengetahui no surat keterangan yg terdapat pada kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga:Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Asli Yang Hilang

Lalu bagaimana cara cek nomor referensi jika KPJ (kartu peserta Jamsostek) atau kartu BPJS Ketenagakerjaan kita hilang?

Caranya mampu ditanyakan ke HRD perusahaan tempat kita bekerja, sebaiknya sekaligus sembari meminta surat berita bahwa kita masih aktif bekerja agar kita mampu meminta pengganti kartu yg hilang tersebut. Atau apabila status kita sudah nir bekerja pada perusahaan tadi, kita bisa meminta surat keterangan bahwa kita pernah bekerja pada perusahaan tersebut, untuk dilampirkan saat nanti menciptakan surat kehilangan berdasarkan kepolisian, yg merupakan kondisi klaim JHT jika kartu kepesertaan BPJSTK hilang.

Selain itu terkadang terdapat jua kasus pada mana sampai kita berhenti bekerja, perusahaan masih menunda atau nir pernah menaruh kartu peserta BPJS Taman Kanak-kanak pada kita. Setiap kita berusaha menanyakan, pihak perusahaan nir memberikan jawaban yang memuaskan bahkan berbelit-belit banyak alasan! Kalau seperti itu apakah kita mampu mengecek no referensi kartu BPJS Ketenagakerjaan kita?

Jawabannya adalah bisa. Caranya yaitu dengan mendatangi tempat kerja BPJS TK terdaftar, menggunakan membawa berkas-berkas berupa E-KTP, Kartu Keluarga (KK) & Paklaring. Asalkan perusahaan benar-sahih telah mendaftarkan kita ke acara-acara BPJS Ketenagakerjaan, pasti nomor referensi kepesertaan BPJS TK kita terlacak. Jika tidak ada, berarti perusahaan nir pernah mendaftarkan kita menjadi peserta Jamsostek/BPJS Taman Kanak-kanak.

Baca Juga:Bagaimana Cara Agar Kebagian Nomor Antrian Online Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan?

Cara mengetahui berapa nomer surat keterangan Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan ini hanya berlaku buat peserta yang statusnya bekerja dalam pihak lain contohnya kerja pada perusahaan, koperasi, lembaga, majikan, CV, PT dan lain sebagainya. Artinya kita menerima honor atau upah menurut pihak lain.

Sementara untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan dari sektor BPU (Bukan Penerima Upah) alias peserta-peserta BPJSTK mandiri seperti pedagang, tukang ojek pengkolan, petani, nelayan, youtuber, penulis lepas dan lain sebagainya, tidak perlu melakukan pengecekan no KPJ. Karena untuk peserta BPJS TK mandiri bukan penerima upah (BPU) tidak memiliki nomor referensi. Nomer yang tercantum di kartu BPJS TK untuk peserta-peserta BPU adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor sama dengan no yang terdapat di KTP elektronik dan KK.

Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU (Bukan Penerima Upah) - Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Dan BPJS Ketenagakerjaan

Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU (Bukan Penerima Upah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *