Cara Menggabungkan Saldo JHT Jamsostek Dari 2 Kartu BPJS TK Atau Lebih

Posted on

Membahas tentang bagaimana cara menggabungkan semua saldo JHT dari beberapa kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek). Jika Anda peserta bpjs  tk aktif dan memiliki kartu peserta lebih dari satu dari perusahaan-perusahaan sebelumnya, entah itu 2, 3 atau 4 kartu dan seterusnya, sangat disarankan untuk menyatukan seluruh saldo uang jaminan hari tua yang terbagi-bagi dalam beberapa kartu tersebut.

Proses penggabungan saldo JHT biasa dianggap amalgamasi. Dan ini penting, agar nanti waktu semua tabungan JHT tersebut akan kita cairkan, kita nir repot lagi membawa paklaring sebesar kartu BPJS Taman Kanak-kanak yang kita miliki. Cukup membawa Paklaring menurut PT yg terakhir.

Cara Menggabungkan Saldo JHT Jamsostek Dari 2 Kartu BPJS TK Atau Lebih

Dan pula jikalau saldonya tidak digabungkan, kita tidak mampu mengecek jumlah saldo JHT secara holistik. Kita terpaksa harus cek satu persatu. Kalau misalnya mau ngecek saldo lewat SMS, Aplikasi BPJSTK MOBILE, lewat ATM, kita wajib mendaftarkan satu persatu semua KPJ kita, & itu berarti kita wajib mempunyai banyak angka handphone dan email. Lantaran satu no hp dan satu email hanya boleh dikaitkan menggunakan satu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, baik itu buat membuat akun BPJSTK atau untuk mendaftar layanan SMS 2757. Jadi tentunya sangat bikin capek.

Baca Juga:Cara Mendaftar Antrian Online Untuk Pencairan Dana JHT pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek

Tapi penggabungan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan ini hanya sanggup dilakukan jika status kita masih peserta aktif, artinya kita masih berstatus karyawan di suatu perusahaan. Kalau posisi kita telah resign & belum bekerja lagi, saldo nir perlu diamalgasikan, kalau mau mampu langsung melakukan pengajuan pencairan saja.

Penyebab seorang memiliki poly kartu Jamsostek tentu lantaran orang yg bersangkutan acapkali berpindah-pindah loka kerja, lalu pada setiap perusahaan diberikan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan menggunakan nomor kepesertaan yg berbeda-beda. Dan lantaran masing-masing kartu memiliki saldo sendiri-sendiri, maka saldo-saldo tersebut perlu digabungkan supaya gampang dicek dan mudah pula waktu nanti akan dicairkan.

Lalu bagaimana langkah-langkah menggabungkan atau meng-amalgamasi saldo-saldo berdasarkan beberapa kartu tersebut?

Langkah pertama siapkan dokumen-dokumen persyaratan yg dibutuhkan buat penggabungan saldo, yaitu:

  1. Semua KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS TK yang saldonya akan digabungkan atau diamalgasikan.
  2. Fotokopi Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Fotokopi KTP.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  5. Paklaring atau surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan-perusahaan sebelumnya.

Setelah semua berkas lengkap, silahkan mendatangi HRD perusahaan tempat Anda bekerja yang sekarang. Nanti pihak perusahaan yg akan mengurus penggabungan saldo JHT Anda di kantor BPJS TK. Anda tinggal terima beres.

Baca Juga:Cara Mencairkan Saldo JHT Dari Beberapa Kartu Sekaligus

Atau apabila nir ingin bikin capek perusahaan, kita mampu mengurus sendiri menggunakan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdaftar. Maksudnya adalah tempat kerja BPJS TK yg mengeluarkan kartu peserta kita yg masih aktif, alias kartu BPJS TK pada perusahaan loka kerja yg kini . Dengan membawa berkas-berkas persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Seperti itu saja langkah-langkahnya. Cukup mudah bukan?

Demikian fakta kami kali ini. Semoga mampu membantu sahabat-sahabat yang sedang mencari tata cara bagaimana menggabungkan seluruh saldo JHT BPJS Taman Kanak-kanak dari beberapa kartu ke dalam satu kartu. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *