Cara Mengganti No HP Pada Aplikasi BPJSTKU dan Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan

Posted on

Kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengganti angka handphone pada akun pelaksanaan BPJSTKU (aplikasi pengganti BPJSTK Mobile), termasuk jua cara merubah nomer henpon yang kita gunakan untuk Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek.

Tentunya memiliki nomer HP pribadi yang valid dan masih aktif mutlak diperlukan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin memperoleh berbagai layanan BPJS TK online. Misalnya ketika membuat akun BPJS TK, kita wajib mensubmit nomor henpon untuk aktivasi. Baik akun yang dibuat melalui layanan E-Service pada Website BPJS Ketenagakerjaan , maupun yang dibuat lewat Aplikasi BPJSTKU di smartphone android, semuanya membutuhkan nomor henpon untuk aktivasi.

Selain buat aktivasi, nomer HP yg kita submit tersebut juga bermanfaat untuk mereset PIN sewaktu-waktu kita lupa menggunakan PIN atau password buat login ke akun BPJS Ketenagakerjaan kita. Maka berdasarkan itu, diperlukan no hape aktif & valid milik eksklusif, bukan menggunakan angka hp orang lain.

Cara Mengganti No HP Pada Aplikasi BPJSTKU Dan Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan

Untuk diketahui, akun BPJSTK sendiri mampu digunakan buat cek saldo JHT lewat internet, mengetahui rincian saldo, melihat berbagai acara BPJS Ketenagakerjaan, & banyak sekali fitur lainnya. Dan yg paling penting dan ketika ini semakin banyak dimanfaatkan peserta, yaitu buat mengajukan pencairan JHT secara online melalui e-Klaim JHT. Tanpa akun BPJS Taman Kanak-kanak, peserta nir akan bisa klaim saldo JHT-nya secara on-line.

Baca Juga: Cara Mencairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Untuk Karyawan Yang Masih Bekerja

Kemudian Layanan SMS BPJS Ketenagakerjaan 2757, -yg terdiri atas beberapa layanan seperti cek saldo JHT, ganti PIN & cek status kepesertaan masih aktif atau sudah nonaktif-, jua memerlukan no hape buat pendaftaran , lalu juga buat terus menggunakannya. Sebenarnya hal seperti ini tidak perlu penjelasan mendetail. Sebab namanya saja sudah layanan via SMS, tentu saja membutuhkan nomor telepon seluler yang masih hidup untuk mampu menjalankannya.

Lalu bagaimana bila nomer handphone yang kita gunakan buat pendaftaran telah non aktif, misalnya karena lupa isi ulang pulsa sehingga tau-tau nomernya sudah mati. Atau ponsel kita hilang. Atau kartu SIM hp kita rusak atau diblokir. Atau kita memang ingin membuang no yang usang dan ganti no hape menggunakan angka yg baru. Bisakah kita pendaftaran Layanan SMS 2757 atau menciptakan akun BPJS TK lagi menggunakan nomor yg baru?

Jawabannya adalah tidak!

Apabila no KPJ/angka surat keterangan kartu BPJS ketenagakerjaan sudah pernah kita daftarkan dalam Layanan SMS 2757, kita tidak akan mampu registrasi lagi. Maka buat permanen bisa menggunakan Layanan SMS 2757 kita cukup merubah no lama (nomer yg kita pakai buat registrasi) menggunakan no yang baru. Caranya gampang yaitu menggunakan mengirim SMS ke 2757 menggunakan format:

DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)NO_HP_Baru#NO_HP_LAMA#NO_KTP

Kirim ke 2757

Contoh:

DAFTAR GANTI 081213141516#085857565554#1401073010890002

Kirim ke 2757

Selain lewat SMS, cara merubah nomer HP dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan jua sanggup melalui aplikasi BPJSTKU & website BPJS Taman Kanak-kanak. Caranya log in ke akun kita, kemudian masuk ke sajian profile, pengaturan kemudian ganti angka handphone dengan memasukkan nomer hp yang usang menggunakan no henpon yg baru.

Gampang kan?

Nah, yg jadi masalah bagaimana apabila kita lupa nir ingat dengan angka hp usang kita?

Karena mekanisme penggantian no handphone harus memasukkan no henpon yg lawas, mau tidak mau kita wajib mencari memahami angka handphone lama kita tadi. Mungkin mampu menggunakan cara bertanya pada teman-teman atau sanak saudara yang barangkali masih ingat atau menyimpan no usang kita.

Atau bisa eksklusif menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan melalui telepon pada angka (021) 1500910, sanggup jua menggunakan kirim pesan lewat Official Facebook atau Twitter resmi BPJS Ketenagakerjaan. Layanan aduan baik lewat telepon juga sosmed ini buka setiap hari berdasarkan pukul 07.00 sampai pukul 22.00 WIB. Silakan sampaikan keluhan bahwa kita ingin mengganti angka handphone dalam akun BPJS TK atau Layanan SMS 2757, tapi kita lupa menggunakan angka hp kita yang usang.

Baca Juga:Cara Mengatasi Akun BPJSTKU Yang Tak Bisa Login Akibat Lupa Nama Email Dan Password E-MAIL

Biasanya nanti kita akan dimintai data-data kepesertaan misalnya nama lengkap, nama ibu kandung, nomor surat keterangan/no KPJ, NIK/angka EKTP, & loka lepas lahir. Gunanya buat melacak akun BPJS Ketenagakerjaan kita buat lalu dicek seluruh data-data kita termasuk nomor hp usang yg pernah kita tambahkan.

Kalau sudah menerima no hape yang usang, selanjutnya kita tinggal melaksanakan proses perubahan nomor yang petunjuknya telah dijelaskan pada atas.

Seperti itulah caranya ganti nomor henpon yg lama dengan no hp yang baru pada akun aplikasi BPJSTKU juga dalam Layanan SMS 2757 BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa menjadi solusi bagi sahabat-teman yang sedang galau bagaimana langkah-langkah merubah no hp dalam layanan online BPJS Taman Kanak-kanak. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *