Cara Mengurus Kehilangan Kartu Peserta BPJS TK/Jamsostek Agar Dibuatkan yang Baru

Posted on

Tak usah risi jika kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Anda hilang, karena terdapat cara menerima pengganti kartu peserta BPJS TK yg hilang tadi dengan kartu yg baru. Tapi meskipun baru, kartu pengganti itu nantinya adalah diduplikasi dari kartu yg dinyatakan hilang. Jadi lantaran duplikat, data-data pada pada kartu baru tetap sama menggunakan kartu yang usang, termasuk angka angka referensinya.

Cara Mengurus Kehilangan Kartu Peserta BPJS TK/Jamsostek Agar Dibuatkan Yang Baru

Mungkin lantaran kita teledor dan sembarangan menyimpan, sehingga pada saat diharapkan kartu peserta BPJS TK kita memahami-memahami hilang entah kemana. Sudah dicari-cari tidak pula ketemu.

Bisa juga hilang bersama kartu-kartu lainnya waktu dompet Anda jatuh. Nah saran kami, jikalau nir sedang terdapat keperluan terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan, kartu keanggotaan tersebut sebaiknya tidak perlu ditaruh pada dompet yang sehari-hari selalu dibawa beraktivitas. Disimpan saja pada rumah di loka penyimpanan dokumen-dokumen. Jadi andai kata kita kena musibah kehilangan dompet, kartu peserta BPJS TK kita masih kondusif.

Baca Juga: Cara Terbaru Mencairkan Uang JHT Jika Kartu BPJS TK (Jamsostek) Anda Hilang

Tapi bila telah terlanjur hilang, dengan karena apapun itu, ya sudah ikhlaskan saja & jadikan pelajaran. Tidak perlu risau karena kita bisa mengajukan permohonan supaya diterbitkan pengganti kartu Jamsostek yg raib ters Rtebut. Sayang lho bila kita masih berstatus peserta aktif tapi tidak memili kartu kepesertaan. Apalagi jika berniat masih ingin usang bekerja di perusahaan, alangkah baiknya mengurus kartu BPJS TK yg hilang supaya dicetak kartu duplikasinya.

Ada beberapa manfaat mempunyai kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, selain sebagai persyaratan wajib buat mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua).

Sering-tak jarang saja mencari berita terbaru tentang program Jamsostek. Saat ini kerap terdapat program tambahan berdasarkan BPJS Ketenagakerjaan yang melibatkan kartu peserta BPJS Taman Kanak-kanak menjadi persyaratannya. Misalnya bagi yang hobi jalan-jalan dan suka shopping. Sering ada diskon -diskon spesifik bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan pada banyak sekali hotel, restoran, tempat hiburan & pusat perbelanjaan.

Syarat untuk mendapatkan bonus tersebut merupakan menggunakan menampakan kartu kepesertaan BPJSTK. Informasi tentang loka-loka yg memberikan bonus spesifik bagi peserta Jamsostek itu mampu sahabat-teman peroleh pada Aplikasi BPJSTK Mobile.

Selain itu, dengan membuat KPJ baru pengganti kartu yang hilang, nanti suatu ketika setelah berhenti bekerja ingin mencairkan uang JHT, nir perlu lagi repot-repot menciptakan surat kabar hilang dari kepolisian. Soalnya KPJ adalah galat satu berkas harus yg wajib dilampirkan saat klaim JHT.

Syarat untuk sanggup memiliki pengganti kartu BPJS TK yg hilang merupakan:

  • Status kepesertaannya masih aktif.
  • Masih tercatat sebagai pekerja atau karyawan.

Cara mengurus kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang hilang yaitu dengan mendatangi tempat kerja cabang terdaftar. Maksudnya tempat kerja cabang terdaftar artinya kantor BPJS Ketenagakerjaan yang dulu mengeluarkan kartu BPJS TK kepunyaan Anda yg sudah hilang tadi.

Berkas-berkas persyaratan yg wajib dibawa ialah menjadi berikut:

  • Fotokopi KTP beserta aslinya.
  • KK (Kartu Keluarga) asli beserta salinannya.
  • Surat pengantar dari perusahaan yang isinya menyatakan bahwa Anda masih aktif bekerja di perusahaan tersebut dan permohonan meminta cetak kartu baru dengan mencantumkan nomor kartu kepesertaan.
  • Surat Keterangan kehilangan kepolisian yang di dalamnya wajib mencantumkan nomor KPJ/nomor kartu BPJSTK Anda, perusahaan tempat Anda bekerja, serta lokasi dan waktu kehilangan kartu Anda.

Di beberapa perusahaan, ada yang bila karyawannya kehilangan kartu BPJSTK, pihak perusahaan yg menguruskannya, kita cuma melengkapi berkas-berkas dibutuhkan saja. Tapi kalaupun tidak, tidak kasus kita sendiri yg mengurusnya.

Baca Juga: Cara Membuat Akun BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Untuk Klaim JHT Secara Online

Baik. Itulah tersebut prosedur & langkah-langkah mengatasi masalah kehilangan kartu bagi peserta yg masih aktif. Nanti pihak BPJS Taman Kanak-kanak akan mencetak duplikasi kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) Anda yg hilang.

Sementara bagi teman-teman yang status kepesertaannya telah non aktif, jika kehilangan kartu peserta, nir bisa meminta dibuatkan kartu yg baru menjadi ganti kartu yg hilang. Untuk peserta yg telah tidak aktif ini, jikalau hendak mencairkan uang JHT, relatif membuat surat kehilangan dari pihak kepolisian saja.

UPDATE PERATURAN!

Mulai akhir tahun 2018 kemarin, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang kartu kepesertaannya hilang, tidak perlu lagi mengurus pembuatan kartu baru di kantor cabang. Karena peserta bisa mencetak sendiri kartu kepesertaann untuk pengganti kartu yang hilang melalui layanan Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi BPJSTKU. Informasi selengkapnya dan bagaimana cara mencetak kartu digital BPJS TK tersebut silahkan baca Di Sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *