Cara Mudah Mengetahui Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat SMS

Posted on

Kali ini kami akan share tentang cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek masih aktif atau tidak. Hal ini sangat krusial, mengingat keliru satu syarat primer buat sanggup mencairkan saldo JHT (Jaminan Hari Tua) merupakan status kepesertaan yg telah nonaktif minimal satu bulan.

Status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya secara otomatis akan non aktif (NA) saat karyawan sudah berhenti bekerja, waktu perusahaan tidak lagi membayarkan iuran buat pekerja yang bersangkutan. Tetapi di beberapa masalah, ada peserta yg ternyata kepesertaannya masih aktif padahal telah resign sejak lama . Sehingga uang Jaminan Hari Tua nir mampu cair.

Cara Mudah Mengetahui Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Lewat SMS

Nah sebelum berangkat mencairkan JHT, terdapat baiknya dicek dulu kartu BPJS TK kita sudah non aktif atau belum. Daripada nanti telah jauh-jauh ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, ternyata status kepesertaan kita masih aktif, yang berujung dalam ditolaknya pengajuan pengambilan tabungan JHT kita.

Baca Juga: Cara Membuat Akun BPJSTK/Jamsostek Untuk Mencairkan JHT Secara Online

Cara mengecek status kepesertaan sebenarnya bisa melalui beberapa metode. Bisa dengan bertanya langsung ke kantor BPJS TK, melalui website dengan cara log in menggunakan akun kita, melalui aplikasi BPJSTK Mobile, dan yang paling praktis tentu saja cek melalui SMS seperti yang akan kami bagikan kali ini. Cara ini merupakan bagian dari Layanan SMS 2757 yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah pesertanya dalam mengakses beberapa informasi terkait kepesertaannya.

Dan buat mampu cek status kepesertaan via pesan singkat ini, terlebih dahulu kita harus mendaftarkan nomor handphone & angka peserta BPJS Ketenagakerjaan kita. Pendaftarannya sangat mudah lantaran jua sanggup dilakukan via SMS. Hal-hal yg harus dipersiapkan pada pendaftaran adalah KTP elektronik, kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) & pulsa secukupnya, lantaran layanan ini dikenakan tarif Rp 165 per SMS. Untuk ketika ini provider yang mendukung layanan ini hanyalah Simpati, Indosat dan XL.

Berikut ini format SMS pendaftarannya:

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS Taman Kanak-kanak/JAMSOSTEK#Email(apabila ada)

No KTP, nama peserta dan tanggal lahir harus diisi sesuai menggunakan yg tercantum di E-KTP. Untuk alfabet silakan ditulis dengan huruf akbar. No peserta jua wajib diisi sinkron menggunakan yg tertera pada kartu BPJS TK, jangan kurang seangka atau sehuruf pun. Untuk email jika nir punya tidak diisi nir apa-apa.

Kemudian kirim ke 2757.

Contoh:

DAFTAR SALDO#1401073010890002#YENNY SUSANTI#30-10-1989#11025697118001#yennysusanti@gmail.Com

Kirim ke 2757

Setelah angka handphone & angka referensi terdaftar, kita sudah mampu menggunakannya buat cek status kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak melalui SMS. Format SMS-nya merupakan misalnya ini:

STATUS(spasi)Taman Kanak-kanak#NO. PESERTA

Kirim ke 2757.

Contoh:

STATUS Taman Kanak-kanak#11025697118001

Kemudian kirim ke 2757.

Oh iya, registrasi ini hanya diperuntukkan bagi yg belum pernah mendaftar. Apabila sebelumnya nomor HP sudah pernah dipakai mendaftar Layanan SMS 2757 lainnya, contohnya buat cek JHT via SMS, maka tidak perlu daftar ulang lagi.

Atau kalau teman-teman ingin mengganti nomor yang sebelumnya pernah digunakan mendaftar dengan nomor yang baru, ada layanan khusus ganti nomor dengan cara ketik DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#NO HP lama#NO. KTP, kirim ke 2757.

Contoh:

DAFTAR GANTI HP#085233334444#1401073010890002

Kirim ke 2757

Baca Juga:Cara Terbaru Cek Kartu BPJS Taman Kanak-kanak/Jamsostek Masih Aktif Atau Tidak Melalui Aplikasi BPJSTKU

Demikianlah cara cepat mengetahui keterangan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) kita, apakah telah nonaktif atau masih aktif melalui layanan SMS 2757. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-sahabat pekerja peserta BPJS Taman Kanak-kanak di manapun berada. Selamat bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *