Cara Pendaftaran Online Untuk Ujian EPS-TOPIK Penempatan Kerja Ke Korea Selatan

Posted on

Sebelumya kami sudah membahas persiapan awal buat melamar kerja ke Korea Selatan, mulai dari syarat-syaratnya, hal-hal yg tidak diterima buat bekerja pada sana, serta kursus bahasa Korea buat menghadapi ujian EPS-TOPIK (ujian bahasa Korea) & skill test (tes ketrampilan). Setelah anda mempersiapkan semua hal tersebut, tahap selanjutnya adalah menanti adanya lowongan kerja atau pendaftaran ujian buat bekerja ke Korsel.

Baca Sebelumnya: Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Jika Anda Ingin Bekerja ke Korea Selatan

Pendaftaran tadi akan diumumkan secara resmi pada website BNP2TKI (bnp2tki.Go.Id) & jua dibagikan ke sosial medianya seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Makanya anda musti rajin-rajin memantau situs BNP2TKI atau sebagai pengikut sosmednya supaya tidak ketinggalan warta registrasi. Pasalnya pra registrasi online ini umumnya hanya berlangsung seminggu bahkan kurang. Jadi bila hingga ketinggalan gosip, mau tidak mau anda harus menunggu pengumuman registrasi gelombang berikutnya atau bahkan tahun depannya lagi.

Cara Pendaftaran Online Untuk Ujian EPS-TOPIK Penempatan Kerja Ke Korea Selatan

PENGUMUMAN PRA PENDAFTARAN SECARA ONLINE

Ketika pengumuman registrasi ujian bekerja ke Korea Selatan sudah ada, hal pertama yang bisa anda lakukan merupakan cek dulu apakah bidang pekerjaan yg ditawarkan di pada pengumuman tersebut sinkron dengan cita-cita anda atau nir. Misalnya pengumuman pendaftaran buat sektor manufaktur, jika anda ingin dikerjakan di pabrik-pabrik, silahkan anda melanjutkan ke tahap pra registrasi. Tapi misalnya anda inginnya bekerja pada sektor manufaktur, ad interim pengumuman yg ada merupakan buat bidang perikanan, anda boleh mengabaikannya & menanti informasi registrasi berikutnya yg sesuai minat anda.

Untuk waktu ini jenis pekerjaan di Korsel yang ditawarkan buat pekerja asing diantaranya di sektor manufaktur, sektor perikanan, sektor konstruksi, sektor agriculture (livestock), sektor jasa & sektor pertanian. Tetapi yang paling sering diharapkan adalah buat sektor manufaktur & perikanan.

Kalau anda nir pilih-pilih & siap bekerja di bidang apa saja, anda boleh melakukan pra pendaftaran kapanpun ketika ada pengumuman. Untuk pra pendaftaran ini dilaksanakan secara online, jadi bisa anda lakukan pada mana saja yang krusial memiliki perangkat & jaringan internet. Bisa pada warnet ataupun pada rumah anda sendiri.

Baca Juga:Daftar Jenis-jenis Pekerjaan Untuk TKI pada Korea Selatan

HAL-HAL YANG DIPERLUKAN UNTUK MELAKUKAN PRA PENDAFTARAN

Karena pra registrasi ini secara online, hal-hal yg musti anda persiapkan adalah:

1. Email pribadi yang masih aktif.

2. Scan Asli KTP Elektronik.

Tiga. Sacn pasfoto berwarna terkini dengan latar belakang putih. Terlihat dahi, indera pendengaran dan tidak berkacamata dan diambil dalam jangka saat 6 bulan terakhir. Tidak boleh foto berjilbab bagi perempuan .

4. Scan Asli Ijazah Pendidikan terakhir.

Lima. Scan Asli Buku Tabungan atas nama langsung yang masih aktif.

6. Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna, yang mana pada surat liputan dokter tadi harus menerangkan hasil & tertulis TIDAK BUTA WARNA. Dan jangan lupa, Surat Keterangan Dokter yang berlaku merupakan yg dikeluarkan dalam jangka ketika 6 bulan terakhir. Apabila surat warta tadi telah lewat enam bulan, maka tidak akan diterima & anda tidak lulus pra registrasi, sebagai akibatnya tidak bisa melanjutkan ke termin berikutnya.

7. Scan paspor apabila telah punya. Jika belum punya tidak masalah. Untuk termin pra registrasi ini, nir apa-apa jika belum mempunyai paspor. Passport baru wajib dimiliki nanti saat telah hingga dalam termin Preliminary Education atau Prelim.

Setelah hal-hal tersebut pada atas anda persiapkan, anda bisa langsung melakukan pra pendaftaran online untuk ujian penempatan kerja ke Korea Selatan.

CARA PRA PENDAFTARAN ONLINE

1. Buka website: http://g2g.bnp2tki.go.id

2. Di layar akan ada liputan pengumuman ujian Pendaftaran EPS-TOPIK modern. Silahkan dibaca-baca dulu isi pengumuman tersebut.

Tiga. Di halaman yang sama, ada tombol ‘Register Now’ yg terletak di pojok kanan atas. Untuk melakukan registrasi, klik tombol tersebut.

4. Selanjutnya akan timbul form isian pendaftaran . Silahkan isi menggunakan data-data anda meliputi data diri, hubungan, data orang tua, data bank, pengalaman kerja dan kompetensi.

5. Pilih wilayah/lokasi yang nantinya anda pakai buat melakukan verifikasi dokumen & pengambilan kartu ujian.

6. Selanjutnya upload seluruh scan dokumen persyaratannya. Mulai KTP, paspor (apabila ada), Foto, Ijazah Asli terakhir, kitab tabungan atas nama pribadi, & surat informasi tidak buta warna.

7. Pada bagian bawah form isian ini masih ada tombol ‘Register’ buat melakukan registrasi & menyimpan data, & tombol ‘Reset Form’ buat mengosongkan form isian. Pastikan seluruh kolom telah terisi menggunakan benar. Ketika tombol ‘Register’ anda klik maka akan tampil fakta: ?Apakah anda yakin akan menyimpan data??

8. Klik tombol ?Ok? Buat menyimpan data dan menggunakan demikian anda sudah terdaftar sebagai pendaftar ujian EPS-TOPIK.

9. Setelah tombol register diklik maka akan  tampil informasi:

Keterangan berhasil menyimpan.

Link buat mencetak bukti pra registrasi.

Link untuk download pelaksanaan Acrobat Reader.

Silahkan klik Link buat mencetak indikasi bukti Pra Pendaftaran (Online). Apabila link buat mencetak bukti pra registrasi tidak muncul, silahkan cek inbox email langsung yg digunakan saat mendaftar.

10. Hasil cetak/print out pra pendaftaran berupa nomor pendaftaran bukti pra registrasi & KODE PEMBAYARAN non tunai biaya Ujian EPS-TOPIK. Data output cetak pra registrasi bisa disimpan pada bentuk Softcopy baik pada Flashdisk, Hard Disk Eksternal, dan lain-lain.

MEMBAYAR BIAYA UJIAN EPS-TOPIK

Setelah melakukan registrasi online, langkah selanjutnya merupakan membayar porto buat ujian EPS-TOPIK sebanyak 24 USD alias dolar Amerika. Tinggal dikalikan saja menggunakan kurs rupiah dalam saat anda melakukan registrasi. Di sana akan ada warta kapan selambat-lambatnya biaya ujian tersebut anda transfer, jadi jangan sampai terlambat.

Cara pembayarannya adalah dengan menggunakan Kode Bayar yang tertera pada hasil cetak pembayaran Pra Pendaftaran (Online) seperti yang dijelaskan di point 10 di atas. Pembayarannya harus di bank BRI, baik melalui ATM, internet banking dan boleh juga langsung melalui teller dengan menyebutkan pembayaran melalui Brinets Express. Tidak boleh di bank lainnya.

Tidak perlu kuatir, andai saja nanti anda dinyatakan nir lulus ujian EPS-TOPIK tanpa melakukan kecurangan, porto ujian tadi sepenuhnya akan dikembalikan lagi pada anda. Tetapi bila terbukti melakukan kecurangan contohnya pemalsuan dokumen, porto ujian nir akan dikembalikan & dimasukkan ke dalam kas negara. Tapi dalam termin pra pendaftaran online ini secara umum dikuasai CTKI berhasil melewatinya alias lulus. Hanya sedikit yang tidak keterima.

VERIFIKASI DOKUMEN DAN PEMBAGIAN KARTU UJIAN

Kalau telah melakukan pra registrasi online & membayar biaya ujian, fase berikutnya adalah menunggu pengumuman jadwal pembuktian dokumen dan pembagian kartu ujian. Pengumuman ini juga disampaikan pada website BNP2TKI.

Nanti waktu pengumuman jadwal pendaftaran ulang dan pembuktian dokumen serta pembagian kartu ujian ini telah dirilis, anda wajib datang sendiri (nir dapat diwakilkan) lantaran akan dilakukan pengambilan sidikjari dan foto. Tahap ini dilaksanakan secara manual, ialah peserta harus datang ke lokasi yg ditunjuk oleh BNP2TKI sinkron lepas & lokasi yg tertera di pada pengumuman. Bisa di Jakarta, Semarang atau Bandung, tergantung lokasi yg tersedia & anda pilih dalam pra pendaftaran . Jadi buat yg tinggal jauh berdasarkan lokasi wajib siap-siap porto perjalanan & penginapan. Dan harus berpakaian rapi & sopan (baju berkerah warna bebas) dan jua bersepatu.

Persyaratan-persyaratan yang wajib dibawa waktu pembuktian dokumen merupakan.

1. Bukti Cetak Pra Pendaftaran Online.

Dua. Asli Bukti Pembayaran Biaya Ujian EPS-TOPIK.

3. Asli KTP Elektronik.

4. Pasfoto berwarna terkini berukuran 3.Lima x 4.Lima cm sebesar 2 lbr dengan latar belakang putih, tidak berkacamata, tidak menggunakan penutup kepala, terlihat dahi & pendengaran, tidak menggunakan baju berwarna putih, menghadap kamera dengan wajah penuh, tanpa border, & diambil pada jangka ketika tiga bulan terakhir.

5. Asli Ijazah Pendidikan terakhir (minimal SLTP atau sederajat).

6. Asli Buku Rekening (Tabungan) atas nama sendiri dipergunakan buat pengembalian biaya pendaftaran Ujian bagi yang dinyatakan nir dapat mengikuti ujian sang HRD Korea.

7. Asli Surat Keterangan Tidak Buta Warna, yg mana pada surat warta dokter tadi wajib memperlihatkan output dan tertulis TIDAK BUTA WARNA. Dan Surat Keterangan Dokter yang berlaku merupakan yg dimuntahkan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir.

8. Asli Paspor (apabila sudah ada) yg masih berlaku minimal 1 Tahun.

9. Satu lembar Scan berwarna KTP Elektronik. Foto dalam Scan berwarna KTP wajib jelas & tidak buram.

10. Satu lbr Scan Paspor (jika terdapat) berwarna yg masih berlaku minimal 1 Tahun ukuran lima,lima x 8,5 centimeter (resolusi 300 dpi) buat ditempel dalam Formulir Pendaftaran.

Selain itu, jua wajib membawa softcopy semua dokumen kelengkapan pra registrasi online (yang sudah diupload) menggunakan format JPG yg disimpan dalam flash disk (Dokumen WAJIB di SCAN bukan pada FOTO), yaitu:

1) Scan Asli KTP.

2) Scan Asli Paspor (jika telah terdapat).

Tiga) Pasfoto modern.

4) Scan Asli Ijazah terakhir.

Lima) Scan Asli Buku Tabungan atas nama sendiri.

6) Scan Asli Surat Keterangan Tidak Buta Warna.

Harap diingat, jika nanti pada proses verifikasi data ditemukan dokumen yang nir sinkron/palsu maka proses pendaftaran akan dibatalkan, dan anda tidak diperbolehkan mengikuti pendaftaran apapun selama tiga (tiga) tahun berikutnya.

MENUNGGU PENGUMUMAN JADWAL UJIAN

Setelah pembuktian dokumen, silahkan kembali ke rumah masing-masing & menunggu pengumuman kapan dan pada mana lokasi ujian EPS-TOPIK dilaksanakan. Pengumuman ini umumnya beberapa minggu sehabis proses verifikasi dokumen.

Nah, ketika jadwal dan lokasi ujian sudah diumumkan, dan nama anda muncul di dalam lampiran pengumuman tersebut, anda harus segera bersiap apalagi jika anda tinggal di luar Jawa. Karena lokasi ujiannya bisa di Ciracas, Jakarta Timur. Bisa di Cirebon, Jawa Barat. Atau bisa juga di Semarang, Jawa Tengah. Pada hari ujian nanti, anda harus hadir di lokasi ujian 1 jam sebelum pelaksanaan orientasi, dan harus sudah berada di dalam ruang orientasi paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan orientasi dimulai. Tidak ada toleransi untuk keterlambatan. Jika telat, anda tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Demikianlah termin registrasi & pembuktian dokumen serta penentuan jadwal ujian buat melamar kerja ke Korea Selatan. Tahap selanjutnya merupakan melaksanakan ujian EPS-TOPIK atau ujian bahasa Korea & skill test atau tes keterampilan, & akan kami bahas selengkapnya di artikel selanjutnya.

Baca Selanjutnya:Cara Mengikuti Ujian Bahasa Dan Tes Keterampilan CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) ke Korea Selatan

Dan untuk diketahui, bagi anda yang gagal di fase verifikasi dokumen ini, tidak perlu berkecil hati. Anda bisa mencoba lagi di pendaftaran-pendaftaran berikutnya. Penetapan peserta yang bisa mengikuti Ujian EPS-TOPIK sepenuhnya merupakan kewenangan pihak HRD Korea, yang telah melakukan proses seleksi ulang terhadap seluruh peserta yang telah mendaftar. Mereka lah yang menentukan peserta mana yang dapat mengikuti dan yang tidak dapat mengikuti pelaksanaan Ujian EPS-TOPIK. Dan keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *