Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Untuk Melacak Dokumen Pencairan Sudah Sampai Di Mana

Posted on

Ada cara mudah mengetahui atau tracking online status klaim uang JHT BPJS Ketenagakerjaan, sudah diproses sampai di termin mana oleh petugas kantor cabang BPJS TK. Apakah termin demi tahap telah disetujui & terselesaikan, apakah masih belum diperiksa, atau justru ditolak! Adanya sistem tracker ini tentunya sangat membantu dan memudahkan para peserta BPJamsostek yg sedang mengurus pencairan saldo tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) dalam mengecek telah hingga sejauh mana berkas pengajuan klaimnya. Cara pengecekannya juga sangat mudah lantaran dilakukan secara daring atau online.

Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Untuk Melacak Dokumen Pencairan Sudah Sampai Di Mana

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, yg saat ini telah berganti sebutan sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK), memang tidak pernah berhenti pada berinovasi demi memberikan pelayanan terbaik & nomor satu buat para pesertanya. Utamanya pada layanan-layanan digital atau elektro, pada beberapa tahun terakhir ini sudah poly layanan online & digital yang diterapkan buat mempermudah pesertanya dalam aneka macam urusan terkait kepersertaan.

Mulai dari pendaftaran menjadi peserta secara on line, cek saldo JHT secara daring, BPJSTK Mobile atau aplikasi BPJSTKU, kartu digital BPJS Ketenagakerjaan yang fungsi dan kedudukannya sama dengan kartu fisik yang asli, layanan antrian online untuk pencairan JHT, klaim saldo JHT lewat online, layanan verifikasi dokumen pencairan lewat video call WhastApp, dan berbagai layanan digital lainnya. Dan yang terbaru saat ini yaitu layanan tracking online klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Apa itu tracking online BPJS Ketenagakerjaan?

Tracking BP Jamsostek merupakan sebuah layanan online terbaru bagi Anda peserta BPJS Taman Kanak-kanak yang sudah menerima kode antrian online, lalu upload atau mengunggah scan dokumen persyaratan klaim JHT lewat link yg diberikan di email konfirmasi. Karena di peraturan baru pencairan JHT secara online mulai awal Juni 2020 ini, scan berkasnya nir lagi dikirimkan lewat email ke kantor cabang pengajuan, melainkan pada-upload melalui link yang diinformasikan dalam email konfirmasi.

Nah dengan layanan tracking klaim JHT BPJAMSOSTEK, Anda bisa mengetahui telah di termin mana berkas-berkas persyaratan Anda tadi. Mulai berdasarkan kapan Anda upload atau mengirim dokumen, diverifikasi oleh petugas pada kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, hingga pembayaran klaim JHT Anda sudah dilakukan. Lengkap dengan lepas & status setiap termin, apakah masih menunggu proses atau sudah selesai diproses. Semuanya dapat anda ketahui melalui layanan tracker klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan ini.

Baca Juga:Cara Mencairkan JHT Tanpa Registrasi Antrian Online pada KCP (Kantor Cabang Perintis) BPJS Ketenagakerjaan

Jadi sekarang ini, peserta BPJAMSOSTEK bukan hanya sanggup mengurus pencairan duit JHT secara online, tapi juga sanggup sekaligus ikut mengetahui dan melacak secara online telah sampai diproses sampai termin mana pengajuan klaim. Lalu bagaimana cara memakai dan memanfaatkan layanan tracking online pencairan saldo JHT tadi? Gampang banget! Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Melakukan Tracking Online Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengetahui status klaim uang JHT menggunakan memakai tracker BPJS TK ini sangat mudah. Alat yang diperlukan bisa memakai laptop, komputer bahkan gunakan handphone smartphone pula bisa, yg penting terdapat browsernya. Kemudian pulsa atau data internet secukupnya.

Mekanisme tracking klaim ini bisa Anda lakukan setelah tahap mengirimkan atau mengupload scan dokumen persyaratan pembayaran saldo JHT ke link yang diberikan setelah anda berhasil registrasi antrian online. Uploaf file berkas persyaratan ini merupakan salah satu tahap penting dalam prosedur mencairkan dana JHT BPJS TK lewat online. Jika ingin membaca tutorial lengkap tata cara mengurus pencairan dana JHT secara online, sebelum nantinya melakukan tracking online ini, teman-teman bisa Klik Disini .

Nah, sesudah seluruh rangkaian proses pengajuan pembayaran saldo JHT secara online telah dilakukan, termasuk mengirimkan arsip berkas persyaratan lewat email, baru selanjutnya anda bisa melakukan tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan lewat internet ini.

Dan berikut mekanisme dan tata cara tracking klaim uang JHT BPJAMSOSTEK selengkapnya:

1. Masuk ke halaman situs BPJS Ketenagakerjaan buat tracking klaim JHT, dengan alamat websitenya:

https://www.Bpjsketenagakerjaan.Go.Id/tracking

dua. Setelah page tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan terbuka, akan terdapat 2 kolom isian. Kolom pertama merupakan dropdown pilihan apakah mau memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK), atau memakai angka Kartu Peserta Jamsostek (KPJ)/kartu BPJS Ketenagakerjaan buat tracking pencairan dana JHT Anda. Kolom ke 2 merupakan loka memasukkan No KPJ atau angka identitas NIK tersebut.

3. Ketikkan atau masukkan no KPJ atau bisa juga NIK Anda di kolom yang kedua. Kemudian klik Cari. Jangan lupa ceklis pada kotak kecil di sebelah peringatan reCAPTHa ‘Saya bukan robot’.

4. Selanjutnya page akan menampilkan dua baris kabar tahapan-tahapan pengajuan klaim uang JHT Anda, yang terpisahkan garis vertikal yang diberi bulatan kecil dalam setiap tahapan-tahapannya.

5. Di bagian paling atas pada baris sebelah kanan, ada keterangan UPLOAD DOKUMEN. Di sana akan ada informasi tanggal, bulan dan tahun kapan Anda mengirim dokumen persyaratan pencairan JHT. Apabila pengiriman berkas Anda berhasil, akan ada keterangan ‘Selesai‘ dan bulatan kecil yang ada di garis pemisah akan berubah warna dari hitam menjadi hijau.

6. Di bawahnya, pada baris sebelah kiri, adalah tahap VERIFIKASI DOKUMEN oleh petugas kantor BPJS Ketenagakerjaan. Jika berkas Anda masih belum diperiksa, bulatan kecil di garis vertikal warnanya akan hitam. Di tahap ini Anda akan dihubungi oleh petugas BPJAMSOSTEK melalui panggilan video call WhastApp untuk proses verifikasi dengan cara sedikit ditanya-tanya dan diminta menunjukkan berkas persyaratan klaim JHT yang asli.

Jika sudah diperiksa dan lolos verifikasi, warna lingkaran hitam pada garis vertikal akan berganti menjadi hijau dan ada keterangan Selesai. Sementara jika tidak disetujui alias tidak lolos verifikasi, warnanya menjadi merah serta ada keteranga Ditolak di bawah tulisan verifikasi dokumen.

Tracking dan Cek Pencairan Uang JHT BPJS TK atau BP Jamsostek - Cara Tracking Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, Untuk Melacak Dokumen Pencairan Sudah Sampai Di Mana

7. Selanjutnya adalah tahapan AGENDA KLAIM, di mana CS akan melakukan perekaman klaim saldo JHT milik anda. Jika sudah direkam, akan ada keterangan Selesai dan bulatan pada garis akan berubah hijau.

8. Tahap berikutnya yaitu PENETAPAN KLAIM, di mana verifikator jaminan melakukan proses verifikasi dan penetapan nilai klaim. Apabila sudah ditetapkan, bulatan pada garis vertikal menjadi berwarna hijau dan di bawah keterangan penetapan klaim ada keterangan Selesai.

9. Berikutnya tahap PERSETUJUAN KLAIM, di sini kepala bidang atau kepala cabang melakukan proses persetujuan klaim. Apabila pengajuan klaim anda sudah disetujui, maka akan ada keterangan Selesai, dan bulatan pada garis tegak menjadi berwarna hijau.

10. Tahap terakhir yaitu PEMBAYARAN KLAIM, di mana pembayaran klaim JHT akan dilakukan kepada Anda sebagai peserta. Jika bulatan kecil pada garis vertikal masih berwarna hitam, itu artinya dana JHT Anda belum cair dan belum dikirimkan ke nomor rekening bank Anda.

Sementara jika dana JHT sudah dibayarkan, akan ada keterangan Selesai di bawah informasi pembayaran klaim, dan lingkaran hitam pada garis tegak berganti menjadi warna hijau. Namun itu belum menjamin uangnya sudah masuk ke dalam rekening tabungan. Terkadang masih menunggu sekitar semingguan lagi baru dananya benar-benar cair ke rekening.

Baca Juga:Cara Mencairkan Sebagian Saldo JHT Secara Online Bagi Peserta BPJAMSOSTEK Yang Masih Bekerja

Dari informasi output tracking klaim uang JHT BPJS TK pada atas, terlihat bahwa memang relatif panjang rangkaian yang wajib dilalui sesudah Anda mengirimkan file berkas persyaratan hingga dana JHT Anda sahih-benar cair & dikirimkan ke rekening tabungan Anda. Jadi lumrah bila terasa usang cairnya.

Seperti itulah cara cek status berkas pencairan dana JHT dengan menggunakan tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online. Mudah-mudahan fakta ini mampu menambah pengetahuan teman-teman seluruh yang barangkali sedang atau berniat akan mengambil uang tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola sang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK) ini. Jangan lupa bagikan lewat sosial media Facebook maupun Twitter agar rekan-rekan yg lain jua mengetahui berita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *