Contoh Sukses Wirausaha Modal Usaha Kecil

Posted on

Halo semua pemirsa. Kita jumpa lagi di program sahih-sahih bukan Empat Mata. Ya, ini kan bukan acara TV, akan tetapi ini kan web di Internet. Oke. Hari ini saya ingin membuatkan tips dan prinsip wirausaha sukses. Sesuai di artikel saya terdahulu, UniversitasBisnis.Com ini lebih memfokuskan dalam wirausaha peluang usaha modal kecil. Kenapa? Ya, karena jikalau yg modalnya akbar, nanti gak poly yang mampu melaksanakan. Saya menyimak perjalanan ekonomi Cina. Ehmm.. Ini gak omong SARA loh yah, apalagi Sarah Azhari. Negara Cina sanggup berkembang perekonomiannya, mempunyai cadangan devisa terbesar pada Dunia sekarang ini, lantaran ditunjang oleh kekuatan ekonomi bisnis atau wirausaha berdasarkan kalangan kecil dan menengah. Industri bisnis berbasis tempat tinggal tangga, mendorong timbulnya usaha-bisnis besar . Kebalik kan menggunakan pada negara kita? Makanya pas krisis, goyang karena yg besarnya goyang. Berbanding terbalik dengan Cina. Oke. Kita belajar kan dari negara yg maju. Ya Gak? Nah, sebetulnya, banyak peluang usaha modal mini yang mampu dibangun pada Tanah Air Tercinta ini. Berbisnis di Internet, bukan hanya usaha online yg jual ebook & produk digital, haha.. (walau saya pula termasuk penjual produk digital). Berbisnis di Internet sanggup jua menurut peluang usaha non digital. Contohnya?..

Ada seseorang pengusaha eksportir kerajinan Rotan dari Indonesia yang merintis usahanya dengan bermodalkan laptop & ruangan kamar tidurnya. Dari sana, dia membentuk sebuah perusahaan ekspor kerajinan rotan ke negara-negara Timur Tengah & kini mulai merambah ke Eropa. Ya, bayangkan, hanya dengan bermodalkan laptop, sebuah kapital mini buat sebuah usaha. Buat yang tidak punya laptop, pula tidak perkara, mampu memakai warnet toh. INi model sebuah kisah sukses wirausaha kapital bisnis kecil namun sanggup membentuk sebuah perusahaan ekspor. Wirausaha sukses dengan peluang usaha modal kecil lainnya masih poly. Ada juga yg mengambil barang-barang dari luar, umumnya barang manufaktur, elektronika, aksesoris, & dijual lagi di pada negeri. Ini menjadi Importir. Ini juga sanggup dilakukan dengan fasilitas internet. Ada kisah orang yg membeli cincin-cincin titanium dan stainless berdasarkan Cina, kemudian dikemas ulang menggunakan bungkus yang menarik, lantas dijual lagi. Untuk yang terakhir ini kapital usahanya mampu setting sendiri sesuai kemampuan. Atau ada jua orang yg menjual kerajinan tangannya, beliau menciptakan mainan perlengkapan perang, misalnya senjata mesin, tank, yang unik, & menjualnya ke luar negeri lewat web yang beliau buat.

Ya, ada banyak lagi contoh peluang usaha modal kecil lewat internet. Kalau yg menjual produk digital, ada banyak.

Oya, yang terbaru aku ketemu sahabat yg dulunya bekerja sebagai staf administrasi. Pas tadi siang aku ketemu dengannya di Mall, beliau sudah mulai menikmati hasil usahanya. Ia membangun usaha buku bekas. Ia merogoh kitab -buku bekas pada Jakarta & menjualnya kembali pada Palembang, pada galat satu Plaza, menggunakan menyewa stand di sana. Awalnya beliau merintis bisnis belum menyewa stand, beliau memulainya dari rumah loka tinggal. Dengan usaha yang gigih, & strategi usaha atau wirausaha yang terjadwal, dia menyebarkan lebih besar lagi. Lumayanlah omzet penjualannya per bulan pada Stand itu berkisar 100 juta/bulan. Ia mempunyai karyawan yang mengurus stand buku bekasnya. Omong-omong, berbisnis atau berwirausaha pada bidang barang-barang bekas bagus jua loh. Saya mempunyai beberapa kenalan yg sukses berwirausaha di bidang barang-barang bekas, mulai menurut peluang wirausaha SparePart Mobil bekas, peluang usaha Spareparts motor, peluang wirausaha kitab bekas, peluang wirausaha besi bekas, & lain-lain, asalkan bukan orang bekas , haha? Peluang usaha wirausaha barang bekas, dari salah seseorang teman saya, jauh lebih menguntungkan daripada wirausaha barang baru. Nah, Loh? Setuju gak? Kalau saya, sepakat. Soal modalnya, silahkan mulai dengan modal usaha kecil dulu, ga wajib langsung akbar bila belum punya pengalaman berwirausaha atau berbisnis.

Oke. Sekian dulu. Sampai jumpa pada artikel berikutnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *