Contoh Surat Pernyataan Tidak Memiliki Paklaring Untuk Pencairan JHT BPJamsostek

Posted on

Kali ini kami akan menaruh model surat pernyataan nir mempunyai paklaring dan sudah berhenti bekerja, sebagai keliru satu kondisi dokumen untuk mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan atau yang kini diklaim BPJAMSOSTEK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja)

Untuk diketahui, berkas-berkas persyaratan klaim uang JHT yg wajib dilengkapi adalah Kartu BPJS Taman Kanak-kanak atau KPJ, e-KTP, Kartu Keluarga, Buku Tabungan eksklusif & Paklaring. Kurang galat satu saja dari dokumen-dokumen tersebut, berarti anda tidak akan bisa mengajukan klaim. Uang tabungan Jaminan Hari Tua yang anda kumpulkan selama bekerja tidak sanggup cair, sampai anda melengkapi seluruh berkas persyaratannya tadi.

Contoh Surat Pernyataan Tidak Memiliki Paklaring Untuk Pencairan JHT BPJamsostek

Baca Juga:Penyebab Kenapa Sekarang BPJS Ketenagakerjaan Berubah Menjadi BPJAMSOSTEK

Oleh petugas di tempat kerja BPJS Ketenagakerjaan pada saat anda mengurus klaim saldo JHT, paklaring berfungsi sebagai bukti tertulis bahwa anda benar-benar telah berhenti bekerja berdasarkan perusahaan. Hal ini sesuai dengan kondisi utama klaim JHT, yaitu wajib sudah nir bekerja di perusahaan manapun minimal satu bulan.

Berkasnya sebenarnya tidak harus berupa paklaring, yang lebih sering diartikan sebagai surat pengalaman kerja. Tapi boleh juga berupa surat referensi atau surat rekomendasi dari perusahaan, yang mana surat tersebut berfungsi sebagai semacam surat pengantar, dan pastinya bisa digunakan untuk persyaratan pencairan uang JHT. Silahkan Klik Disini untuk melihat contoh surat referensi dari perusahaan untuk klaim JHT.

Ada banyak sekali penyebab kenapa peserta BPJamsostek yg telah berhenti bekerja tidak memiliki paklaring atau surat warta dari perusahaan, sehinggga pengajuan klaim JHT-nya tidak disetujui. Ada yg memang lupa atau entah sengaja nir meminta berkas tadi ke HRD perusahaan dalam waktu mau mengundurkan diri. Dan terdapat jua yang sebenarnya pernah punya, akan tetapi kemudian hilang atau rusak.

Lalu bagaimana nasib uang JHT peserta yg nir mempunyai paklaring atau surat fakta menurut perusahaan ini? Tidak punya surat referensi atau surat rekomendasi? Bagaimana mana jalan keluarnya?

Solusinya, jika perusahaan tempat anda bekerja dulu masih beroperasi, silahkan hubungi pulang bagian HRD atau personalianya dan meminta dibuatkan paklaring. Atau mampu pula sekedar minta dibuatkan surat keterangan sudah berhenti bekerja, yg krusial isinya menunjukkan bahwa surat tersebut digunakan untuk mengurus klaim uang JHT, & di dalamnya mencantumkan tangal bulan & tahun kapan anda mulai bekerja, dan lepas bulan dan tahun berapa anda resign.

Lalu bagaimana bila perusahaan telah tutup alias nir aktif?

Jika PT loka anda bekerja dulu sudah benar-benar tutup nir beroperasi lagi, entah lantaran bangkrut atau apa, anda membuat surat pernyataan tidak mempunyai paklaring di tempat kerja cabang BPJS Ketenagakerjaan. Dan surat pernyataan tadi wajib ditandatangani di atas materai.

Berikut gambar atau foto model surat peryataan nir mempunyai paklaring.

Gambar Contoh surat pernyataan tidak memiliki Paklaring - Contoh Surat Pernyataan Tidak Memiliki Paklaring Untuk Pencairan JHT BPJamsostek

Surat pernyataan tersebut bisa anda gunakan untuk mengajukan klaim tabungan JHT walau tanpa Paklaring. Tapi tentu saja wajib melengkapi berkas-berkas  persyaratan yang lainnya seperti kartu BPJS Ketenagakerjaan, KTP elektronik, KK (Kartu Keluarga), Buku tabungan pribadi, dan NPWP jika saldo JHT anda lebih dari Rp 50.000.000.

Baca Juga:Bagaimana Cara Agar Kebagian Nomor Antrian Online Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan?

Demikian saja artikel kami kali ini. Jika terdapat pertanyaan & hal-hal lainnya yg tidak dimengerti seputar acara-acara BPJamsostek, termasuk wacana claim dana JHT, anda mampu menghubungi kontak-kontak resmi BPJS Ketenagakerjaan baik melalui sosial media maupun ngobrol pribadi dengan menelepon call center BPJS Taman Kanak-kanak di angka (021) 175.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *