Dapat Uang 3,5 Juta dari Program Kartu Prakerja, Begini Syarat dan Cara Pendaftarannya

Posted on

Cara & kondisi mendapat donasi dana Rp tiga.550.000 dari program Kartu Pra Kerja yang digulirkan oleh pemerintah Jokowi dalam awal April tahun 2020. Buat teman-sahabat yang belum memahami, Kartu Prakerja merupakan bantuan biaya pembinaan dari pemerintah bagi masyarakat Indonesia yg ingin memiliki atau menaikkan keterampilannya.

Lewat acara ini, nantinya pemegang Kartu Prakerja sanggup mengikuti banyak sekali kursus secara online buat memiliki ketrampilan yang diinginkan. Atau bagi yang telah mempunyai ketrampilan, mampu mengikuti pembinaan buat menaikkan kompetensi tadi, atau sanggup juga belajar ketrampilan baru.

Ringkasnya, dengan menjadi peserta program kartu Pra Kerja ini, anda sanggup menerima skill baru (skilling), menaikkan keterampilan di bidang yang ditekuni (upskilling), & keterampilan baru (reskilling). Nantinya sehabis selesai mengikuti training, anda akan menerima sertifikat berdasarkan lembaga tempat anda mengikuti kursus online.

Dapat Uang 3,5 Juta Dari Program Kartu Prakerja, Begini Syarat Dan Cara Pendaftarannya

Baca Juga:Daftar Lengkap Leasing dan Bank Yang Memberi Keringanan Angsuran Kredit Bagi Masyarakat Terdampak Virus Corona

Besarnya uang yg akan diberikan menurut Kartu Pra Kerja ini adalah Rp tiga.550.000 per peserta. Dengan rincian:

  • Bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000
  • Insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.
  • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei. Karena 3 kali survei, sehingga totalnya Rp 150.000 per orang.

Uang atau manfaat sebesar Rp 3.550.000 per peserta tersebut akan diberikan secara bertahap selama 3 – 4, mulai berdasarkan sebelum pelatihan hingga terselesaikan. Dana akan ditransfer ke rekening bank, atau sanggup jua ke dompet digital seperti Link Aja atau OVO.

Lalu bagaimana rapikan cara & kondisi-syarat buat mampu mendapatkan kartu Prakerja tersebut?

Persyaratan atau kriteria untuk memiliki kartu Pra Kerja antara lain:

1. WNI (Warga Negara Indonesia)

dua. Berumur di atas 18 tahun.

3. Tidak sedang menjalani pendidikan formal seperti sekolah atau kuliah.

Selain persyaratan tadi, pemerintah memprioritaskan kartu Pra Kerja ini buat rakyat korban pemutusan interaksi kerja (PHK), masyarakat terdampak virus Corona covid-19, pekerja yang ingin menaikkan keterampilan, & pengangguran atau pencari kerja usia belia.

Selanjutnya buat mendaftar Kartu Pra Kerja, calon peserta mampu membuka situs Kartu Prakerja yaitu www.Prakerja.Go.Id.

Tetapi sebelum melakukan registrasi Kartu Pra Kerja, calon peserta harus menciptakan akun terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email atau angka telepon yang masih aktif.

Berikut ini tutorial cara registrasi atau bikin akun Kartu Pra Kerja di website prakerja.Go.Id

  1. Masukkan email atau nomor handphone.
  2. Klik Daftar.
  3. Pilih metode verifikasi.
  4. Masukkan kode verifikasi yang diterima email atau SMS.
  5. Selesai! Dan itu berarti telah memiliki akun Kartu Pra Kerja.

Setelah memiliki akun, selanjutnya merupakan cara daftar ke program Kartu Prakerja:

  1. Buka website prakerja.go.id
  2. Login akun, Klik Daftar Kartu Pra Kerja.
  3. Isi formulir pendaftaran.
  4. Klik Selanjutnya.
  5. Lakukan Tes Kemampuan Dasar.
  6. Klik Selesai.

Baca Juga:Jangan Nganggur! Berikut Doa Agar Praktis Mendapat Pekerjaan

Setelah terselesaikan melakukan pendaftaran & mengisi formulir dan tes, nantinya pihak Project Management Office (PMO) akan menilai setiap biodata dan pengalaman kerja setiap akun yang mendaftar. Dan keputusan diterima atau tidaknya dalam program kartu Prakerja ini, akan diberitahukan via email yang digunakan buat menciptakan akun.

Bagi yang tidak lolos jangan berkecil hati, anda masih mampu mendaftar balik di tahap selanjutnya memakai akun yg sama tanpa perlu daftar akun lagi. Caranya tinggal memilih batch atau termin selanjutnya, lalu menunggu pemberitahuan pada email buat persetujuan memperoleh Kartu Pra Kerja. Seperti itu.

Itulah prosedur & tata cara daftar kartu Prakerja yang telah dimulai bulan April 2020 ini. Tetapi pada termin awal ini, baru empat daerah yg akan melaksanakan acara Kartu Pra Kerja, yaitu provinsi Bali, provinsi Kepulauan Riau (Kepri), provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dan kota Surabaya. Kita tunggu saja wilayah-wilayah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *