Dari Bisnis Telur Ayam, Melati Bisa Raup Omzet Rp 4,3 Miliar

Posted on

Dari Bisnis Telur Ayam, Melati Bisa Raup Omzet Rp 4,3 Miliar

Keuletan, pantang menyerah, & ketekunan. Tiga kekuatan itulah yg diramu Melati Fajarwati, pengusaha Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Wanita berusia 20 tahun itu sukses sebagai jutawan dengan berjualan telur. Melati mengaku bahwa omzet per tahun telah mencapai Rp4,tiga miliar. Usaha telur ayam ini menurutnya telah dipasarkan hingga ke pulau Jawa.

Melati menilai bahwa peluang usaha telur ayam organik di pasar masih terbuka lebar, terutama telur dari jenis ayam Arab atau ayam Balqis. Maka dia pun mencoba peluang usaha gemilang itu. "Kalimantan Barat masih memiliki huma yang luas untuk membentuk bisnis peternakan. Lagi juga nir terlalu sulit pengembangannya," ujar Melati beberapa waktu lalu.

Melati, mengawali bisnisnya dengan mengikuti lomba kewirausahaan yang diadakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan. Dia terinspirasi dari peternakan ayam balqis milik tetangganya.  “Saya melihat peluangnya cukup bagus, tetapi belum terkelola dengan baik,” kata Melati. Melati lantas membuat perencanaan bisnis dan memproyeksikan peluang usaha ini. Tak disangka, business plan yang diajukannya ternyata disetujui dan dibantu untuk mewujudkannya.

Beranjak dari usahanya ini, Melati kemudian mengikuti lomba kewirausahaan yang diadakan Bank Mandiri. Hasilnya, ia tampil sebagai pemenangnya. Uang hadiah lomba ini lalu digunakan kembali sebagai tambahan modal pengembangan dan penguatan usahanya. “Kini saya bisa menghasilkan lebih dari 4 ribu  butir telur per hari dengan harga Rp2.500 per butirnya,” ujar wanita berkerudung ini.

Dalam sehari, lanjut Melati, tak kurang dari Rp10 juta keuntungan bersih diraihnya.  Setahun, omzet Melati bisa mencapai Rp4,3 miliar. Peternakan Melati, di kawasan Parit Wak Liji, Kabupaten Kubu Raya, telah membawanya menjadi jutawan dalam usia muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *