Info Lowongan Kerja ke Korea Selatan (Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1) 2019

Posted on

Ada informasi lowongan kerja terbaru ke Korea Selatan (Korsel) di bulan Februari 2019. Ini merupakan pembukaan kesempatan kerja TKI ke Korsel yg pertama di tahun ini. Dan sebagaimana biasa di tahun-tahun sebelumnya, info lowongan ke Korea ini baru tahap pra pendaftaran secara online buat ujian EPS-TOPIK saja. Seandainya pendaftarannya diterima, masih banyak tahapan & juga proses yg panjang yg wajib dilewati sampai sahih-benar sanggup berangkat bekerja di Korsel. Jadi walau pendaftaran ujian EPS-TOPIK dibuka bulan Februari 2019 ini, nanti kita berhasil melewati seluruh test, penempatan kerjanya nanti mampu pada akhir tahun, tahun depan 2020, atau bahkan tahun-tahun depannya lagi.

Informasi tentang dibukanya pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2019 ini diumumkan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui website resminya pada tanggal 22 Februari 2019 kemarin. Dan harap diperhatikan, Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2019 maksudnya pendaftaran ini hanya bagi PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang pernah bekerja di Korea, yang secara sukarela kembali ke Indonesia sebelum/sesudah masa kontrak kerja selesai dan ingin kembali bekerja di Korea. Jadi tidak berlaku bagi CTKI pemula yang belum pernah bekerja di negeri ginseng tersebut. Atau bagi yang pernah bekerja di sana tapi pulangnya karena bermasalah hukum.

Info Lowongan Kerja Ke Korea Selatan (Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus Ke-1) 2019

Buat yg belum tahu, EPS TOPIK (Employment Permit System ? Test Of Proficiency In Korean) adalah ujian yang menilai kemampuan berbahasa Korea taraf dasar atau dianggap juga KLPT (Korean Language Proficiency Test). Sedangkan EPS-TOPIK CBT (Computer Basic Test) adalah aplikasi ujian kemampuan berbahasa Korea taraf dasar dengan menggunakan sistem personal komputer .

Baca Juga: Cara dan Syarat-syarat Bekerja Menjadi TKI di Malaysia

Adapun syarat-kondisi buat bisa mengajukan Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Pekerja Migran Indonesia yang telah bekerja di Korea Selatan dan kembali ke Indonesia secara sukarela sebelum masa kontrak kerja mereka selesai (periode waktu kembali dari korea setelah 1 Januari 2010).
  2. Pekerja Migran Indonesia yang telah bekerja di Korea Selatan dan kembali ke Indonesia secara sukarela sesudah masa kontrak kerja mereka selesai dengan VISA jenis E9.
  3. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun (kelahiran antara 20 Maret 1979 s.d. 19 Maret 2001)
  4. Tidak buta warna (total atau parsial) dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir).
  5. Tidak cacat jari atau amputasi.
  6. Tidak sedang atau pernah menjalani hukuman tindak pidana berat akibat perbuatan kriminal atau lainya.
  7. Tidak memiliki catatan pernah dideportasi dari Korea Selatan oleh Pemerintah Korea Selatan.
  8. Tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri oleh Pemerintah Indonesia.
  9. Tidak sedang mengidap penyakit paru-paru, penyakit hepatitis, dan penyakit kelamin.
  10. Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10.

Dan sangat penting juga buat diperhatikan, bahwa:

  • Bagi yang pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun tetapi mendaftar, maka yang bersangkutan akan ditolak untuk mengirimkan dokumen lamaran melalui Sending Public Agency System oleh HRD Korea dan atau CCVI ditolak oleh Imigrasi Korea Selatan.
  • Bagi yang kembali ke Indonesia sebelum amandemen Undang-undang Imigrasi Korea (November 2017), yang bersangkutan dapat melakukan pra pendaftaran online meskipun pernah tinggal di Korea Selatan 5 tahun atau lebih, tetapi akan ditolak untuk mengikuti ujian oleh HRD Korea karena tidak memenuhi kualifikasi ujian.

Pilihan sektor pekerjaan di Korea yang ditawarkan pada Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2019 ini adalah sektor manufaktur & perikanan. Jika pelamar ingin kembali bekerja di loka yg sama seperti ketika sewaktu bekerja di Korea dimana pelamar bekerja di loka tersebut lebih dari setahun, maka wajib menentukan sektor pekerjaan yg sama misalnya sewaktu bekerja di Korea dulu. Oleh karena itu, pelamar harus menentukan sektor pekerjaan dengan seksama mengingat pertimbangan tersebut.

Informasi selengkapnya dan mendetail mengenai pembukaan pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2019 ini bisa sahabat-teman baca pada situs BNP2TKI (www.Bnp2tki.Go.Id). Mulai menurut cara daftar online-nya bagaimana, scan berkas persyaratan apa saja yang harus disubmit, kapan jadwal pelaksanaan ujian, lokasi ujiannya dimana, kapan pengumuman output ujian, berapa porto ujian, cara bayar porto ujian secara online, dan berbagai isu penting lainnya.

Kalau kita memang berniat merantau ke Korea Selatan, maka harus tak jarang-tak jarang mengunjungi situs BNP2TKI tersebut. Sebab saat ini penempatan PMI ke Korea dikelola sepenuhnya sang BNP2TKI melalui acara g2g (Government to Government), yaitu kerjasama antara Pemerintah Indonesia & Pemerintah Korea Selatan pada hal ini antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Kementerian Perburuhan dan Ketenagakerjaan Republik Korea (MOEL).

Baca Juga: Pendaftaran Kerja Ke Korea Selatan Untuk Umum Dengan Sistem Poin Tahun 2019

Demikianlah informasi lowongan kerja ke Korea Selatan 2019 yaitu tentang pengumuman Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2019 bagi Pekerja Migran Indonesia yang pernah bekerja di sana. Jika Anda memenuhi syarat dan berminat bekerja di Korea, segera lakukan pra pendaftaran secara online di website BNP2TKI, karena pra pendaftaran ujian EPS-TOPIK ini hanya dibuka 5 hari dari tanggal 22 Februari hingga 26 Febuari 2019.

Sementara CTKI yang belum punya pengalaman kerja di Korea, buat ketika ini belum ada lowongannya. Kemungkinan buat CTKI pemula bulan April atau Mei baru ada ujian EPS-TOPIK. Kita tunggu saja pengumumannya menurut BNP2TKI. Dan sembari menunggu pengumuman, usahakan sembari terus belajar memperdalam kemampuan berbahasa Korea baik dalam berbicara, menulis & membaca, karenanya itu adalah kondisi mutlak bila ingin bekerja ke sana. Belajar bahasa Korea bisa dilakukan secara berdikari maupun belajar pada LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *