Informasi Lowongan Kerja TKI ke Korea Selatan Tahun 2018

Posted on

Informasi lowongan kerja luar negeri ke Korea Selatan ini kami peroleh eksklusif berdasarkan website resmi Badan Nasional Penempatan & Perlindungan TKI (BNP2TKI), yang adalah forum resmi yg ditunjuk pemerintah buat mengelola penempatan TKI ke Korea & Jepang melalui acara g2g.

Perlu teman-teman ketahui, mulai tanggal 1 Januari 2007 kemudian, pemerintah sudah mengeluarkan peraturan bahwa yang boleh menempatkan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) pada negara Korea Selatan hanyalah BNP2TKI melalui Program G to G. Seluruh proses penempatan TKI ke Korea dilakukan sang BNP2TKI. Jadi teman-teman yang berminat merantau ke Korsel, jangan coba-coba melalui dan percaya dengan calo, sponsor, PL, broker, PT ataupun forum-forum lainnya yang menjanjikan bisa memberangkatkan TKI ke Korea. Hanya BNP2TKI! Selain itu merupakan ilegal.

Dan di tahun 2018 ini, berdasarkan surat menurut Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) angka EPST-637 tanggal 19 Maret 2018, telah dibuka kesempatan Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 bagi PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang pernah bekerja di Korea yang secara sukarela kembali ke Indonesia sebelum/sehabis masa kontrak kerja selesai dan ingin balik bekerja pada Korea.

Baca Juga:Info Lowongan Kerja ke Korea Tahap 1 Tahun 2019

Jadi lowongan kerja ke Korsel buat angkatan pertama tahun 2018 ini khusus hanya diperuntukkan bagi mantan TKI Korea, yang dulu pergi ke Indonesia secara sukarela. Bukan dideportasi akibat berbuat kesalahan. Untuk calon TKI yg belum pernah ke Korea, mungkin nanti beberapa bulan lagi di lowongan selanjutnya.

Informasi Lowongan Kerja TKI Ke Korea Selatan Tahun 2018

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami hidangkan Informasi lengkap Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK CBT (Computer Basic Test) Khusus Ke-1 Tahun 2018 TKI Ke Korea Selatan.

PERSYARATAN

  1. Pekerja Migran Indonesia yang telah bekerja di Korea Selatan dan kembali ke Indonesia secara sukarela sebelum masa kontrak kerja mereka selesai (periode waktu kembali dari korea setelah 1 Januari 2010).
  2. Pekerja Migran Indonesia yang telah bekerja di Korea Selatan dan kembali ke Indonesia secara sukarela sesudah masa kontrak kerja mereka selesai dengan VISA jenis E9.
  3. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun (kelahiran antara 11 April 1978 s.d. 10 April 2000)
  4. Tidak buta warna (total atau parsial) dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir).
  5. Tidak sedang atau pernah menjalani hukuman tindak pidana berat akibat perbuatan kriminal atau lainya.
  6. Tidak memiliki catatan pernah dideportasi dari Korea Selatan oleh Pemerintah Korea Selatan.
  7. Tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri oleh Pemerintah Indonesia.
  8. Tidak sedang mengidap penyakit paru-paru, penyakit hepatitis, dan penyakit kelamin.
  9. Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10.

PENTING: Bagi yang pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun tetapi mendaftar, maka yang bersangkutan akan ditolak untuk mengirimkan dokumen lamaran melalui Sending Public Agency System oleh HRD Korea dan atau CCVI ditolak oleh Imigrasi Korea Selatan.

PILIHAN SEKTOR PEKERJAAN YANG DITAWARKAN

  1. Sektor Manufaktur
  2. Sektor Perikanan
  3. Sektor Konstruksi
  4. Sektor Agriculture/Livestock
  5. Sektor Jasa

Bila pelamar ingin pulang bekerja pada loka yg sama misalnya waktu sewaktu bekerja di Korea dimana pelamar bekerja pada loka tadi lebih menurut setahun, maka harus memilih sektor pekerjaan yang sama misalnya sewaktu bekerja pada Korea dulu. Oleh karena itu, pelamar harus memilih sektor pekerjaan menggunakan seksama mengingat pertimbangan tadi.

Khusus Sektor Konstruksi harus dilengkapi dengan surat berita permintaan menurut pengguna yg usang.

Baca Juga:9 Cara Ampuh Menghasilkan Banyak Uang Melalui HP

PROGRAM HRD KOREA RESETTLEMENT SUPPORT TRAINING

Bagi pendaftar yang pernah mengikuti program HRD Korea Resettlement Support Training selama bekerja di Korea akan mendapatkan berbagai manfaat menjadi berikut:

Informasi Lowongan Kerja TKI Ke Korea Selatan Tahun 2018

  • Bagi yang telah menyelesaikan program HRD Korea Resettlement Support Training, wajib mengupload formulir pendaftaran dan sertifikat.
  • Bagi yang memiliki sertifikat TOPIK tingkat 3 atau lebih tinggi, wajib menyerahkan sertifikat TOPIK dan sertifikat pelatihan Bahasa Korea.

JADWAL PELAKSANAAN

Pendaftaran Online 29 Maret 2018 ? 4 April 2018 (ditutup pukul 00.00 WIB)

Pendaftaran dan Verifikasi Dokumen Pendaftaran 10 – 12 April 2018.

Pengumuman Tanggal Ujian 23 April 2018.

Pelaksanaan Ujian dua Mei 2018 s.D. Selesai.

Pengumuman Hasil Ujian  31 Mei 2018.

Persyaratan Usia Peserta Ujian Kelahiran antara 11 April 1978 s.D. 10 April 2000.

Perhatian! Jadwal bisa berubah sesuai dengan kabar menurut HRD Korea.

TAHAPAN DALAM PELAKSANAAN PENDAFTARAN UJIAN KHUSUS EPS-TOPIK CBT KE ? 1 TAHUN 2018 MELALUI SISTEM ONLINE

1.  Pra Pendaftaran (Online)

a. Tempat Pra Pendaftaran (Online): Pendaftaran sistem online dapat dilakukan dimana saja menggunakan jaringan stabil & memadai.

b.  Metode Pra Pendaftaran (Online) ujian EPS-TOPIK Melalui Sistem online:

  • Pendaftar wajib memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  • Mendaftar sendiri/mandiri melalui fasilitas internet (website BNP2TKI) dengan alamat: http://g2g.bnp2tki.go.id .

C. Hanya peminat yang telah melakukan Pra Pendaftaran (Online) yang dapat melakukan pendaftaran /Verifikasi Dokumen Pendaftaran.

D. Persyaratan Dokumen:

1. Scan Asli KTP.

Dua. Scan Asli Paspor terakhir. Bagi peminat menggunakan paspor kadaluarsa (expired) maka bisa memakai paspor terakhir waktu kepulangan berdasarkan korea.

Tiga. Pasfoto berwarna modern menggunakan latar belakang putih (terlihat dahi dan telinga dan tidak berkca mata diambil dalam jangka ketika 6 bulan terakhir).

4. Scan Asli Ijazah Pendidikan terakhir.

5. Scan Asli Buku Tabungan atas nama pribadi yg masih aktif.

6. Scan Asli laman paspor waktu balik berdasarkan Korea yang telah diberi indikasi Cap Imigrasi Korea sebagai bukti bahwa tenaga kerja yg bersangkutan balik pergi menurut Korea menggunakan sukarela (Cap Kepulangan).

7. Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna. Pada surat fakta dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yg berlaku adalah yg dimuntahkan pada jangka ketika 6 bulan terakhir).

8. Bagi pendaftar yg pernah mengikuti Program HRD Korea Resettlement Support Training harus Scan asli formulir pelaksanaan acara tadi yang sudah diisi dengan lengkap & asli keliru satu dokumen Program HRD Korea Resettlement Support Training berikut adalah (scan sebagai satu arsip dalam format pdf):

  • Sertifikat pelatihan bahasa korea
  • Sertifikat TOPIK level 3 atau lebih
  • Sertifikat Pelatihan Keterampilan Kerja (Job Skill Training for employment. Starting Business)

Masing-masing file dokumen discan (BUKAN DIFOTO) menggunakan ukuran maksimal 1 MB.

E. Cara Pendaftaran:

1. Mengakses website: http://g2g.Bnp2tki.Go.Id

dua. Jika alamat website benar maka akan tampil fakta pengumuman Pendaftaran EPS-TOPIK. Anda diwajibkan membaca isi pengumuman tadi.

Tiga. Pada tampilan keterangan pengumuman registrasi EPS-TOPIK masih ada tombol ?Register Now? Pada pojok kanan atas buat melakukan pendaftaran .

4. Selanjutnya klik tombol ?Register Now? Maka akan tampil tombol pencarian, lalu isi dengan nama (mampu menukar antara nama depan & nama belakang), angka paspor waktu kepulangan terakhir berdasarkan Korea, dan lepas lahir. Setelah semua terisi klik ?Get Data?. Apabila data ditemukan maka dilanjutkan dengan mengisikan data diri, data orang tua, data bank, dan sektor jabatan.

5. Form isian Pra Pendaftaran (Online). Isi data anda dalam kolom form Pra Pendaftaran (Online) tersebut menggunakan cara mengetik identitas diri (nama, lepas lahir, alamat, dll) yang wajib sesuai menggunakan KTP yang dipakai.

6. Setelah mengisi semua kolom yg tersedia pada form isian registrasi selanjutnya mengunggah/upload dokumen:

1)  KTP

2)  Paspor

3) Foto

4) ijazah terakhir (minimal SLTP atau sederajat)

lima) Buku Tabungan

6) Scan Paspor saat balik berdasarkan korea, dan Surat Keterangan Tidak Buta Warna.

7) Khusus bagi PMI yang pernah mengikuti Program HRD Korea Resettlement Support Training, wajib mengupload Scan orisinil formulir aplikasi Program HRD Korea Resettlement Support Training yg sudah diisi menggunakan lengkap (formulir terlampir) & orisinil salah satu dokumen Program HRD Korea Resettlement Support Training berikut ini (scan menjadi satu file dalam format pdf):

  • Sertifikat pelatihan bahasa korea
  • Sertifikat TOPIK level 3 atau lebih
  • Sertifikat Pelatihan Keterampilan Kerja (Job Skill Training for employment. Starting Business)

Dilanjutkan dengan melakukan klik tombol ?Register?. Pastikan semua kolom telah terisi dengan sahih.

7. Ketika tombol ?Register? Di klik maka akan tampil warta ?Apakah anda konfiden akan menyimpan data?? Klik tombol ?Ok? Buat menyimpan data.

8. Setelah tombol register diklik maka akan tampil keterangan:

  • Keterangan berhasil menyimpan
  • Link untuk mencetak form pendaftran online
  • Link untuk download aplikasi “Acrobat Reader” Silahkan klik Link untuk mencetak tanda bukti Pra Pendaftaran (Online).

9. Pada indikasi bukti Pra Pendaftaran (Online) memuat berita yang sudah anda isi beserta Nomor Registrasi & KODE BAYAR buat melakukan pembayaran porto ujian.

10. Tanda bukti Pra Pendaftaran (Online) dapat disimpan dalam bentuk Softcopy (Flashdisk, Hard Disk Eksternal, dll).

11. Tanda bukti Pra Pendaftaran (Online) HARUS dibawa ketika Anda melakukan Pendaftaran dan Verifikasi Dokumen Pendaftaran.

12. Hanya yang telah melakukan Pra Pendaftaran (Online) yang dibuktikan menggunakan indikasi bukti Pra Pendaftaran (Online) yg bisa melakukan Pendaftaran dan Verifikasi Dokumen Pendaftaran.

Dua. Pembayaran Biaya Ujian

1. Membayar biaya ujian sebanyak 24 USD = Rp.332.500 ,- (3 ratus 3 puluh dua ribu 5 ratus rupiah) dengan nilai tukar/kurs dollar lepas 23 Maret 2018 buat 1 USD = Rp 13.849,- melalui Bank BRI.

Dua. Pembebasan Biaya Ujian Bagi pendaftar yg mempunyai galat satu dari sertifikat pelatihan Program HRD Korea Resettlement Support Training diantaranya;

  • Sertifikat pelatihan bahasa korea
  • Sertifikat TOPIK level 3 atau lebih,
  • Sertifikat Pelatihan Keterampilan Kerja (Job Skill Training for employment. Starting Business) akan mendapat pembebasan biaya ujian.

Daftar nama yang dibebaskan porto ujian menurut informasi menurut HRD Korea, hanya peserta yg namanya tercantum & diumumkan menjadi nama yg dibebaskan menurut porto ujian oleh HRD Korea yg memperoleh pembebasan biaya ujian.

A. Metode pembayaran uang ujian Pembayaran bisa dilakukan menggunakan menggunakan Kode Bayar yg tertera pada output cetak pembayaran Pra Pendaftaran (Online) melalui:

  • ATM BRI, atau
  • Internet Banking BRI, atau
  • Teller BRI (dengan menyebutkan pembayaran melalui Brinets Express)

b. Petunjuk Pembayaran menggunakan menggunakan Kode Bayar terlampir.

C. Pembayaran hanya dapat dilakukan dengan memakai Kode Bayar. Jika pembayaran dilakukan langsung ke Rekening BNP2TKI, maka proses Verifikasi Dokumen Pendaftaran tidak bisa dilakukan.

D. Peserta yg sudah mengikuti Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 & dinyatakan tidak lulus sang HRD Korea atau berbuat kecurangan pada saat ujian tidak akan menerima uang pengembalian pendaftaran .

E. Bila peserta mengundurkan diri dan telah membayar uang ujian, nir akan mendapatkan pengembalian uang pendaftaran yg sudah dibayarkan.

F. Peserta yang sudah mendaftar dan dinyatakan nir bisa mengikuti ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 sang HRD Korea, maka uang pendaftaran akan dikirimkan melalui rekening pribadi pendaftar.

G. Hanya peserta yang telah membayar uang registrasi ujian yang diperbolehkan mendaftar.

3. Pendaftaran & Verifikasi Dokumen Pendaftaran

a. Periode Pendaftaran & Verifikasi Dokumen Pendaftaran: 10 ? 12 April 2018 mulai Pukul 08.30 s.D. 16.00 WIB.

B. Jadwal kedatangan buat pendaftaran & verifikasi ke Gedung KITCC Ciracas ? Jakarta Timur akan diumumkan melalui website bnp2tki.Go.Id.

c.  Pendaftar harus berpakaian rapi dan sopan (baju berkerah warna bebas) dan bersepatu.

D. Tempat Pendaftaran dan Verifikasi Dokumen Pendaftaran: Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center (KITCC) ? (belakang BP3TKI Ciracas ? Jakarta Timur) Jl.Pengantin Ali No.71 Ciracas Jakarta Timur (dekat Terminal Kampung Rambutan) Telp. 021-87793803.

E. Metode Pendaftaran : Setelah melakukan Pra Pendaftaran (Online) & melakukan pembayaran porto pendaftaran ujian dengan Kode Bayar, Calon Pekerja Migran Indonesia mendaftar sendiri datang langsung ke lokasi registrasi.

F. Persyaratan Dokumen :

1) Asli Paspor terakhir. Bagi peminat dengan paspor kadaluarsa (expired) diperbolehkan menggunakan paspor terakhir ketika kepulangan berdasarkan korea.

Dua) Asli Paspor waktu kembali berdasarkan Korea yang telah diberi indikasi Cap Imigrasi Korea sebagai bukti bahwa energi kerja yg bersangkutan balik pulang menurut Korea dengan sukarela.

Tiga) 1 (satu) Lembar Scan Paspor berwarna terakhir (paspor baru atau paspor waktu kepulangan dari Korea) ukuran 12,lima x 8,lima centimeter buat ditempel pada Formulir Pendaftaran, & memperlihatkan aslinya.

4) Bukti setor pembayaran uang ujian menurut Bank BRI dengan menggunakan kode bayar melalui Teller/ATM/Internet Banking BRI.

5) Asli KTP.

6) dua (dua) Lembar Pasfoto berwarna modern ukuran ukuran tiga,5 x 4,lima cm dengan latar belakang putih (terlihat dahi dan pendengaran; diambil dalam jangka ketika 6 bulan terakhir);

7) Asli Ijazah Pendidikan terakhir.

8) Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna

Catatan: Pada surat fakta dokter tersebut wajib menunjukkan output & tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku merupakan yang dikeluarkan pada jangka ketika 6 bulan terakhir).

9) Scan orisinil formulir pelaksanaan Program HRD Korea Resettlement Support Training (PMI yg pernah mengikuti Program HRD Korea Resettlement Support Training ) yang telah diisi menggunakan lengkap & orisinil salah satu dokumen Program HRD Korea Resettlement Support Training berikut adalah (scan menjadi satu arsip dalam format pdf):

  • Sertifikat pelatihan bahasa korea
  • Sertifikat TOPIK level 3 atau lebih
  • Sertifikat Pelatihan Keterampilan Kerja (Job Skill Training for employment. Starting Business)

10) Softcopy dokumen yg pada upload saat Pra Pendaftaran (Online)

  • KTP
  • Paspor
  • Foto
  • Ijazah
  • Buku Tabungan
  • Scan Paspor Saat Kembali Dari Korea
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna
  • Sertifikat Program HRD Korea Resettlement Support Training disimpan dalam bentuk Softcopy (Flashdisk, Hard Disk Eksternal, dll).

11) Masing-masing file dokumen discan (BUKAN DIFOTO) menggunakan ukuran maksimal 1 MB. Contoh scan persyaratan dokumen terlampir. Bagi pelamar yang kehilangan sertifikat sebagaimana tersebut pada poin 14, maka sertifikat yang hilang dapat diganti dengan Certificate of Career yang diterbitkan di sistem EPS Center Indonesia. Pendaftar dapat menghubungi kontak berikut:

  • Nomor Telepon 021 – 79186012 / 6016
  • Nomor Telepon 021 – 79186012 / 6014
  • Website http://www.hrdkepsid.com

TEMPAT DAN BENTUK UJIAN

  1. Lokasi ujian: Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center (KITCC) – (belakang BP3TKI Ciracas – Jakarta Timur) Jl.Pengantin Ali No.71 Ciracas Jakarta Timur (dekat Terminal Kampung Rambutan) Telp. 021-87793803 – Ruang Ujian CBT.
  2. Bentuk Ujian adalah Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test / CBT ) dimana peserta ujian mengerjakan soal ujian dan menjawab soal ujian dengan menggunakan komputer.
  3. Pengumuman Pelaksanaan ujian melalui website BNP2TKI www.bnp2tki.go.id , g2g.bnp2tki.go.id, dan website EPS-TOPIK, www.epstopik.hrdkorea.or.kr

RINGKASAN BENTUK UJIAN

Informasi Lowongan Kerja TKI Ke Korea Selatan Tahun 2018

1. Bentuk soal ujian adalah pilihan ganda;

dua. Ujian Mendengar & Membaca akan dilakukan tanpa terdapat jarak waktu istirahat;

tiga. Yang wajib dipersiapkan & dibawa dalam ketika ujian adalah:

  • Kartu Ujian yang diperoleh pada saat pendaftaran (harus dibawa);
  • Paspor dan Kartu Tanda Pengenal yang sama dengan yang digunakan pada saat mendaftar;
  • Peserta ujian yang tidak membawa kartu ujian dan Kartu identitas diri (KTP dan Paspor) tidak diperbolehkan mengikuti ujian dengan alasan apapun.

JUMLAH PESERTA YANG AKAN LULUS

Jumlah peserta yang lulus ujian akan diumumkan lebih lanjut sesuai menggunakan hasil penilaian ujian dimana peserta yang lulus merupakan mereka yg memperoleh nilai tertinggi lebih dari 88 poin menurut nilai aporisma 200 poin.

PENGUMUMAN HASIL UJIAN EPS-TOPIK CBT KHUSUS KE-1 TAHUN 2018

1.  Pengumuman hasil ujian: 31 Mei 2018

dua. Hasil ujian diumumkan melalui:

  • Website BNP2TKI www.bnp2tki.go.id
  • Website EPS www.eps.go.kr
  • Website EPS www.epstopik.hrdkorea.or.kr

3.  Masa berlaku hasil kelulusan Ujian Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 adalah 2 tahun.

INFORMASI PENTING MENGENAI PELAKSANAAN UJIAN KHUSUS EPS-TOPIK CBT KE-1 TAHUN 2018

  • Bila peserta ujian yang mengikuti Ujian Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 ternyata bukan Tenaga Kerja yang kembali dari Korea secara sukarela sebelum masa kontrak kerja berakhir (non-voluntary returnee ) maka hasil ujiannya akan dibatalkan walaupun peserta tersebut lulus ujian;
  • Penentuan seleksi peserta yang dapat mengikuti Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 dan penentuan kelulusan ujian dilakukan oleh HRD Korea dan keputusan HRD Korea tidak dapat diganggu gugat;
  • Peserta ujian yang lulus Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 akan mendapatkan manfaat dari proses penempatan yang lebih cepat. Bagi yang telah lulus mengikuti ujian Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018 tidak diwajibkan mengikuti Preliminary Education, namun apabila dirasakan perlu penyegaran khususnya Bahasa Korea, dapat mengikuti Preliminary Education;
  • Pada saat pelaksanaan ujian, alat komunikasi seperti handphone, kaset player, PDA, MP3 player, kamus elektronik dan alat-alat elektronik lainya dilarang dipergunakan di dalam kelas;
  • Bila peserta ujian ketahuan melakukan tindakan kecurangan pada saat ujian maka hasil ujianya akan dinyatakan gugur dan yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti ujian penempatan ke Korea selama 3 tahun kedepan;
  • Bila terdapat perbedaan data identitas diri pada paspor atau kartu tanda pengenal dengan identitas diri pada lembar pendaftaran (nama, tanggal lahir dan gender), maka proses penempatannya ke Korea akan dibatalkan dan peserta bersangkutan bertanggung jawab sepenuhnya apabila salah mengisi data identitas sehingga terjadi perbedaan identitas diri bersangkutan.
  • Lulus Ujian Khusus EPS-TOPIK CBT ke-1 Tahun 2018 hanya merupakan syarat untuk dapat melamar kerja ke Korea dan tidak sama sekali menjamin dapat bekerja di Korea;
  • Selain itu, bagi yang dinyatakan tidak dapat mengikuti proses penempatan ke Korea oleh HRD Korea disebabkan alasan seperti hasil medical check-up tidak fit atau bagi yang pernah tinggal di Korea secara ilegal (memiliki catatan illegal stay) tidak akan dapat diproses bekerja ke Korea.
  • Untuk alasan peningkatan kualitas kemampuan dalam Bahasa Korea bagi peserta Ujian EPS-TOPIK CBT Khusus ke-1 Tahun 2018, seluruh soal-soal yang akan menjadi bahan Ujian diambil dari pertanyaan tertutup berdasarkan Buku Standar EPS-TOPIK “The Standard Textbook for EPS-TOPIK” yang telah di upload di halaman website HRD Korea dan BNP2TKI.
  • Buku Standar EPS-TOPIK berupa Textbook file (PDF, Sound source) dapat diunduh secara GRATIS di halaman web http://www.hrdkorea.or.kr/3/3/3/1/2 dan http://epstopik.hrdkorea.or.kr
  • Lulus Ujian Khusus EPS-TOPIK hanya merupakan qualifikasi / syarat untuk melamar pekerjaan di Korea dan tidak menjamin kepastian di tempatkan bekerja di Korea.
  • Peserta yang dinyatakan oleh Pemerintah Korea termasuk dalam daftar tidak diperbolehkan masuk ke Korea untuk bekerja seperti yang memiliki hasil medical checkup dinyatakan tidak fit untuk bekerja, atau memiliki catatan pernah tinggal secara ilegal di Korea tidak akan dipilih untuk dipekerjakan di Korea.
  • Sesuai dengan MOU antara Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Kementerian Perburuhan dan Ketenagakerjaan Republik Korea, hanya BNP2TKI yang yang memiliki otoritas untuk melakukan proses penempatan Pekerja Migran Indonesia ke Korea dan hanya pencari kerja yang telah mengikuti ujian khusus EPS-TOPIK dan dinyatakan lulus ujian dan telah teregistrasi oleh BNP2TKI yang dapat dipekerjakan oleh pengguna di Korea. Bila ditemukan keterlibatan pihak swasta atau pihak selain BNP2TKI yang melakukan proses penempatan ke Korea, maka tindakan hukum terkait hal tersebut akan dilakukan.

Baca Juga:Alur Resmi Bekerja Sebagai TKI Ke Korea, Mulai Dari Persiapan Hingga Penempatan

Demikianlah informasi mengenai pengumuman pendaftaran ujian EPS-TOPIK CBT spesifik ke-1 tahun 2018 secara sistem online buat BMI (Buruh Migran Indonesia) tujuan Korea Selatan. Mungkin ada sahabat-teman yg kecewa karena buat lowongan kali ini hanya dikhususkan bagi eks atau yg telah pernah bekerja Korea. Atau terdapat yg sudah pernah kerja pada Korsel tapi terlambat mengetahui liputan ini. Tidak perlu kecewa, karena nanti mungkin akan terdapat lowongan kloter ke-dua atau ke-3. Kalaupun pada tahun 2018 ini tidak terdapat lagi, sanggup mencoba lagi di tahun 2019, 2020, dan seterusnya. Karena kesempatan kerja luar negeri ke Korea Selatan memang tidak selalu ada. Dan artikel ini mampu dijadikan acuan buat melamar loker ke Korea selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *