Jangan Anggap Enteng Keuntungan Bisnis Cengkeh

Posted on

Jangan Anggap Enteng Keuntungan Bisnis Cengkeh

Cengkeh sudah menjadi salah satu komoditas unggulan Indonesia. Lantaran inilah cengkeh yg merupakan tumbuhan asli negeri ini, poly dibudidayakan pada aneka macam pelosok wilayah Indonesia terutama pada kepulauan Banda dan sekitarnya. Cengkeh sanggup dipakai buat banyak hal, diantaranya merupakan sebagai bahan adonan bumbu makanan, sebagai bahan standar minyak cengkeh, dan jua adonan rokok kretek. Saat ini cengkeh telah menyebar & merata, terbukti diberbagai daerah sudah mulai membudidayakan pembibitan pohon cengkeh lantaran peluang usaha di komoditi yg satu ini memang sangat terbuka. Ya, Peluang usaha pembibitan cengkeh punya prospek cerah karena tingginya permintaan yg terdapat.

Di Indonesia sendiri, umumnya terdapat tiga jenis cengkeh yang biasa dibudidayakan, ketiga jenis tadi adalah Zanzibar, Sikotok, dan cengkeh Siputih. Ketiga jenis cengkeh ini, menurut Tiono, salah seseorang petani & pembibitan cengkeh dari Ngebel, Ponorogo, memiliki perbedaan & keunggulan masing-masing.

Peluang bisnis pembibitan cengkeh saat ini, yg paling poly dibudidayakan merupakan cengkeh jenis Zanzibar & Siputih yang memang merupakan cengkeh orisinil & telah turun temurun antar generasi. Terutama jenis cengkeh Zanzibar, produktivitas cengkeh jenis ini sangat tinggi. Bahkan pada panen pertama, apabila pohon cengkeh mempunyai perawatan yang baik, mampu menghasilkan hasil panen yang mengagumkan, sekitar setengah kilo cengkeh basah per pohon. Sedangkan jenis cengkeh Siputih atau Putih, memang kurang dalam hal produktivitas bila dibandingkan menggunakan Zanzibar, namun cengkeh jenis ini relatif tahan akan hama & penyakit. Saat ini, harga cengkeh kemarau perkilo merupakan 135 ribu hingga 250 ribu," katanya.

Saat ditemui pada kediamannya, Tiono menuturkan, bila dirinya ketika ini lebih penekanan dalam wirausaha pembibitan cengkeh Zanzibar & menjualnya pada petani cengkeh berdasarkan banyak sekali wilayah. Menurutnya, peluang usaha pembibitan ternyata lebih banyak menerima hasil, lantaran nir perlu menunggu demam isu panen cengkeh buat menerima uang. Hal pertama yang meski dilakukan buat pembibitan merupakan menggunakan mendapatkan terlebih dulu biji atau benih cengkeh yg diinginkan.

"Biji cengkeh yg akan dijadikan bibit wajib dipilih terlebih dulu. Biji yg bagus umumnya berwarna kuning belia hingga ungu kehitaman. Biji tadi pula nir boleh terdapat stigma, tidak berlendir, & karakteristik biji yg rupawan akan bersemai tepat tiga minggu. Untuk melakukan persemaian ini saya umumnya menggunakan polibag mini yang ditata di meja atau bedengandanquot;. Tambah Tiono.

Setelah 2 bulan, biji cengkeh tersebut akan tumbuh & memiliki 4 hingga 7 helai daun. Tunas cengkeh ini kemudian siap dipindahkan ke polibag. Tetapi demikian, jangan terlalu tergesa-gesa buat segera menjual, karena berdasarkan Tiono supaya membentuk pohon, cengkeh Zanzibar masih memerlukan beberapa tahapan lagi.

Bibit Cengkeh sebelum dijual ke pasar, bibit cengkeh umur dua bulan ini akan diseleksi sang Tiono. Dia akan menentukan bibit cengkeh dengan daun berwarna hijau sampai hijau mengkilap. Selain itu, buat bibit yang ada bercak di bagian atas daun, segera diambil & pada karantina. Tiono mengaku, untuk penyemaian bibit cengkeh ini dia nir memakai pupuk kimia, dia hanya mencampur media menggunakan kompos & tiap hari bila tanah kelihatan kemarau, dia hanya akan memberikan air saja.

Bagi bibit yang lolos seleksi, lalu akan aku pindah ke polibag yg lebih akbar untuk lalu dirawat hingga satu ekspresi dominan hingga dua animo. Umumnya, ketika berusia 2 animo, bibit cengkeh tadi akan memiliki tinggi kurang lebih 60 cm. Agar kelak menjadi pohon cengkeh yg berkualitas, aku umumnya melakukan beberapa perawatan rutin, seperti penyiraman, pengemburan tanah pada polybag. Dan sesudah usia 4 bulan lebih mampu dilakukan pemupukan, menggunakan npk & kompos.? Ujar laki-laki yang jua memiliki showroom bibit cengkeh pada dekat telaga Ngebel ini.

Selain melakukan penyemaian & pembibitan sendiri, Tiono kerap pula mencari bibit cengkeh liar sampai ke hutan-hutan. Biasanya, bila sudah menemukan target bibit cengkehnya, Tiono akan merogoh bibit cengkeh bersama tanahnya atau pada deder. ?Biasanya, cengkeh yg tumbuh tidak sengaja pada hutan atau di bawah pohon-pohon cengkeh ini, memiliki daya tahan yang mengagumkan, waktu langsung ditanam di perkebunan.? Tambah Tiono.

Untuk pemasaran, Tiono nir terlalu risau. Menurutnya hampir sebagian petani cengkeh di wilayah Ngebel memahami mengenai pembibitan yg dia lakukan. Hampir tiap hari, dari Tiono selalu ada orang yg tiba buat membeli bibit cengkeh. Umumnya, mereka membeli satu hingga sepuluh untuk menyulam perkebunan cengkeh. Tetapi tak sedikit pula yg tiba dan kemudian memborong bibit cengkeh milik Tiono.

?Untuk omset yang didapatkan dari wirausaha pembibitan cengkeh jenis zanzibar ini, alhamdulilah cukup buat saya & famili. Saat ini, kebanyakan orang memang mulai beralih ke cengkeh jenis ini, lantaran produktivitasnya yg tinggi, dan masa produknya yg lama .? Ujar Tiono.

Meski demikian, dalam proses pembibitan, Tiono masih kerap menemukan hambatan. Salah satu kendala yg sering terjadi saat pembibitan merupakan pohon cengkeh sangat rentan layu, jika tidak dirawat menggunakan sahih atau posisi bibit terkena cahaya mentari langsung. Selain itu, kendala lain yang kami hadapi merupakan rayap.

?Buat mengantisipasi kendala tadi, aku biasanya kerap menyemprot bibit cengkeh tadi menggunakan air, selain itu bibit cengkeh meski diberi naungan berupa paranet pada atasnya agar cahaya mentari terserap. Untuk masalah rayap, saya umumnya menyemprot bibit cengkeh aku dengan pupuk cair organik.? Ungkap pria yg pula membantu sang istri menjaga warung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *