Langkah Dasar Memulai Usaha Peternakan

Posted on

Langkah Dasar Memulai Usaha Peternakan Peternakan, usaha yg satu ini mulai diincar buat sebagai usaha sampingan yg menjanjikan. Mulai dari peternakan ayam, kambing, sapi, atau ikan mampu sebagai pilihan. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan buat anda yang mau mencoba memulai.

1. Tentukan jenis ternak

Tentu hal ini adalah yang paling mendasar, memilih untuk beternak hewan apa. Lakukan riset dan juga pertimbangkan kemampuan dan juga lahan yang Anda miliki. Hobi bisa menjadi salah satu dasar untuk pemilihan ternak, karena jika Anda sudah  menyukainya maka tidak akan sulit untuk menekuninya.

Dua. Pemilihan lahan

Untuk beberapa jenis ternak seperti kambing dan sapi, tentu membutuhkan lahan yang luas. Namun bila lahan terbatas, bisa memilih ternak mini -kecilan misalnya ayam kampung atau ternak ikan misalnya ikan lele dengan membuat bak semi permanen.

Namun bila sahih-sahih niat memulai usaha ternak, pilihlah huma yang luas dan relatif jauh berdasarkan pemukiman. Hal ini buat menghindarkan pertarungan menggunakan penduduk terkait limbah & juga bau menyengat yg adalah galat satu impak sampingnya.

Tiga. Mempelajari cara pemeliharaannya menggunakan sahih

Hewan ternak bagaimanapun merupakan mahluk hidup yang butuh dipelihara menggunakan baik dan akurat, tak ubahnya manusia. Ternak jua bisa terkena penyakit bahkan endemi. Untuk itu sebelum memulai, pelajari dengan baik cara pemeliharaan, lakukan riset bahkan bila mungkin carilah mentor yg sudah bergelut dibidang tersebut.

4. Bangun jaringan

Jaringan yang bertenaga merupakan kunci pemasaran yang berhasil, buat ternak seperti ayam atau ikan, selain bisa menjual langsung kepada konsumen Anda jua mampu menciptakan kerjasama menggunakan restoran, hotel atau penjual pada pasar. Dengan memiliki pelanggan permanen, maka mampu dipastikan bisnis Anda akan berjalan dengan baik.

Ingatlah bahwa tidak terdapat bisnis yang terlalu kecil untuk ditekuni, semua yg dilakukan dengan benar-benar-sungguh & pantang menyerah walau menghadapi banyak tantangan & kegagalan, pada suatu waktu pasti akan memberikan output. Jadi semangat & raihlah kesuksesan mulai dtk ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *