Langkah-langkah Membuka Bisnis Minimarket

Posted on

Langkah-langkah Membuka Bisnis Minimarket

Berapa modal yang wajib disiapkan buat memulai bisnis minimarket? Banyak pengusaha perseorangan, bukan berdasarkan perusahaan franchise, yg menghendaki kapital minimal & kepraktisan, akan membuka sebuah mini market yang menggunakan sistem franchise. Kita hanya perlu mengajukan surat permohonan kerja sama, persyaratan tempat usaha sinkron standard mereka dan karyawan. Bila disetujui, kita mampu segera membuka sebuah kecil market dengan sistem franchise.

Produk & seluruh sistem pengoperasian kecil market hingga komisi akan diatur oleh sistem perusahaan. Tetapi apabila mempunyai modal yg tidak mengecewakan besar , katakanlah di atas Rp100 juta, disarankan membuka bisnis kecil market sendiri.

Awalnya silahkan menghitung biaya yang akan dikeluarkan tiap meter persegi. Pengamat Keuangan Redmond Medan, Mariana mengatakan, rasio investasi sebuah minimarket mulai dari Rp 3 – Rp 5  juta per meter persegi. Dengan demikian jika ingin membuka usaha minimarket dengan luasan 50  meter persegi setidaknya modal yang diperlukan diluar bangunan adalah Rp 150-250 juta yang berisi 20 rak.

Langkah berikutnya yang harus dimiliki pebisnis yg ingin memiliki minimarket adalah absolut wajib mempunyai loka bisnis diluar kapital. Idelnya luas minimarket mulai berdasarkan 50 m2 hingga 150 m2. Meskipun hanya memiliki ruko atau tempat bisnis hanya 50 m2, tetapi upayakan lebar bagian depan tempat bisnis nir kurang dari lima meter. Yang membedakan mini market dengan pasar swalayan besar merupakan jumlah orang yang kemudian lalang pada daerah tadi. Sebab 80 persen pengunjung minimarket merupakan orang pejalan kaki, sehingga cari lokasi yang mudah dijangkau pejalan kaki. Pastikan lokasi usaha yg akan dibangun minimarket tersebut berada pada tempat stratagis misalnya ruko kompleks perumahan, pinggir jalan yg ramai atau sepanjang jalar masuk menuju kompleks perumahan.

Lalu cari lokasi usaha. Ini yg krusial. Kecil saja, nir harus lokasi yg luas atau akbar. Kalau lokasi rumah strategis, mampu dibangun di rumah. Atau jua bisa menyewa bangunan atau ruko yang relatif akbar di tengah kota. Lalu direnovasi & dibuat sedemikian rupa hingga menarik. Jangan lupa sebuah hal krusial, yaitu lahan parkir. Tidak harus akbar, tetapi cukup nyaman & aman buat parkir tunggangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *