Lupa Email Atau Kata Sandi E-mail Untuk Login Aplikasi BPJSTKU? Begini Satu-satunya Cara Menanganinya

Posted on

Kali ini mengenai bagaimana cara mengatasi akun pelaksanaan BPJSTKu yg nir jangan lupa nama e-mail ataupun password emailnya. Tentunya apabila lupa alamat email yg digunakan buat login ke BPJSTKU Apk, kita jadi nir bisa masuk & memanfaatkan berbagai fitur menarik dan informatif yg terdapat di pada pelaksanaan BPJSTKU seperti cek saldo JHT secara online, mengakses kartu digital BPJS ketenagakerjaan, mencari alamat kantor cabang BPJS TK terdekat, mengajukan pencairan dana JHT secara on-line lewat layanan E-klaim JHT, dan aneka macam menu-menu keren lainnya.

Kami tulis artikel ini sekaligus buat menjawab pertanyaan dari saudari Tiya Auliya yang disampaikan lewat kontak di blog kami, & juga pertanyaan-pertanyaan lainnya di kolom komentar, yang inti konflik yang lebih kurang sama.

Berikut isi pertanyaan mbak Tiya Auliya:

Mau tanya, sebelumnya saya pernah mendaftar akun bpjstku. Namun sekarang aku mau daftar lagi menggunakan email yg baru, lantaran email yg dulu saya lupa paswordnya. Namun pas aku daftar & memasukkan nik ktp ternyata terdapat warta nik sudah terdaftar di email yang saya lupa passwordnya itu. Jadi bagaimana? Mohon penjelasannya? Terima kasih.

Baca Juga:Cara Terbaru 2020 Mencairkan JHT BPJS TK di Tengah Wabah Virus Corona

Lupa Email Atau Kata Sandi E-mail Untuk Login Aplikasi BPJSTKU? Begini Satu-satunya Cara Menanganinya

Terkait permasalahan tidak bisa login ke akun BPJSTKU setidaknya ada tiga macam. Pertama lupa PIN/Password untuk masuk ke akun BPJSTKU, tapi masih ingat email yang dulu digunakan saat pendaftaran akun, dan juga masih ingat password emailnya. Artinya peserta yang bersangkutan masih dapat mengakses e-mail tersebut. Untuk masalah ini solusinya tidak terlalu sulit. Panduannya sudah kami bahas tuntas di artikel sebelumnya. Jika ingin membacanya, teman-teman silahkan Klik Di Sini .

Masalah kedua merupakan lupa PIN buat login ke akun BPJSTKU, hanya ingat alamat emailnya saja namun lupa istilah sandi email tadi, sebagai akibatnya tidak mampu digunakan buat memperoleh kode pembuktian buat pemulihan istilah sandi. Untuk dilema ini, langkah yang bisa dilakukan merupakan memperbarui password emailnya terlebih dahulu menggunakan angka telepon atau alamat email lain yang dikoneksikan menggunakan email yg password lupa tersebut. Setelah email sanggup diakses kembali, tinggal membarui PIN akun BPJSTKU seperti konflik pertama di atas.

Yang jadi hambatan berikutnya adalah apabila alamat email (yang password-nya lupa) yang dipakai buat mendaftar akun aplikasi BPJSTKu tersebut nir ditautkan menggunakan angka telepon atau alamat e-mail yg lain, sehingga nggak terdapat sarana buat konfirmasi mengubah password. Kalau sudah begini kasusnya, penyelesaiannya mau tidak mau memang harus misalnya cara mengatasinya permasalahan ketiga berikut adalah.

Konflik yg ketiga merupakan lupa PIN sekaligus lupa email yg digunakan buat login. Kalaupun masih jangan lupa PIN-nya tapi lupa e-mailnya jua sebenarnya percuma. Tetap tidak mampu masuk karena email adalah yg utama. Masalah nir jangan lupa email buat login ke pelaksanaan BPJSTKu ini merupakan pertarungan yg paling fatal. Itu adalah sama saja kita sudah kehilangan akun. Misalnya mau daftar lagi buat akun yang baru dengan email yang berbeda pula nir mungkin sanggup, sebab no KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/BPJS Ketenagakerjaan & NIK (Nomer Induk Kependudukan) telah terdaftar pada email sebelumnya.

Maka menurut itu, id email berikut istilah sandi email yg digunakan buat pendaftaran akun BPJSTK itu harus sahih-sahih diingat baik-baik. Kalau perlu disimpan pada note atau buku catatan. Sebab email tadi yang akan kita gunakan buat mendapat kode pembuktian seandainya mengalami permasalahan lupa PIN. Email tersebut jua yg akan sahabat-teman gunakan saat ingin mengurus pencairan uang JHT (Jaminan Hari Tua) secara online. Tidak boleh menggunakan email yang berbeda menggunakan e-mail yg dimasukkan waktu registrasi akun. Dan bila kita tidak dapat lagi mengakses email tadi akibat lupa password-nya atau lebih parah lupa nama emailnya, tamatlah riwayat akun BPJSTKU kita. Intinya kita telah kehilangan akun. Mau bikin akun baru menggunakan email lain juga nir akan mampu lantaran data-data kepesertaan dan kependudukan kita sudah terdaftar di email sebelumnya.

Baca Juga: Tips Mencairkan Dana JHT BPJS TK/Jamsostek Supaya Cepat dan Lancar

Lantas bagaimana cara menangani akun pelaksanaan BPJSTKu yg lupa emailnya? Saat ini satu-satunya solusi buat mengatasi perkara tadi merupakan dengan reset akun alias menghapus akun. Nantinya setelah akun berhasil terhapus kita bisa bikin akun baru dengan kembali pendaftaran memasukkan data-data kepesertaan & kependudukan memakai email yang berbeda.

Ada beberapa cara yang mampu ditempuh untuk mereset akun BPJSTKU yang telah tidak bisa diakses akibat lupa email login-nya. Pertama menggunakan menelepon call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175 atau 15000910, sampaikan keluhan kita bahwa kita lupa email yg digunakan untuk masuk ke aplikasi BPJSTKU dan ingin meresetnya. Nanti kita akan diminta warta data berupa:

1. Nomor surat keterangan/angka kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak;

dua. Nama lengkap;

3. Tempat & tanggal lahir;

4. Nama bunda kandung;

lima. Nomor EKTP.

Setelah kepesertaan kita terlacak, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mereset akun BPJSTKU kita. Namun proses reset akun nir sanggup cepat, bisa memakan saat berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Jadi teman-sahabat musti bersabar. Jika kita coba pendaftaran akun baru dengan submit data-data kependudukan, akan tetapi timbul pemberitahuan bahwa NIK kita telah terdaftar itu berarti akun kita masih dalam proses reset. Tetapi bila sudah nir ada notif tadi, & saat submit-submit data berjalan lancar, berarti akun BPJSTKU kita telah berhasil direset.

Baca Juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dan BPJS Ketenagakerjaan

Tetapi teman-sahabat kami sarankan buat pakai cara kedua saja, yaitu menghubungi via pesan (inbox) pada halaman resmi Facebook BPJS Ketenagakerjaan. Metode ini tentunya lebih murah lantaran tidak membutuhkan pulsa telepon. Selain itu apabila melalui pesan FB, besok-besoknya kita bisa konfirmasi bertanya apakah akun BPJSTKU kita telah berhasil direset atau masih pada proses.

Pada saat chat dengan admin Official Facebook Fanpage BPJS Ketenagakerjaan kita juga akan diminta data-data kepesertaan meliputi No KPJ, nama lengkap, tempat tanggal lahir, NIK e-KTP, dan nama Ibu kandung. Setelah itu kita tinggal menunggu akun BPJSTKU kita direset. Setelah berhasil reset, silakan membuat akun BPJSTKu lagi dengan e-mail yang lain. Silahkan baca tutorial membuat akun BPJSTKu yang baru Di Sini .

Seperti itulah solusi mengatasi akun pelaksanaan BPJSTKu lupa alamat emailnya. Semoga sanggup membantu sahabat-sahabat pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tengah mengalami konflik tadi. Dan jika telah berhasil memiliki akun BPJSTKU lagi menggunakan nama email yg tidak selaras, catat atau ingat baik-baik alamat emailnya beserta password-nya, supaya masalah ini tidak terulang pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *