Masih Menggeliatnya Bisnis Ikan Air Tawar

Posted on

Masih Menggeliatnya Bisnis Ikan Air Tawar

Bisnis ikan air tawar di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, masih menjanjikan seiring dengan meningkatnya konsumsi ikan oleh masyarakat di wilayah tersebut yg menerangkan grafik positif dan diperkirakan terus semakin tinggi pada waktu mendatang.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Muhammad Hadi pada Temanggung, berkata semakin banyak rakyat yang usaha ikan mulai dari pembenihan, pembesaran, pemasaran ikan, hingga pengolahannya.

"Dalam beberapa tahun terakhir semakin poly warga berbisnis ikan, hal ini merupakan tren positif yang wajib dibina oleh pemerintah," pungkasnya.

Dia menyebutkan akhir-akhir ini poly rakyat yang berkonsultasi perkara budi daya ikan pada Kantor Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung pada kompleks Balai Benih Ikan (BBI) Mungseng, Temanggung.

"Hal ini menerangkan minat warga buat budi daya ikan terus semakin tinggi & permintaan ikan pun pula meningkat," ucapnya.

Hadi berkata pasokan ikan pada Temanggung sebagian masih menurut luar wilayah. Produksi ikan di Temanggung baru mencapai 5.949,35 ton, sedangkan kebutuhan mencapai 9.300 ton.

Hal itu lantaran huma yg terdapat belum optimal dimanfaatkan sang masyarakat. Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, wilayah setempat sanggup memenuhi sendiri serta dapat dikirim ke luar wilayah.

Ia menuturkan taraf konsumsi ikan di Kabupaten Temanggung pada 2016 ditargetkan 16,9 kilogram/kapita/tahun, namun realisasinya mencapai 19,lima kilogram/kapita/tahun.

Ia menyampaikan pada 2017 taraf konsumsi ikan di Temanggung ditargetkan mencapai 19,7 kilogram/kapita/tahun.

Dia mengungkapkan banyak sekali program & aktivitas dilakukan pemerintah buat menggenjot produksi ikan, mulai dari anugerah bantuan wahana dan prasarana usaha peternakan ikan hingga pembinaan peningkatan kualitas sumber daya insan.

"Semakin poly yg terlibat dalam bidang perikanan sangat rupawan, produksi ikan sanggup semakin tinggi buat memenuhi kebutuhan," ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *