Mau Bekerja Ke Luar Negeri? Pastikan Dulu Data-data Di Dokumen-dokumen Berikut Ini Sama Semua

Posted on

Kali ini blog Jangan Nganggur akan membahas persyaratan dokumen atau berkas buat bekerja ke luar negeri sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) atau sekarang diklaim PMI (Pekerja Migran Indonesia). Ini merupakan syarat-kondisi dokumen kerja ke luar negeri yang utama secara umum. Maksudnya, ke negara manapun tujuan Anda merantau, mau ke Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia, Kamboja, Brunei Darussalam, Amerika, Australia, Saudi Arabia, Yaman, Uni Emirat Arab & negara-negara lainnya, Anda harus memiliki dokumen utama ini. Kami sebut dokumen utama, lantaran nantinya pasti akan terdapat dokumen-dokumen tambahan tergantung ke mana negara tujuan CTKI & jenis pekerjaan yg dilamar.

Kurang galat satu satu saja berdasarkan dokumen-dokumen persyaratan primer yg akan kami jelaskan ini, maka harapan Anda buat bekerja ke mancanegara dipastikan akan gagal.

Mau Bekerja Ke Luar Negeri? Pastikan Dulu Data-data Di Dokumen-dokumen Berikut Ini Sama Semua

Lalu apa saja sih syarat dokumen atau berkas yang wajib dimiliki seorang untuk sanggup bekerja sebagai TKI ke luar negeri? Berikut ini rincian selengkapnya:

1. Akte Lahir/Surat Kelahiran

Kalau melamar kerja pada pada negeri tampaknya sangat sporadis perusahaan yang mengharuskan pelamar menyertakan berkas Akte Kelahiran pada pada CV dan surat lamaran kerjanya. Jadi meskipun kita nir mempunyai surat kelahiran, kita nir khawatir tidak memperoleh pekerjaan. Berbeda ceritanya kalau kita ingin bekerja jadi TKI ke luar negeri. Untuk bisa bekerja luar negeri kita wajib memiliki surat kelahiran resmi yg dimuntahkan oleh Disdukcapil atau pihak yang berwenang akan hal tadi.

2. KTP (Kartu Tanda Penduduk) Elektronik

Dokumen selanjutnya yg musti dimiliki sang CTKI (Calon Tenaga Kerja Indonesia) adalah kartu bukti diri berupa e-KTP alias KTP Elektronik. Kenapa wajib KTP elektrik? Sebab KTP Elektronik sudah dilengkapi fitur utama yaitu Biometrik dan Chip, sehinggga lebih terjamin, akurat dan memudahkan buat validasi data.

KTP sementara, KTP model usang (konvensional) tidak akan diterima. Kartu bukti diri lain seperti SIM, kartu mahasiswa, Kartu anggota partai, & lain-lain juga tidak berlaku. Jadi buat sahabat-sahabat yang berniat mengadu nasib ke luar negri, pastikan KTP (Kartu Tanda Penduduk) anda telah elektro. Jika belum punya, segera diurus ke Disdukcapil ataupun tempat kerja camat pada wilayah anda. Toh walaupun bukan untuk persyaratan bekerja ke mancanegara, e-KTP tetap diperlukan buat banyak sekali urusan administrasi.

BACA JUGA: Sekarang Program BPJS Ketenagakerjaan Juga Wajib Diikuti Oleh TKI di Luar Negeri

Kartu Keluarga jua merupakan dokumen yang harus dimiliki oleh setiap calon TKI. Untuk yg masih lajang tentunya menggunakan KK milik orang tuanya. Sementara bagi yg telah menikah, menggunakan Kartu Keluarga sendiri.

Berkas persyaratan bekerja ke luar negeri berikutnya merupakan Ijazah Pendidikan/Sertifikat Kompetensi. Untuk persyaratan berkas yg ini tinggal diubahsuaikan menggunakan keterangan lowongan kerja ke luar negeri yg diberikan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan & Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) ataupun PPTKIS (Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta). Lantaran ijazah terakhir/Sertifikat Kompetensi yang disyaratkan mampu saja bhineka tergantung negara tujuan, calon majikan, bidang pekerjaan, & pula perusahaan yang akan dilamar.

Bagi CTKI yg telah kawin, harus memiliki kitab nikah ketika ingin mendaftar bekerja keluar negeri. Maksudnya, jika kitab nikah Anda hilang atau rusak, maka harus mengurus pembuatan akta nikah yg baru pada KUA buat menggantikan buku nikah yang hilang atau rusak tadi.

Dokumen harus lainnya yang harus dimiliki buat bisa bekerja ke luar negri adalah Surat Izin. Bagi laki-laki yg telah menikah, harus mempunyai surat biar berdasarkan oleh istri. Bagi wanita bersuami yang ingin jadi TKW, harus mempunyai Surat Izin berdasarkan suami. Sementara bagi yg masih lajang, yang telah janda ataupun duda, harus mendapat surat izin menurut orang atau wali.

Itulah syarat-syarat dokumen primer yg musti dilengkapi sebelum tetapkan mencari kerja ke luar negeri. Sekali lagi harap diingat, dokumen-dokumen pada atas baru dokumen utamanya saja. Nantinya niscaya masih ada dokumen-dokumen tambahan tergantung negara tujuan & jenis pekerjaan yg Anda lamar. Misalnya mau bekerja ke Korea Selatan, calon TKI harus memiliki Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari kedokteran, SKCK, & berbagai berkas pendukung lainnya.

Dokumen persyaratan Bekerja Ke Luar Negeri - Mau Bekerja Ke Luar Negeri? Pastikan Dulu Data-data Di Dokumen-dokumen Berikut Ini Sama Semua

Dan, yg nir kalah penting, data-data diri yang ada pada dalam dokumen-dokumen tadi pada atas harus sama antara dokumen yang satu dengan dokumen yg lain. Terutama ejaan nama & tempat lepas lahir itu wajib banget sama. Ada disparitas satu alfabet saja contohnya di ijazah nama yg tertulis Ferri Maryadi, sementara pada KK tertulis Ferry Maryadi, hal tersebut sanggup menyebabkan kasus di kemudian hari. Jadi agar proses bekerja ke luar negeri berjalan lancar, serta buat menghindari hal-hal yang nir diinginkan di lalu hari, usahakan diperbaiki dulu jika terdapat data yg tidak sama terutama ejaan nama & loka tanggal lahir dalam berkas-berkas persyaratan yang sudah disebutkan di atas.

BACA JUGA: Cara dan Persyaratan Umum Bekerja Menjadi TKI di Korea Selatan

Demikianlah artikel kami kali ini. Semoga membantu teman-teman yang tengah mencari kerja dan punya cita-cita bekerja ke luar negri. Intinya bila ingin bekerja ke luar Indonesia, kita wajib mempersiapkan dokumen-dokumen primer berupa Akte Kelahiran, KTP Elektronik, Kartu Keluarga, Ijazah Pendidikan/Sertifikat Kompetensi, Buku Nikah jika telah menikah & Surat Izin Dari Suami/Istri/Orang Tua/Wali.

Selain wajib lengkap, biodata diri terutama ejaan nama dan loka lepas lahir pada pada berkas-berkas persyaratan tersebut harus cocok antara berkas yg satu menggunakan yang lainnya. Nah, jika telah memiliki seluruh berkas persyaratannya, data-data diri yg terdapat pada dalamnya pula cocok satu sama lain, silakan menuju ke langkah berikutnya yaitu mencari isu lowongan kerja ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *