Menambah Penghasilan Dengan Budidaya Cacing Sutra

Posted on

Menambah Penghasilan Dengan Budidaya Cacing Sutra Bagi penghobi ikan hias atau peternak ikan benih, Cacing sutra (Tubifex) atau cacing darah telah nir asing lagi. Karena cacing sutera merupakan sumber kuliner yang mempunyai nilai gizi yg tingi bagi ikan-ikan tadi. Kandungan protein cacing sutra yg mencapai 57% & lemak 13% membuat benih ikan akan tumbuh dengan cepat bila diberi makan kuliner ini. Bagi penghobi ikan hias, cacing sutra dianggap akan mempertinggi kualitas rona pada ikan dan menambah kualitas ikan tersebut. Harga cacing sutra pada pasaran lebih kurang 5000 rupiah per gelas air mineral atau kurang lebih 250 ml.

Permintaan cacing sutra yang terus meningkat menciptakan stok cacing sutra kekurangan. Hal ini ditimbulkan lantaran suplai cacing sutra secara umum masih mengandalkan tangkapan alam. Para penangkap cacing sutra mengambil cacing-cacing menurut sungai & kemudian menjualnya ke peternak langsung atau ke toko-toko ikan hias.

Apalagi dalam trend penghujan, saat demam isu hujan aliran air dalam sungai relatif deras sebagai akibatnya cacing sutra sulit ditemukan. Kondisi ini menyebabkan pasokan cacing sutra menurun, banyak peternak ikan atau penghobi mengantri hingga tidak kebagian.

Melihat kondisi ini budidaya cacing sutra sebagai pilihan yang mungkin buat dilakukan. Budidaya cacing sutra tidak hanya menaruh kemudahan bagi pencari cacing sutra tetapi juga menaikkan penghasilan. Berdasarkan penelitian dari Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Negeri Surabaya , produksi cacing sutra hasil budidaya ini membentuk cacing sutra dua kali lipat lebih banyak. Apabila pada penangkapan alam dalam seminggu didapatkan 100 gelas cacing sutra maka dengan budidaya membuat 200 gelas.

Jika satu gelas cacing sutra harganya 5000 rupiah, maka penangkapan alam membentuk pendapatan 500.000 rupiah sedangkan , cacing sutra budidaya membuat 1 juta rupiah. Merupakan peningkatan jumlah yang tidak mengecewakan besar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *