Mencicipi Gurih Bisnis Abon Lele

Posted on

Mencicipi Gurih Bisnis Abon Lele

Meski Abon lele masih kalah terkenal bila dibandingkan dengan abon sapi, namun musim konsumen akan olahan yang satu ini cukup akbar. Selain mempunyai kandungan protein, abon lele dikenal memiliki kandungan lemak yg rendah sebagai akibatnya baik untuk kesehatan. Salah satu pusat olahan abon lele pada daerah Boyolali ternyata cukup eksis pada bisnis makanan yg satu ini. Abon lele bisa menambah nilaie konomis bagi daging ikan lele. Selain itu daging ikan lele yang sudah diolah menjadi abon sanggup lebih awet buat disimpan dalam saat lama tanpa kehilangan kandungan gizi & protein.

Untuk menciptakan abon lele , 10 kilogram lele segar bisa membentuk tiga kilogram abon siap dikonsumsi. Harga 1 kilogram lele segar lebih kurang Rp.11.000 sedangkan harga abon lele satu kilogram sanggup dijual sekitar 130 ribu rupiah. Dengan berbekal kapital 10 kilogram lele segar bisa dihitung berapa laba berdasarkan bisnis yg satu ini.

Pasar abon ikan lele ini selain sanggup dipasarkan melalui warung, swalayan dan toko-toko kuliner ternyata sudah menempus pasar ekspor ke Eropa. Kendala pengetahuan teknis mengenai tatacara ekspor ditengarai menjadi masalah masih rendahnya ekspor abon lele.

Apabila anda tertarik menggunakan merasakan gurihnya bisnis abon lele ini, nir terdapat salahnya apabila anda mencoba membuat sendiri abon lele. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilihlah lele yg segar & baik.

Dua. Pisahkan daging & kulit ikan lele. Tunggu beberapa waktu sehabis lele mati supaya lebih gampang dalam proses pemisahan.

3. Cuci higienis lalu kukus selama kurang lebih 30 mnt.

4. Pisahkan duri tengah lele menggunakan daging kemudian tiriskan.

Lima. Siapkan bumbu-bumbu diantaranya bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, gula merah, garam & bumbu-bumbu lain. Tambahkan juga daun jeruk dan serai.

6. Haluskan semua bumbu & tumis sekitar lima menit.

7. Masukkan ikan lele dan diaduk rata sekitar 15 mnt. Daging ikan lele akan berubah sebagai coklat, tungu hingga seluruh minyak keluar dari daging lele.

8. Masukkan daging pada mesin press dan dipress selama 3-5 menit. Setelah itu tiriskan di atas kertas minyak agar abon lele tidak menggumpal.

9. Abon siap tersaji atau dikemas kemudian dipasarkan.

Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *