Mengikuti Kegiatan Preliminary Education (Prelim) Sebagai Persiapan Bekerja di Korea Selatan

Posted on

Prelim atau Preliminary Education (PE), merupakan kegiatan peningkatan kemampuan bahasa Korea, pembekalan & informasi pada calon TKI Korea supaya mempunyai kesiapan mental, kerohanian, kepribadian, pengetahuan bekerja di Korea, tata cara embarkasi dan kepulangan, pengiriman uang, hak dan kewajiban serta mampu mengatasi kasus yang dihadapi selama bekerja pada sana.

Kegiatan Preliminary Training ini adalah termin kelanjutan sesudah anda menerima SLC (Standar Labour Contract) atau Kontrak Kerja. Di artikel sebelumnya sudah kami bahas tentang terbitnya SLC. Semoga anda sudah membacanya, sebagai akibatnya mampu paham menggunakan urutan alur resmi penempatan TKI ke Korea Selatan.

Baca Sebelumnya: Mendapat SLC atau Kontrak Kerja Dari Perusahaan di Korea Selatan

Prelim, menurut aku langsung adalah termin yg paling menyenangkan walaupun terdapat jua sedikit perasaan menegangkan. Menyenangkannya karena berkumpul dengan orang-orang yang akan sama-sama bekerja ke Korea. Kalau sudah ikut prelim, 90% positif akan berangkat. Hanya kesialan & kecerobohan saja yang menciptakan seorang gagal berangkat. Ibaratnya bila sudah sampai di termin Prelim, tinggal selangkah lagi maka mimpi bekerja pada Korea akan terwujud, & bayang-bayang serunya merantau pada negara maju menggunakan gaji yg akbar telah berseliweran di ketua.

Mengikuti Kegiatan Preliminary Education (Prelim) Sebagai Persiapan Bekerja Di Korea Selatan

Sementara menegangkannya lantaran akan ada test kesehatan lagi, akan menjalani training & dididik menggunakan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Pengajarnya akan dipimpin eksklusif oleh orang Korea yg telah pandai berbahasa Indonesia, dan ditambah pembina berdasarkan kalangan TNI, maka jika anda tidak disiplin bisa mendapat hukuman peringatan misalnya lari jongkok di lapangan pada atas teriknya surya, push up, dan lain-lain.

Selain itu, hal-hal yang harus diurus & dipersiapkan buat mengikuti Preliminary Education pula relatif banyak. Dana yang diperlukan pula tidak sedikit mulai menurut biaya medical check up, biaya konsumsi, apply visa, biaya transportasi ke lokasi Prelim, apalagi buat CTKI yg tinggal pada daerah tentunya harus mengeluarkan porto transportasi yang lebih mahal. Kegiatan Prelim ini umumnya dilaksanakan pada Ciracas, Jakarta Timur. Namun kadang pula pada Cirebon, Jawa Barat, dan sanggup jua di Semarang, Jawa Tengah. Tinggal diadaptasi dengan jadwal yg anda peroleh pada pengumuman. Sementara lamanya saat kegiatan Prelim merupakan enam hari.

PERSIAPAN UNTUK MENGIKUTI PRELIM

Nama-nama CTKI yg menerima panggilan Preliminary Education akan diumumkan di website BNP2TKI berikut lokasi dan jadwal pelaksanaannya. Jika anda keliru satunya yg beruntung terpilih, sebelum berangkat ke Jakarta anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya menggunakan sebaik-baiknya. Antara lain:

1. KTP Elektronik orisinil & fotokopinya 5 lembar.

Dua. Paspor orisinil pula fotokopinya 5 lbr.

3. SKCK asli yg dikeluarkan Polda pada wilayah loka tinggal anda, jua fotokopinya 5 lembar.

4. Seluruh ijazah yang dimiliki, mulai menurut SD sampai pendidikan terakhir anda, (misalnya SD, Sekolah Menengah pertama, Sekolah Menengah Atas, D3, S1, S2) yg orisinil & masing-masing difotokopi 5 lembar.

5. Surat biar berdasarkan famili (orang tua/wali/suami/istri) yang diketahui lurah atau kepala desa di tempat tinggal anda serta diberi stempel atau cap basah, orisinil & fotokopinya 5 lembar.

6. KK (Kartu Keluarga) orisinil dan fotokopinya 5 lbr.

7. Sertifikat EPS-TOPIK asli dan fotokopinya 5 lembar.

8. SLC atau kontrak kerja orisinil dan fotokopinya 5 lembar.

9. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang dipakai ketika melamar dan dilegalisir Kepala Sekolah, jika menurut Sekolah Negeri & bagi yg bersekolah swasta dilegalisir oleh Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat serta bagi ijazah MTs atau MAN/MAS dilegalisir sang Kantor Agama Kabupaten/Kota setempat.

10. Membawa paspor menggunakan masa berlaku minimal 1 (satu) tahun. Bagi yg nir membawa paspor tidak diperkenankan mengikuti Preliminary Education.

11. Membawa map berwarna eksklusif (sesuikan menggunakan pengumuman yang anda dapatkan) sebanyak 2 lembar, 1 buah map plastik, Materai Rp. 6.000 sebesar 4 lbr, dan peralatan tulis menulis.

12. Membawa tas pinggang warna gelap untuk menyimpan dokumen-dokumen penting yang dibawa saat Preliminary Education.

13. Membawa pasfoto berwarna terkini (6 bulan terakhir), berukuran tiga.5 mm x 4.5 mm latar belakang putih, full face terlihat indera pendengaran sebanyak 6 lembar.

14. Pada saat melakukan Preliminary Education berpakaian baju lengan panjang putih, celana panjang hitam, berdasi (minimal tiga potong).

15. Khusus buat CTKI pria, wajib memangkas rambut maksimal 2 cm.

16. Membawa kaos putih & pelatihan warna hitam buat keperluan olahraga.

17. Membawa Hasil Pemeriksaan Psikologi. Pemeriksaan psikologi ini boleh dilakukan di daerah anda sendiri, tapi menggunakan item pemeriksaan yang mengacu pada lampiran yg masih ada pada pengumuman panggilan Prelim. Hasil pemeriksaan psikologi tadi nantinya diserahkan kepada panitia penyelenggara preliminary education.

18. Membawa alat-alat mandi.

19. Membayar iuran pertanggungan BPJS Ketenagakerjaan buat pra penempatan sebanyak Rp. 37.500, & jua mencetak kartu kepesertaannya di tempat kerja cabang BPJS Ketenagakerjaan pada wilayah dari anda. Tata cara pembayarannya tertera di dalam pengumuman. Anda tinggal mengikutinya.

Semua hal pada atas harus anda persiapkan sebelum memulai Prelim sinkron jadwal yg anda peroleh. Termasuk berkas-berkas fotocopy-nya wajib anda persiapkan semenjak awal, karena pada loka penyelenggaraan Preliminary Education tidak menyediakan fasilitas fotocopy. Untuk ketika kedatangannya, anda harus telah berada di lokasi Prelim paling telat jam 10.00 pada hari pertama, bila terlambat maka SLC atau kontrak kerja anda akan dibatalkan.

BIAYA MENGIKUTI PRELIMINARY TRAINING

Biaya yg diperlukan dalam saat kegiatan Preliminary Education juga tinggal diadaptasi menggunakan yg tercantum di pada pengumuman yg anda dapatkan. Beda lokasi Prelim tidak sinkron pula biayanya. Prelim pada Cirebon dan Semarang lebih mahal dibanding pada Jakarta.

Untuk Prelim di Ciracas, Jakarta, biaya yang dipersiapkan merupakan untuk membayar:

Medical Check-up (nontunai): Rp. 800.000.

Apply Visa: Rp. 1.072.000.

Konsumsi: Rp. 300.000.

Selain itu porto-porto tersebut, jika anda telah menerima panggilan Preliminary Education, anda pula musti mempersiapkan uang di dalam tabungan buat biaya keberangkatan. Mulai menurut buat pelunasan tiket pesawat, bayar premi BPJS Ketenagakerjaan buat masa & purna penempatan, uang saku buat sebulan di Korea sebelum mendapat gaji pertama, uang pembayaran jaket seragam buat digunakan dalam waktu penerbangan, uang persiapan buat jaga-jaga andai saja anda dipulangkan, dan lain-lain. Semuanya nanti akan dijelaskan dalam ketika Preliminary Education.

Jika sudah hingga pada termin Preliminary Training ini, anda kekurangan biaya , anda sanggup mengajukan pinjaman KUR ke bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) sebesar 10 juta.

MEDICAL CHECK UP LAGI

Untuk test kesehatan atau medical check up (MCU) akan dilaksanakan pada lokasi Prelim & itu harus menjadi kondisi bekerja di Korea. Hasil medical check up sebelumnya, atau hasil MCU pada loka lain, nir diterima dan nir berlaku.

Hasil medical check up akan diumumkan di hari terakhir Prelim. Dan yang dinyatakan unfit to work atau tidak sanggup diberangkatkan merupakan yang menandakan:

  • Hepatitis (A dan B) positif.
  • Syphilis Positif (penyakit sexual menular).
  • Tubercolosis (TB) atau Old TB positif, Sisa Pleuritis (selaput radang pluera).
  • Buta Warna Total atau Parsial.
  • Corpus Alienum (benda asing tampak pada hasil pemeriksaan X-Ray, seperti susuk).
  • Positif hamil.
  • Cacat fisik.
  • Tuli atau gangguan pendengaran.
  • Tekanan darah melebihi 135/95 mmhg.
  • Hati yang membesar dengan SGPT dan SGOT tinggi.
  • Leukemia.
  • Suspek diabetes melitus/kencing manis.
  • Kolesterol tinggi.
  • Asam urat tinggi.
  • Mata minus/plus lebih dari 5 di salah satu atau kedua mata.

Bagi yang nir lolos tes kesehatan bukan karena penyakit-penyakit yang ganas, silahkan anda berobat dan sembuhkan terlebih dahulu, lantaran terdapat harapan lolos dalam medical check up susulan.

Selain itu, sehubungan dengan diadakannya pemeriksaan narkoba secara acak pada KBIZ (gedung Pelatihan Korean Federation of SMEs) Korea Selatan, serta semangat Pemerintah Indonesia pada memerangi narkoba dan sinkron menggunakan Peraturan Menteri Keseharan RI nomor : 29 tahun 2013 tentang Pemeriksaan Kesehatan Calon Pekerja Migran Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri, pula akan dilakukan inspeksi bebas narkoba, pemeriksaan fisik lengkap dan inspeksi jiwa sederhana.

Seperti itulah tahap Preliminary Education yg wajib anda ikuti sebelum diberangkatkan ke Korea Selatan. Dan pada waktu mengikuti kegiatan tersebut, anda tidak diperkenankan keluar menurut tempat Preliminary Education kecuali seijin dari pembina. Jika anda kedapatan keluar pagar dari lokasi Prelim, maka proses penempatan anda akan dibatalkan oleh BNP2TKI.

Setelah selesai melaksanakan Preliminary Education selama 6 hari tadi, & kesehatan serta pemberkasan anda dinyatakan nir bermasalah, selanjutnya adalah menunggu visa kerja atau CCVI (Confirmation of Certification of Visa Issuance) yang diterbitkan oleh tempat kerja imigrasi Korea menjadi syarat untuk pengajuan visa pada Kedutaan Korea Selatan.

Terbitnya CCVI ini juga bisa anda cek di akun EPS-TOPIK anda. Pada kolom 7 yaitu menu ‘Pengeluaran CCVI’, jika di sana tertulis ‘Diterbitkan’, itu artinya Visa Kerja/CCVI anda sudah diterbitkan.

Setelah CCVI sudah keluar & apply visa, termin selanjutnya adalah menunggu pengumuman panggilan terbang. Dan termin tersebut akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Baca Selanjutnya:Panggilan Terbang Atau Pemberangkatan Calon TKI Ke Korea Selatan

Di dalam pengumuman panggilan terbang tersebut, berisi jadwal embarkasi anda ke Korea, serta hal-hal yang wajib anda bawa dan persiapkan mulai berdasarkan pembayaran tiket pesawat, pembayaran premi BPJS Ketenagakerjaan buat masa dan purna penempatan, & menciptakan E-KTKLN. Untuk pemberangkatan CTKI ke Korea umumnya dilaksanakan sekitar sebulan sehabis aktivitas Prelim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *