Mengikuti Pelatihan di KBIZ Korea Selatan Sebelum Mulai Bekerja

Posted on

Di artikel sebelumnya telah dibahas tentang CPMI Korea Selatan yang beruntung mendapat panggilan terbang, mulai berdasarkan hal-hal yg harus dipersiapkan hingga berkumpul menggunakan CTKI lainnya pada gedung KITCC, Ciracas, Jakarta, sebelum pemberangkatan. Dan kali ini merupakan artikel terakhir berdasarkan seluruh tahapan alur resmi bekerja sebagai PMI (Pekerja Migran Indonesia) ke Korea Selatan yg kami tulis pada blog Jangan Nganggur ini. Di postingan terakhir ini kami akan membahas apa saja yang perlu anda lakukan saat sudah tiba pada Korea Selatan.

Baca Sebelumnya: Panggilan Terbang Calon TKI Ke Korea Selatan

Tidak perlu kuatir apalagi takut saat anda nanti hingga pada negara Korea Selatan. Karena anda mencari kerja ke Korea melalui prosedur resmi yg dikelola BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), pastinya eksistensi anda sebagai pahlawan devisa pada Korsel akan dijaga dan dilindungi oleh pemerintah. Nanti begitu turun berdasarkan pesawat di bandara Incheon, Seoul, Korea Selatan, anda bersama rombongan CTKI lainnya akan dijemput oleh perwakilan Indonesia. Penjemputnya adalah masyarakat negara Indonesia yang bekerja di KBIZ Korea Selatan, & nanti dia akan memberi beberapa pengarahan krusial.

Mengikuti Pelatihan Di KBIZ Korea Selatan Sebelum Mulai Bekerja

Setelah itu anda bersama rombongan akan diajak menaiki bus yang akan membawa rombongan TKI ke KBIZ atau gedung Pelatihan Korean Federation of SMEs. Perjalanan bus dari bandara Incheon ke gedung KBIZ kurang lebih dua jam. Jadi selama bepergian anda sanggup sembari menikmati pemandangan dan suasana pada negeri ginseng Korea Selatan. Bagi anda yg baru pertama ke luar negeri, tentunya saat-ketika seperti ini menjadi sesuatu yang sangat luar biasa.

Sesampainya pada gedung KBIZ, anda akan dikumpulkan bersama tenaga-energi kerja asing lainnya menurut aneka macam negara seperti Vietnam, Thailand, Timor Leste, India, Bangladesh, & lain-lainnya. Dan anda akan berada di sana selama tiga hari dua malam buat mengikuti pembinaan & jua pemeriksaan kesehatan. Selama pada sana anda tidak akan dikenakan biaya makan & menginap. Anda akan ditempatkan di asrama dan diberi makan 3 kali sehari secara gratis.

Kegiatan pertama di KBIZ yaitu test kesehatan atau MCU (medical checkup) dengan menggunakan peralatan canggih yang dimiliki negara Korea Selatan. Kegiatan lainnya adalah pelajaran-pelajaran krusial tentang dunia kerja pada Korsel, seperti hal-hal yang harus dilakukan energi asing ketika menghadapi kasus di tempat kerja, cara pindah pabrik, dan sebagainya.

Selain itu, pada KBIZ pula akan diadakan tes bahasa Korea sekali lagi. Namun nir perlu kuatir, biasanya ini cuma formalitas saja. Lagipula jika anda sudah hingga tahap ini, kami yakin kemampuan berbahasa Korea sudah relatif mahir.

Baca Juga: Pengertian Beberapa Istilah Penting Dalam Dunia Kerja Luar Negeri/TKI

Yang perlu sedikit dikhawatirkan justru output medical check up. Pasalnya jikalau hasilnya unfit, mimpi anda bekerja di Korea wajib tertunda. Jika yg terdeteksi hanyalah penyakit-penyakit bukan penyakit ganas dan menular, anda masih dikasih kesempatan tinggal pada KBIZ untuk diobati & menyembuhkan penyakit anda tadi hingga hasilnya sahih-sahih fit. Akan namun, apabila yang terdeteksi merupakan pengakit ganas yang membuat persyaratan bekerja pada Korea sebagai nir terpenuhi, anda akan dikembalikan ke tanah air Indonesia.

Hasil MCU tadi akan diumumkan dalam hari terakhir anda pada gedung KBIZ. Bagi anda yang output tes kesehatannya dinyatakan fit to work, anda akan dijemput sang majikan pabrik atau perusahaan yang akan memperkerjakan anda.

Selanjutnya anda telah bisa mulai bekerja sampai masa kontrak anda selesai. TKI bekerja di Korea selama 4 tahun 10 bulan dengan perpanjangan perjanjian kerja setiap tahun.

Demikianlah rangkaian panjang melamar kerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke Korea Selatan, mulai menurut persiapan awal, sampai akhirnya mulai bekerja.

Secara ringkas, tahapan buat bekerja sebagai TKI ke Korea Selatan merupakan:

  • Memenuhi persyaratannya, baik fisik, dokumen yang diperlukan, serta kesehatan jasmani dan rohani.
  • Belajar bahasa Korea.
  • Melakukan pra pendaftaran online ketika ada pengumuman penerimaan TKI Korea dari BNP2TKI.
  • Verivikasi dokumen sekalian mengambil kartu ujian.
  • Mengikuti ujian tahap I, yaitu ujian bahasa Korea atau EPS-TOPIK.
  • Mengikuti ujian tahap II, yaitu tes keterampilan atau skill test.
  • Mendapat sertifikat digital sebagai bukti lulus ujian.
  • Medical check up atau test kesehatan pertama, yang harus dilakukan pada Rumah Sakit atau Klinik yang telah ditentukan oleh BNP2TKI.
  • Membuat akun EPS atau menjadi member EPS.
  • Sending data atau mengirim berkas lamaran kerja ke Korea Selatan.
  • SLC atau kontrak kerja turun dari perusahaan di Korea.
  • Mengikuti Prelim atau Preliminary Education selama 6 hari, di sana nanti akan dilakukan medical check up tahap kedua.
  • CCVI terbit dan apply visa.
  • Terbang ke Korea Selatan.
  • Ditampung di gedung KBIZ Korea Selatan selama 3 hari, di sana akan kembali dilakukan medical check up episode ketiga.
  • Dijemput majikan pabrik atau perusahaan tempat anda bekerja.
  • Mulai bekerja sampai kontrak kerja selesai.

Seperti itu ringkasnya. Namun supaya anda mendapatkan informasi yang lebih jelas dan rinci dari setiap tahapannya, anda harus membaca semua artikel tentang prosedur atau alur resmi bekerja ke Korea Selatan yang telah kami tulis mulai dari tahap persiapan hingga pemberangkatan. Untuk mulai membaca dan mempelajari dari awal, silahkan teman-teman Klik Disini .

Kunci berdasarkan mewujudkan hasrat buat merantau ke Korea Selatan menurut pengalaman kami adalah kejujuran, kesabaran, keuletan dan diiringi doa yg tak pernah lelah. Tahap seleksinya relatif panjang. Nikmati seluruh prosesnya dengan berfokus tapi santai. Jangan jadikan bekerja di Korea Selatan sebagai asa satu-satunya. Karena yang namanya melamar kerja, tentu kemungkinannya cuma 2: diterima atau gagal.

Begitu pun mencari kerja ke Korea, bila diterima berarti perjuangan panjang anda tidak sia-sia. Apabila gagal, bukan berarti usaha anda sia-sia. Apabila masih memenuhi kondisi, anda sanggup memperbaiki apa yg perlu diperbaiki, kemudian mencoba sending data lagi. Apabila masih gagal lagi dan gagal lagi, berarti rezeki anda mungkin bukan pada Korea.

Baca Juga: Perkiraan Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Bekerja Ke Korea Selatan

Anda pula permanen harus bekerja & membentuk uang sambil mengikuti semua tahap seleksi TKI ke Korea. Bekerja apa saja yg penting halal. Lantaran ongkos yg dimuntahkan untuk mengikuti semua proses penempatan PMI Korea tidaklah sedikit. Jangan nganggur & cuma menggantungkan harapan diterima bekerja di Korea. Iya bila eksklusif berhasil. Kalau wajib menunggu usang, atau bahkan gagal?

Selain itu, mengikuti seleksi TKI ke Korea sambil permanen bekerja, secara tidak eksklusif akan melatih fisik anda dan sedikit banyak berguna bagi anda sendiri seandainya nanti diterima bekerja di Korea. Lantaran TKI yg ditempatkan di Korea lewat acara G to G (Government to Government) ini akan bekerja di sektor pekerjaan yang mengandalkan fisik seperti bekerja pada pabrik, bidang perikanan dan pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *