Pamor Bisnis Murai Medan Tak Pernah Surut

Posted on

Pamor Bisnis Murai Medan Tak Pernah Surut

Suara latif, bentuk tubuhnya pun juga indah. Ya, inilah sang Murai Medan yg begitu populer sebagai burung berkicau klangenan ataupun untuk kelas lomba yg wajib dimiliki kicau mania. Jika mencermati tren burung berkicau yg berkembang di negeri ini, pamor murai medan sepanjang tahun 2012 hingga 2013 kemudian sampai sekarang tidak pernah surut. Bahkan, mampu dikatakan Murai Medan ini beserta burung-burung indah misalnya lovebird, akan terus naik & memiliki prospek usaha yang cerah. Meski demikian, selalu terdapat tantangan dalam setiap bisnis. Dan tantangan ini bukan selalu buat dihindari, tetapi diatasi. Begitu pula dengan budidaya burung Murai Medan. Burung yang mempunyai karakter unik ini, sejatinya memerlukan perawatan ekstra, karena bukan burung umbaran. Selain itu, merawat anakan yg baru menetas menuju masa remaja jua membutuhkan porto atau kapital yg tidak mengecewakan besar .

Umumnya murai yang baru menetas atau masih piyek diambil dan dimasukkan ke pada tempat khusus. Untuk masa pertumbuhan tadi murai diberi makan berupa kroto dan vitamin buat menjaga nutrisi & gizi oleh murai ini. Ujar Drajat galat seseorang pembudidaya Murai Medan waktu ditemui pada kediamannya pada Karangbanyu, Ngawi.

Sebelum memfokuskan diri dalam membudidayakan murai medan, Drajat mengaku sudah terlebih dulu terjun ber-wirausaha sebagai pembudidaya burung. Namun, burung yg usang ia tekuni buat dibudidayakan merupakan perkutut. Selama lebih 15 tahun drajat dibantu sang istri membudidayakan perkutut, baik perkutut putih silver maupun perkutut aduan. Tetapi, tiga tahun lalu, insting bisnisnya berdesir. Dia ingin mencoba membudiyakan burung dengan output penjualan yg aporisma, & produktivitasnya tinggi.

Perkutut sudah saya habiskan semenjak 4 tahun silam. Dan sehabis itu, saya beralih membudidayakan burung murai khususnya jenis Murai Medan. Selain Murai, saya juga tengah membuatkan burung Blacktroad. Kedua burung ini menurut saya sangat prospek pada segi ekonomi. Selain hasilnya yg akbar, proses produksinya jua sangat cepat. Tambahnya. Drajat mengaku, buat saat in, pemesanan anakan murai di farmnya begitu tinggi. Tak hanya berdasarkan wilayah Ngawi, pemesan jua berasal menurut kota-kota akbar misalnya Jakarta, Surabaya, Malang hingga Bali. Meski permintaan tinggi, burung yang siap jual masih sangat terbatas. Hal inilah yg menjadikan bisnis budidaya burung murai buat para kicau mania sangat menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *