Panggilan Terbang Atau Pemberangkatan Calon TKI Ke Korea Selatan

Posted on

Sebelumnya sudah dibahas mengenai kegiatan Preliminary Education yg berisi test kesehatan & berbagai training menjadi persiapan buat bekerja pada Korea. Setelah melaksanakan aktivitas tersebut, selanjutnya anda menunggu terbitnya CCVI (Confirmation of Certification of Visa Issuance), apply visa, & panggilan terbang atau pemberangkatan. Pemberangkatan tersebut lebih kurang satu bulan sehabis Prelim, dan akan diumumkan pada situs BNP2TKI lebih kurang seminggu sebelum pemberangkatan.

Baca Sebelumnya: Mengikuti Kegiatan Preliminary Education (Prelim) Sebagai Persiapan Bekerja di Korea Selatan

Ketika ada pengumuman panggilan terbang dan nama anda tertera di dalamnya, selamat karena keinginan anda buat bekerja pada Korea kemungkinan besar akan segera terwujud. Meskipun belum 100% positif, karena nanti setibanya di Korea masih akan terdapat inspeksi dokumen, inspeksi narkoba dan test kesehatan sekali lagi. Jika lulus di pemeriksaan tadi, baru lah anda benar-sahih berhasil dan akan dijemput oleh perusahaan atau majikan yang akan mempekerjakan anda. Namun bila nir, anda akan dipulangkan kembali ke tanah air.

Panggilan Terbang Atau Pemberangkatan Calon TKI Ke Korea Selatan

Apabila anda sudah menerima pengumuman panggilan terbang, usahakan anda membaca dengan akurat isi pengumuman beserta lampirannya agar anda sahih-sahih paham, sebagai akibatnya proses penerbangan & penempatan kerja anda nantinya berjalan lancar. Calon TKI panggilan terbang dari aneka macam wilayah akan dikumpulkan di KITCC Ciracas terlebih dahulu sebelum diberangkatkan buat membuat name tag, bayar tiket pesawat, & hal-hal lainnya. Dan waktu hadir di KITCC Ciracas paling lambat jam 08.00 WIB, dan anda wajib hadir sesuai jadwal pemanggilan proses terbang atau dipercaya mengundurkan diri bila tanpa alasan mendesak atau krusial.

MEMBAYAR ASURANSI BPJS KETENAGAKERJAAN MASA & PURNA PENEMPATAN

Tapi sebelum berangkat ke KITCC Ciracas, anda akan mendapat pengumuman lagi yang isinya agar anda segera melunasi biaya asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk masa dan purna penempatan sebesar Rp. 494.500,00 untuk PMI Reguler dan Rp. 486.000,00 untuk PMI Commited Worker. Pembayaran asuransi BPJS TK tersebut dapat dibayar melalui Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri dengan menggunakan kode bayar/kode billing sesuai dengan yang tertera pada lampiran pengumuman.

Selanjutnya bukti pembayaran (struk pembayaran) asli jaminan sosial diserahkan kepada petugas di KITCC Ciracas pada saat datang untuk panggilan terbang sesuai jadwal yang tercantum dalam pengumuman penerbangan sebelumnya.

PERSIAPAN TERBANG KE KOREA SELATAN

Hal-hal lainnya yang perlu anda persiapkan dan perhatikan untuk pemberangkatan ke Korea pada saat berkumpul di KITCC Ciracas adalah:

1. Membawa baju putih lengan panjang, berdasi hitam dan celana panjang warna hitam dan kaos kaki yang digunakan pada saat keberangkatan (minimal tiga buah).

2. Membawa kemeja batik sekurang-kurangnya satu buah untuk dikenakan saat penjemputan oleh perwakilan perusahaan saat di KBIZ Korea.

3. Disarankan untuk membawa baju hangat atau jaket tebal untuk musim dingin, sarung tangan, syal dan topi kupluk lebih dari satu buah.

4. Untuk pakaian yang dibawa dalam koper diprioritaskan untuk pakaian yang nyaman dipakai untuk empat musim.

5. Membawa Blocknote dan alat tulis untuk masa orientasi dan pelatihan di KBIZ selama 3 hari sebelum ditempatkan ke pengguna masing-masing.

6. Dilarang membawa korek api, power bank handphone dan parfum aerosol.

7. Dilarang membawa parfum semprot, sabun cair, minyak gosok, air minum atau benda cair lainnya dengan ukuran maksimum 100 ml.

8. Dilarang membawa makanan matang baik makanan olahan nabati dan hewani, bahan makanan, buah-buahan, bumbu masakan dan kacang-kacangan di dalam penerbangan. Silahkan membaca pengumuman terkait barang bawaan PMI saat pemberangkatan ke Korea Selatan.

9. Berat tas untuk kabin (dalam pesawat) max 7 kg dan untuk bagasi max 30 kg. Namun diharapkan berat koper kurang dari yang disebutkan diatas untuk menghindari pemeriksaan yang terlalu lama pada saat check-in.

10. Membawa buku tabungan/fotocopy buku tabungan sebanyak 2 lembar beserta kartu atm saat proses pelunasan Jaminan Sosial (Untuk membaca pengumuman mengenai Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indonesia Bagi PMI Program Penempatan G to G Ke Korea Selatan Melalui BPJS Ketenagakerjaan) dan tiket pesawat.

11. PMI diharapkan membawa biaya hidup untuk 1 (satu) bulan pertama di Korea atau bisa menjadi uang tiket kepulangan jika dideportasi dari Korea sebesar minimal Rp. 5.000.000, yang ditukar ke mata uang Won.

12. Membawa pas photo berwarna latar belakang putih ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.

13. Diwajibkan kepada PMI untuk membawa uang sebesar biaya perjalanan Korea – Jakarta untuk mengantisipasi biaya pemulangan (deportasi) apabila terjadi masalah di Korea.

14. Bagi PMI yang belum menukarkan mata uang rupiah ke mata uang won Korea, di gedung KITCC Ciracas tersedia Bank yang dapat memberikan pelayanan tersebut.

15. Selama berada di Gedung KITCC seluruh PMI diwajibkan menggunakan Bahasa Korea dan bagi yang tidak menggunakan Bahasa Korea akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

MEMBUAT E-KTKLN

Selain itu, pada saat di KITCC Ciracas nanti anda akan dibuatkan E-KTKLN atau Kartu Tanda Kerja Luar Negeri Elektronik. Dan untuk proses pendataan E-KTKLN ini, anda diminta membawa kembali scan dokumen-dokumen yang diminta pada saat panggilan Preliminary Education, antara lain:

  1. Scan KTP elektronik.
  2. Scan ppaspor.
  3. Scan kartu keluarga.
  4. Scan Katu Kuning atau kartu pencari kerja.
  5. Scan ijazah terakhir.
  6. Scan surat ijin orang tua bagi yang masih lajang.
  7. Scan surat ijin dari pasangan bagi yang telah menikah.
  8. Scan sertifikat EPS TOPIK.
  9. Scan hasil medical saat Preliminary Education.
  10. Scan kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  11. Scan SLC atau perjanjian penempatan.

Semua hasil scan tersebut disimpan dalam flashdisk yang masih kosong dan disatukan dalam satu folder dengan nama folder sesuai nama lengkap anda.

TERBANG!

Bagi anda yang namanya tercantum di dalam pengumuman panggilan terbang, agar datang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dengan membawa segala dokumen dan perlengkapan yang telah disebutkan di dalam pengumuman. Dan apabila ada pihak-pihak atau oknum tertentu yang menghubungi anda untuk meminta imbalan terkait dengan pengumuman pemberangkatan tersebut, anda sebaiknya segera melaporkan hal itu ke Polisi.

Pemberangkatan PMI (Pekerja Migran Indonesia) ke Korea adalah kewenangan penuh pihak HRD Korea dan juga pengguna/perusahaan di Korea, yang difasilitasi oleh BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) dalam proses pemberangkatannya. Jadi kalau ada oknum atau pihak yang mengaku dapat membantu proses pemberangkatan ke Korea, atau menghambat proses pemberangkatan anda dengan berbagai macam alasan, hal tersebut adalah tidak benar sama sekali! Dan sebaiknya oknum tersebut anda laporkan saja ke pihak kepolisian.

Perlu diingat sekali lagi, dengan diberangkatkannya anda ke Korea belum 100% menjamin anda lulus. Kemungkinan anda kembali dipulangkan ke Indonesia tetap ada meskipun cuma kecil kemungkinannya. Berbuat jujur dan menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya adalah hal yang harus anda lakukan jika ingin sukses diterima bekerja di Korea. Melakukan kecurangan misalnya memalsukan dokumen, anda bukan hanya akan dipulangkan ke tanah air, tapi juga akan dilaporkan ke pihak yang berwajib. Karena nanti setibanya anda di Korea, masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilewati sebelum akhirnya dijemput perwakilan perusahaan untuk mulai bekerja. Dan tahap tersebut akan kami bahas di artikel berikutnya.

Baca Selanjutnya:Mengikuti Pelatihan 3 Hari di KBIZ Korea Selatan Sebelum Mulai Bekerja

Mencari kerja di Korea Selatan memang cukup panjang prosedurnya. Selain biaya, juga butuh kesabaran dan keuletan yang tinggi untuk melalui segala prosesnya. Tapi jika anda berhasil melewati semuanya, Inshaa Allah hasilnya akan memuaskan dan juga membanggakan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *