Peluang Menggiurkan Bisnis Yoghurt Buah

Posted on

Tren menikmati frozen yoghurt sekarang menjangkiti masyarakat urban. Hampir di setiap sentra perbelanjaan terdapat kafe juga gerai mini take away (booth) yg menjajakan yoghurt beku, plus campuran es krim dan bertabur topping aneka rasa. Produk berbasis susu ini diyakini mampu memperhalus kulit dan bikin awet muda.

Dalam dua tahun belakangan ini, sudah tersebar setidaknya 75 merek frozen yoghurt atau fro-yo di Indonesia. Tak seluruh merek bisa bertahan, ada yg timbul kemudian tenggelam. Tapi, ada pula yang muncul dan terus mengembang.

Salah satu pionir gerai fro-yo di Indonesia merupakan PT Berjaya Sally Ceria (PT BSC), yang mengusung merek Sour Sally. Meski baru berusia 1,lima tahun, Sour Sally yg menyasar kelas premium sudah berkembang menjadi 36 gerai. Gerai ini tersebar pada beberapa kota akbar di Indonesia. Sebut saja, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Melihat tanggapan warga yg begitu antusias, PT BSC tergoda buat memberikan waralaba menggunakan merek Yogu Buzz. "Kami sengaja membangun second brand sebelum membuka peluang waralaba agar segmen pasar lebih menyebar," terperinci Sagita Kwee, Brand Marketing Manager Sour Sally yg jua mengurusi waralaba Yogu Buzz.

Rencananya, harga produk Yogu Buzz lebih miring ketimbang yoghurt pada Sour Sally. Yakni berkisar Rp 14.500 per cup. Sebagai pembanding, harga yoghurt di Sour Sally Rp 17.500-Rp 64.000 per cup.

Gerainya pun tak berkonsep kafe butik misalnya Sour Sally. Bentuknya hanya semacam booth pesan bawa. Yogu Buzz juga hanya menjual fro-yo dalam ukuran personal (single). "Slogan Yogu Buzz adalah Fro-Yo For Everyone," ujar Sagita.

Kendati merupakan second merk, Sagita meyakinkan, bahan-bahan yang dipasok PT BSC menjadi master franchise ke Yogu Buzz adalah bahan impor berkualitas.

Minat terhadap waralaba ini ternyata luar biasa. Baru ditawarkan November 2009 kemudian, peminat yg masuk hingga kini telah mencapai 300 orang. Tapi, sebagai tahap awal, PT BSC hanya memilih 5-10 terwaralaba pada wilayah Jabodetabek. "Kami tak mau terlalu militan," kata Sagita.

Jika Anda pula berminat, tidak perlu risau. Anda masih bisa mendaftar. Sebab, proses seleksi buat menerima hak waralaba Yogu Buzz baru berlangsung April nanti.

Yogu Buzz memutuskan porto lisensi berkisar Rp 350 juta-Rp 450 juta. Sebagai gantinya, terwaralaba menerima hak lisensi, pasokan bahan baku perdeo selama sebulan, mesin produksi, seluruh perlengkapan operasional, display booth, & estimasi biaya sewa tempat setahun. "Selebihnya akan kami rinci saat pertemuan dengan calon terwaralaba," imbuh Marcus Kandou, Marketing Communications dan PR Director Sour Sally.

Sagita memperkirakan, apabila satu booth Yogu Buzz berhasil menjaring penjualan kurang lebih Rp 3 juta per hari, modal kawan waralaba bisa pulang pada ketika setahun.

Menurut Bambang N. Rachmadi, pengamat waralaba sekaligus dosen di Universitas Indonesia, prospek usaha frozen yoghurt pada Indonesia masih sangat mengagumkan. Alasannya, "Potensi pasar rakyat Indonesia sangat akbar dan pendapatan per kapita konsumen dibutuhkan semakin meningkat," jelasnya.

Bambang juga sangat mendukung upaya pengembangan waralaba lokal misalnya Yogu Buzz ini. "Sebaiknya, Yogu Buzz menyebarkan format usaha sendiri yg simpel," sarannya. Tetapi, beliau berharap, waralaba baru ini memberikan harga franchise yang tidak terlampau mahal. "Supaya, mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat," tegasnya.

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibentuk melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Namun produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) membentuk asam laktat, yg berperan pada protein susu buat membentuk tekstur misalnya gel dan bau yang unik pada yoghurt. Yoghurt tak jarang dijual apa adanya, bagaimanapun juga rasa butir, vanilla atau coklat jua terkenal.

Untuk menghasilkan yogurt, persiapan yang diperlukan merupakan sebagai berikut:

1. Menyiapkan bibit yogurt, formula, bahan & peralatan produksi untuk memulai usaha yogurt. Pertama kali kita memerlukan Bibit Yogurt Serbuk &Yogurt Maker (alat untuk memproduksi starter Yoghurt).

2. Setelah Starter Yoghurt terbentuk, Starter ini bisa di biakkan menjadi Yoghurt (sekala produksi) dgn bahan dasar susu sapi, menjadi Yoghurt yang siap jual (plain yoghurt).

3. Plain Yoghurt dapat diolah menjadi yoghurt aneka rasa, dengan penambahan juice buah ,essence, pewarna, dan bahan tambahan lainnya.

4. Produk Olahan Yogurt dari Buku Resep: Yoghurt rasa buah (Fruit Flavoured Yoghurt), Es Yogurt Nanas, Es Putih Salju, Es Mambo Yoghurt, Es Krim Yoghurt Vanilla, Es Yoghurt Pisang dan Madu, Milkshakes Yogurt Mocca dll.

5. Kemasan yang paling sederhana untuk produk Yoghurt memakai Cup Sealer (mesin penutup gelas aqua). Saat ini yoghurt merupakan minuman yang digemari. Kita dapat melihat kedai-kedai yoghurt di mall-mall turut bersaing dengan cafe-cafe yang ada.

Di samping itu pun di rumah-rumah banyak yang mendirikan usaha warung yoghurt. Bahkan teman-teman kita pun ada yang membeli yoghurt dari distributornya dan menjualnya ke teman-temannya.

Produk yoghurt pun bermacam-macam, dari yang plain/tawar, yang beraneka rasa dan warna (walaupun customer harus hati-hati dengan bahan pewarnanya), jus yoghurt buah-buahan, es krim yoghurt sampai kue berlapis yoghurt. Hal ini menunjukkan bahwa usaha yoghurt cukup menjanjikan.

Namun apabila kita ingin membuka kedai yoghurt di rumah, tentu kita harus membuat produk yang spesial yang sulit dijumpai di kedai yoghurt lainnya. Umpamanya minuman yoghurt dengan rasa yang khas, atau yang memiliki khasiat kesehatan khusus. Dengan demikian kita akan memiliki pangsa pasar sendiri. Namun untuk membuat resep sendiri tentu tidak mudah, lebih-lebih kalau kita benar-benar mau membuat yoghurt sendiri dari awal. Alasannya adalah kita harus menguasai teknik aseptik beserta segala peralatan dan bahannya, yang lazimnya tersedia di laboratorium mikrobiologi. Jalan yang lebih mudah adalah menggunakan resep yang ada namun jarang digunakan orang, dan menggunakan yoghurt atau susu fermentasi yang sudah jadi. Kita tinggal mencoba resep yang sama, dengan menggunakan produk yoghurt atau susu fermentasi berbagai merek sebagai starternya. Begitu kombinasi yang paling enak dan nyaman diperut ditemukan, maka jadilah resep spesial kita sendiri.

Berikut ini saya paparkan sejumlah resep yoghurt atau susu fermentasi untuk terapi kesehatan yang bisa Anda kembangkan untuk warung yoghurt Anda sendiri:

1. Smoothie Yoghurt Anggur

Bahan : Anggur merah 100 gram, Kiwi 50 gram, Yoghurt plain 150 ml, sirup vanila secukupnya dan es batu secukupnya.

Cara membuat : Blender semuanya hingga lembut. Tuangkan ke gelas saji dan hidangkan selagi dingin.

Manfaat : menurunkan kolestrol, menyehatkan jantung, dan anti kanker.

2. Yoghurt Apple Shake

Bahan : Apel 100 gram, Pisang Ambon 50 gram, Yoghurt plain 150 ml, Es serut 50 gram.

Cara membuat : Potong kecil-kecil apel dan pisang, tambahkan yoghurt dan blender hingga lembut lalu tambahkan es serut. HIdangkan selagi dingin.

Manfaat : membersihkan usus besar dan menurunkan kolestrol.

3. Yoghurt Es Cincau

Bahan : Cincau 250 gram, sari kelapa 100 gram, pacar cina (bukan manusia tentu saja)100 gram, gula merah 200 gram, air, yoghurt 750 ml dan sirup moka secukupnya.

Cara Membuat : Masak gula merah bersama air hingga larut dan mendidih. Angkat lalu campur dengan sirup moka, aduk hingga rata dan dinginkan. Campur larutan gula tersebut bersama yoghurt, aduk sampai rata, baru kemudian masukkan cincau, sari kelapa, dan pacar cina. Sajikan bersama es batu (untuk 5 porsi).

Manfaat : menurunkan hipertensi.

4. Yoghurt Calypso Cubes

Bahan : Kopi bubuk 3 sendok makan, gula pasir 2 sendok makan, air panas 750 ml, yoghurt 750 ml dan sirup secukupnya.

Cara membuat : Seduh kopi dan gula pasir dengan air panas, lalu dinginkan. Tuangkan larutan kopi ke dalam cetakan es lalu simpan dalam freezer sampai membeku. Ambil es kopi dari cetakan lalu masukkan dalam gelas. Tuangkan yoghurt dan sirup sesuai selera.

Manfaat : meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Es Yoghurt Rumput Laut

Bahan : Rumput laut 200 gram, Buah melon setengah bagian, dicetak bulat, sirup cocopandan 100 ml, yoghurt 1 liter, air 1 liter, gula pasir 200 gram, kayu manis batangan 2 cm, es batu secukupnya.

Cara membuat : Rebus 250 ml air hingga mendidih, lalu masukkan rumput laut dan 100 gram gula pasir. Setelah rumput laut matang, angkat lalu saring. Didihkan sisa air, gula pasir dan kayu manis, angkat dan dinginkan. Rendam melon cetak dalam air kapur 15 menit, cuci dan tiriskan. Masukkan melon dalam larutan gula. Kemudian masukkan rumput laut, melon dan larutan gula dalam gelas saji. tambahkan yoghurt, sirup cocopandan dan es serut. Siap dihidangkan (10 porsi).

Manfaat : mencegah stroke, kanker dan sembelit.

6. Puding Yoghurt Mangga

Bahan : Yoghurt 500 ml, mangga arum manis 500 gram, gula pasir 200 gram, agar-agar bubuk 2 bungkus, nanas iris dan ceri merah secukupnya.

Cara membuat : Kupas mangga, lalu ambil daging buahnya. Haluskan daging buah mangga dengan menggunakan blender. Campurlah mangga dengan yoghurt, gula pasir dan agar-agar, aduk rata. masak hingga mendidih dan angkat (sepertinya tidak bisa digunakan sebagai probiotik lagi karena mikroba-mikrobanya pasti mati). Siapkan cetakan puding, bvasahi dengan air. Tuangkan adonan puding ke dalamnya, hilangkan uap panasnya, dan simpan dalam lemari pendingin. Sajikan puding yoghurt mangga dengan irisan nanas dan ceri merah.

Manfaat : Mencegah stroke dan konstipasi.

Demikian beberapa resep yoghurt yang saya ambil dari buku Susu Fermentasi Untuk Kebugaran dan Kesehatan karangan Tuhana Taufiq A. Dalam buku ini masih ada 23 resep lainnya yang bisa dicoba, yang tidak mungkin ditulis semua disini. Pastikan Anda mencobanya pada Anda sendiri dan beberapa orang sebelum menjualnya. Dan sebaiknya cantumkan di warung Anda bahwa terapi2 yoghurt ini bukan obat dan hasilnya bisa berbeda-beda untuk tiap orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *