Pendaftaran Kerja Ke Korea Selatan Untuk Umum Dengan Sistem Poin Tahun 2019

Pendaftaran Kerja Ke Korea Selatan Untuk Umum Dengan Sistem Poin Tahun 2019

Posted on

Pengumuman tentang pra pendaftaran program G to G ke Korea Selatan CBT buat umum pada sektor manufaktur menggunakan sistem poin tahun 2019 ini kami dapatkan berdasarkan situs resmi BNP2TKI yg diterbitkan pada 27 Februari kemarin. Di artikel sebelumnya kami jua telah mengumumkan berita pendaftaran kerja ke Korea buat sektor manufaktur dan perikanan, namun lowongan tadi khusus buat eks TKI Korea atau yang sudah pernah bekerja pada sana. Nah untuk yang kali ini, pendaftarannya terbuka buat umum. Baik CTKI pemula juga yang telah punya pengalaman bekerja di Korea, sama-sama punya peluang buat lulus.

Sebagaimana biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya, warga negara Indonesia yang berminat merantau ke Korea harus mengikuti model rekruitmen Sistem Poin, yang dilakukan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea). Dalam sistem poin, CTKI (Calon Tenaga Kerja Indonesia) bukan hanya dinilai dari kemampuan berbahasa Koreanya saja, tetapi juga akan dinilai dari pengalaman kerja atau kemampuan atau keterampilan pada bidang manufaktur.

Manufaktur kurang lebih merupakan adalah produksi barang dalam skala besar dengan alat-indera berteknologi tinggi. Karena industri pada Korea telah sangat maju & pabrik-pabrik di sana telah memakai teknologi tinggi, makanya dibutuhkan pekerja berpengalaman ataupun yg telah terlatih.

Pendaftaran Kerja Ke Korea Selatan Untuk Umum Dengan Sistem Poin Tahun 2019

Berdasarkan surat HRD Korea Nomor EPST-505 tanggal 27 Februari 2019 tentang seleksi tenaga kerja asing di Korea Selatan tahun 2019, ditetapkan bahwa jumlah peserta yang lolos tahap akhir ujian sektor manufaktur dengan sistem poin adalah sebanyak 5200 (lima ribu dua ratus) orang yang dipilih berdasarkan penjumlahan pada skor Ujian Tahap Pertama dan skor Ujian Tahap Kedua (diambil jumlah skor tertinggi).

Baca Juga:Beginilah Tahap Demi Tahap Jadi TKI Ke Korea, Mulai Awal Hingga Diberangkatkan Dan Mulai Bekerja Di Sana

Berikut kondisi-syarat pendaftaran kerja ke Korea sektor manufaktur buat generik tahun 2019.

Persyaratan Umum

  1. Usia 18 – 39 tahun saat mendaftar (Kelahiran antara tanggal 09 Maret 1979 – 08 Maret 2001).
  2. Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
  3. Tidak buta warna (total atau parsial) dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).
  4. Tidak cacat jari atau amputasi
  5. Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
  6. Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
  7. Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea.
  8. Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
  9. Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  10. Memiliki nomor rekening tabungan atas nama pribadi yang masih aktif.
  11. Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10.

PENTING!

  • Bagi yang pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun tetapi tetap mendaftar, maka yang bersangkutan akan ditolak untuk mengirimkan dokumen lamaran melalui Sending Public Agency System oleh HRD Korea dan atau CCVI ditolak oleh Imigrasi Korea Selatan.
  • Bahwa saat ini data pencari kerja (Rooster) asal Indonesia di Korea terdapat ±1200 CPMI wanita yang belum dipilih oleh User. Berdasarkan data penempatan PMI ke Korea Tahun 2018, PMI Wanita hanya 1,8%. Informasi tersebut kiranya dapat dijadikan pertimbangan sebelum mendaftar.

Persyaratan Khusus

Kualifikasi ini tidak wajib , namun bagi pendaftar yang memiliki pengalaman kerja/sertifikat pembinaan/sertifikat kompetensi akan mendapatkan nilai tambah kompetensi sinkron bukti dokumen yang dimiliki, menggunakan menyerahkan dokumen tadi setelah lolos Ujian Tahap I Sistem Poin EPS menggunakan total poin 5, diantaranya:

  • Pengalaman kerja minimal 1 tahun atau lebih yang terkait dengan 26 jenis pekerjaan sektor manufaktur (terlampir), dengan nilai poin 3.
  • Sertifikat pelatihan kejuruan sektor manufaktur (salah satu atau lebih dari 26 jenis pekerjaan) dengan lama pelatihan 120 jam pelatihan atau lebih, atau Ijazah SMK yang terkait bidang manufaktur dengan nilai poin 1.
  • Sertifikat nasional atau sertifikat kompetensi bidang manufaktur yang dikeluarkan oleh LSP/BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau lembaga yang diberikan mandat untuk itu, dengan nilai poin.

Persyaratan Dokumen

  1. Wajib memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
  2. Scan KTP yang masih aktif.
  3. Scan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun (jika ada).
  4. File Pasfoto berwarna terbaru latar belakang putih, tidak berkacamata, tidak menggunakan penutup kepala (terlihat dahi dan telinga), tidak menggunakan baju berwarna putih, menghadap kamera dengan wajah penuh dan diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. Catatan: File Pasfoto yang diupload adalah file asli dari kamera, bukan pasfoto yang sudah dicetak kemudian discan.
  5. Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  6. Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.
  7. Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna. Catatan: Pada surat keterangan dokter tersebut harus menunjukkan hasil dan tertulis TIDAK BUTA WARNA (Surat Keterangan Dokter yang berlaku adalah yang dikeluarkan dalam jangka  waktu 6 bulan terakhir).

Itulah persyaratan buat bisa ikut registrasi kerja ke Korea. Kualifikasi tadi tidak jauh tidak selaras menggunakan tahun-tahun sebelumnya. Jadi buat Anda yang pada tahun-tahun mendatang berencana mencari kerja ke Korea, sanggup mempelajari kondisi-kondisi tersebut.

Baca Juga: Syarat-syarat Serta Biaya Bekerja Menjadi TKI ke Taiwan

Jika sudah memenuhi seluruh persyaratan generik di atas, segera saja lakukan registrasi kerja ke Korea Selatan secara online di website: http//:g2g.Bnp2tki.Go.Id

Nanti pada website akan tampil warta pengumuman Pendaftaran EPS-TOPIK Sektor Manufaktur menggunakan sistem Poin, & Anda wajib membaca isi pengumuman tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya klik tombol ?Register Now? Maka akan tampil form isian registrasi. Isi data anda dalam kolom form pendaftaran tersebut dengan cara mengisi data diri, hubungan, data orang tua, data bank, pengalaman kerja dan kompetensi.

Selanjutnya pilih wilayah/lokasi buat melakukan pembuktian dokumen dan pengambilan kartu ujian. Kemudian mengunggah/upload scan dokumen KTP, paspor (bila ada), Foto, Ijazah Asli terakhir, kitab tabungan atas nama pribadi, dan surat keterangan nir buta warna.

Pada bagian bawah form isian ini terdapat tombol “Register” untuk melakukan pendaftaran dan  menyimpan data dan tombol “Reset Form” untuk mengosongkan form isian. Pastikan semua kolom telah terisi dengan benar. Ketika tombol “Register” di klik maka akan tampil informasi “Apakah anda yakin akan menyimpan data?”. Klik tombol “Ok” untuk menyimpan data dan anda telah terdaftar sebagai pendaftar ujian EPS-TOPIK.

Setelah tombol register diklik maka akan  tampil informasi:

  1. Keterangan berhasil menyimpan.
  2. Link untuk mencetak bukti pra pendaftaran.
  3. Link untuk download aplikasi Acrobat Reader.

Silahkan klik Link buat mencetak tanda bukti Pra Pendaftaran (Online). Jika link buat mencetak bukti pra pendaftaran nir muncul, silahkan mengecek kotak masuk dalam email langsung yg dipakai waktu mendaftar.

Hasil cetak/ print out pra registrasi berupa angka registrasi bukti pra pendaftaran & KODE PEMBAYARAN non tunai biaya Ujian Tahap Pertama EPS-TOPIK Sektor Manufaktur menggunakan Sistem Poin. Data hasil cetak pra pendaftaran bisa disimpan dalam bentuk Softcopy (Flashdisk, Hard Disk Eksternal, dll).

Seperti itulah cara pendaftaran online untuk bekerja di Korea Selatan. Jadwal pendaftaran tersebut adalah mulai tanggal 28 Februari hingga 4 Maret 2019. Sementara jadwal Verifikasi Dokumen adalah 08 – 16 Maret 2019.

Setelah itu kita tinggal menunggu pengumuman Jadwal dan Lokasi Verifikasi Dokumen yang akan diumumkan lebih lanjut melalui website www.bnp2tki.go.id

Baca Juga: Berbagai Ide Kerja Sampingan di Hari Sabtu dan Minggu Biar Isi Dompetmu Tebal Terus!

Ini baru tahap pra pendaftaran secara online saja lho ya. Nanti masih ada berbagai tahap lainnya. Mulai dari mentransfer biaya ujian sebesar 24 USD = Rp. 337.776, melakukan verifikasi dokumen di lokasi yang telah Anda pilih saat pendaftaran di atas, pengambilan kartu ujian juga di wilayah yang anda pilih saat pendaftaran online, menyerahkan berkas-berkas persyaratan yang asli untuk diperiksa, melaksanakan Ujian Tahap Pertama (EPS-TOPIK) atau ujian bahasa Korea, ujian tahap kedua (Skill Test + Competency Test) yang meliputi test kekuatan fisik, wawancara dan kemampuan dasar, dan berbagai tahap-tahap yang lainnya. Tinggal ikuti saja alurnya sesuai prosedur penempatan TKI ke Korea yang diberikan BNP2TKI.

Untuk mampu bekerja pada Korea Selatan itu memang membutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu berbulan-bulan. Yang mendaftar sekarang ini, jika lulus menggunakan semua test, mungkin tahun depan baru akan terbang.

Informasi terbaru! Pada tanggal 14 Juni 2019, sudah dibuka balik registrasi Ujian EPS-TOPIK CBT (ujian bahasa Korea) Khusus ke-2 Tahun 2019 bagi rakyat Indonesia yg ingin bekerja sebagai TKI ke Korea Selatan. Tapi loker ke Korea ini hanya diperuntukkan bagi Pekerja Migran Indonesia yg pernah bekerja di Korea yg secara sukarela kembali ke Indonesia sebelum/setelah masa kontrak kerja terselesaikan & ingin pulang bekerja pada sana (eks TKI Korea). Pendaftaran kesempatan bekerja ke Korea tahal dua bagi ex TKI Korea ini sebagaimana biasa dilakukan secara online pada website BNP2TKI, menurut tanggal 1 sampai 4 Juli 2019. Ingat, berdasarkan lepas satu sampai emapat Juli. Jadi sampai ketinggalan! Info selengkapnya silakan cek di situs bnp2tki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *