Penyebab Kenapa BPJS Ketenagakerjaan Berubah Nama Menjadi BPJamsostek

Posted on

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau disingkat BPJS Ketenagakerjaan atau tak jarang disingkat jua BPJS TK, mulai bulan November tahun 2019 kemarin mempunyai nama panggilan baru yaitu BPJamsostek.

Apa itu BPJamsostek? BPJAMSOSTEK merupakan kependekan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja, yang merupakan acara publik yang memberikan proteksi bagi energi kerja buat mengatasi risiko sosial ekonomi eksklusif, baik mereka yang bekerja secara informal maupun yang nonformal. Baik itu masyarakat Indonesia yg bekerja pada dalam negeri juga di luar negeri sebagai BMI (Buruh Migran Indonesia) atau TKI. Termasuk jua pekerja asing di Indonesia pula menerima proteksi menurut bpjamsostek. Fungsi dan tugas-tugasnya masih sama menggunakan BPJS Taman Kanak-kanak. Hanya berganti nama saja.

Penyebab Kenapa BPJS Ketenagakerjaan Berubah Nama Menjadi BPJamsostek

Perubahan nama tersebut disampaikan oleh Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJAMSOSTEK, Irvansyah Utoh Banja, di Jakarta pada hari Minggu tanggal 24 November 2019, bertepatan  dengan penutupan kegiatan Turnamen BPJS Ketenagakerjaan Futsal Challange 2019.

Baca Juga:Cara & Syarat Mencairkan Uang JHT BPJS Taman Kanak-kanak/Jamsostek 2020

Dan seperti yang sudah kami jelaskan di atas, meskipun berganti nama, tetapi untuk badan aturan, lambang, & seluruh yg terkait dengan administrasi formal tetap menggunakan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan. Termasuk tata cara & persyaratan mencairkan dana JHT juga masih tetap sama. Perubahan nama ini hanya buat mempertegas perbedaan antara BPJS Ketenagakerjaan dengan penyelenggara jaminan sosial satunya yaitu BPJS Kesehatan.

Pasalnya masih poly warga yang galat dan tidak mampu membedakan dua premi sosial pemerintah tersebut. Padahal 2 badan penyelenggara agunan sosial tadi cukup jauh berbeda, yg satu memberi proteksi pada rakyat pada bidang ketenagakerjaan, sementara satunya memberi proteksi di bidang kesehatan.

Sampai terdapat perkara rakyat yang berobat ke puskesmas memakai kartu BPJS Ketenagakerjaan. Tentu pihak puskesmas akan menolak. Lantaran buat berobat tentunya yang bisa dipakai adalah kartu BPJS Kesehatan, bukan kartu BPJS Taman Kanak-kanak. Kartu BPJS Ketenagakerjaan baru sanggup digunakan buat berobat apabila kita sakit dampak kecelakan kerja.

Kekeliruan tadi bahkan beberapa kali sampai di situs Jangan Nganggur ini. Misalnya kami menulis artikel yg membahas mengenai BPJS Ketenagakerjaan, tetapi terdapat beberapa pembaca yg justru bekomentar menanyakan topik BPJS Kesehatan.

BPJS Ketenagakerjaan, sebagai lembaga negara yg beranjak dalam bidang iuran pertanggungan sosial ketenagakerjaan dulunya bernama PT Astek (Asuransi Tenaga Kerja). Kemudian berubah nama sebagai JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yg dikelola oleh PT Jamsostek (Persero). Namun sinkron UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT Jamsostek lalu berubah nama lagi sebagai BPJS Ketenagakerjaan semenjak lepas 1 Januari 2014 & mulai beroperasi semenjak 1 Juli 2015.

Program-program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan mencakup agunan hari tua (JHT), agunan kematian (JKM), jaminan kecelakaan kerja (JKK), & Jaminan Pensiun (JP).

Sementara BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan) yg dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero). Kemudian selesainya dikeluarkannya UU Nomor 24 Tahun 2011 mengenai BPJS, PT Askes Indonesia juga berubah nama menjadi BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2014.

Baca Juga:Contoh Isi Surat Paklaring Untuk Persyaratan Pencairan Dana JHT BPJSTK

Itulah perbedaan antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan. Bagi orang umum nama tadi mungkin akan terdengar seperti, ditambah lagi warna kartu pesertanya yg jua mirip dengan dominasi rona hijau, sehingga poly yg nir bisa membedakan antara dua premi sosial pemerintah tersebut. Maka berdasarkan itu, buat memperjelas perbedaannya, BPJS Ketenagakerjaan berinisiatif mengubah nama panggilan menjadi BPJamsostek.

Jadi mulai kini , BPJS Ketenagakerjaan mampu kita sebut BPJamsostek saja. Lebih ringkas dan lezat dianggap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *