Perbedaan Antrian Online dan Mencairkan JHT Secara Online (e-Klaim)

Perbedaan Antrian Online dan Mencairkan JHT Secara Online (e-Klaim)

Posted on

Apa perbedaan antara sistem antrian online menggunakan mencairkan JHT secara online atau eklaim? Apabila Anda masih bingung dengan 2 layanan digital berdasarkan BPJS Ketenagakerjaan tersebut, bahkan terdapat yang menganggap jikalau 2 layanan tadi adalah sama, silahkan baca artikel ini sampai terselesaikan. Karena pada postingan ini, Jangan Nganggur akan menjelaskan secara terperinci apa bedanya antrian online & elektro klaim (eklaim).

Memang, antara antrian online menggunakan eklaim merupakan sama-sama layanan menurut BPJS Ketenagakerjaan yang sanggup dilakukan secara online, & dihadirkan buat mempermudah peserta yg hendak mengurus pencairan tabungan JHT (Jaminan Hari Tua). Dengan adanya dua layanan online ini, peserta nir perlu lagi tiba buru-buru pagi-pagi sekali ke kantor cabang BPJS TK demi supaya kebagian nomor antrean. Bisa diurus menurut tempat tinggal atau pada mana saja lewat perangkat yang terhubung menggunakan internet.

Perbedaan Antrian Online Dan Mencairkan JHT Secara Online (e-Klaim)

Tetapi dari segi fungsi dan tujuan, antrian online & mencairkan dana JHT secara online adalah dua layanan yg sangat jauh tidak selaras.

Baca Juga: Cara Mencairkan Dana JHT Tanpa Antrian Online

Berikut ini rincian perbedaannya:

E-KLAIM JHT

Eklaim JHT atau mengajukan pencairan uang JHT secara online, merupakan layanan yg sudah cukup usang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan. Fitur ini tersedia di pelaksanaan BPJSTKU, atau sanggup pula pribadi diakses dari dari website BPJS Ketenagakerjaan www.Bpjsketenagakerjaan.Go.Id menggunakan akun BPJSTK anda.

Dalam prosesnya, peserta harus memilih tempat kerja cabang BPJS Taman Kanak-kanak yang diinginkan yg nanti akan didatangi buat verifikasi berkas. Juga diwajibkan mengunggah hasil scan dokumen-dokumen sinkron persyaratan klaim JHT, misalnya KPJ atau kartu peserta BPJS Taman Kanak-kanak, KTP Elektronik, Kartu Keluarga (KK), Paklaring & Buku rekening tabungan atas nama peserta yg bersangkutan. Setelah seluruh scan berkas telah diunggah, kemudian disubmit, maka peserta akan dikirim notifikasi ke email yaitu konfirmasi bahwa proses pengajuan klaim saldo JHT sudah diterima dan menunggu 2×24 jam buat email undangan ke BPJSTK.

Setelah menerima email balasan untuk undangan ke kantor cabang yang anda pilih, Anda bisa langsung print F5 (formulir pengajuan klaim jaminan hari tua) dan silahkan datang di hari yang tertera di email. Selanjutnya untuk proses klaim di kantor cabang, jangan lupa membawa seluruh dokumen asli beserta fotokopinya masing-masing 1 lembar.  Masa berlaku eklaim paling lama 7 hari dari tanggal undangan yang tercantum di email.

Dan jika Anda sudah mengajukan klaim JHT secara online, maka anda nir perlu lagi mendaftar atau pendaftaran antrian online. Lantaran untuk peserta e-Klaim telah menerima email undangan yg berlaku seminggu. Nanti waktu datang ke tempat kerja BPJS Taman Kanak-kanak, sang sekuriti akan diberikan nomer antrian khusus untuk peserta e-Klaim.

UPDATE INFORMASI!

Untuk saat ini, mencairkan dana JHT BPJamsostek secara online menggunakan layanan e-Klaim JHT ini sudah tidak berlaku lagi. Pengajuan pencairan uang Jaminan Hari Tua (JHT) secara online atau lewat internet, sepenuhnya menggunakan sistem antrian online yang bisa dilakukan via website antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau di aplikasi BPJSTKu pada menu Antrian Online. Kemudian nanti anda akan mendapat email balasan atau konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan, tentang langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Info selengkapnya silakan teman-teman Klik Di Sini .

ANTRIAN ON-LINE

Antrian online adalah layanan digital yg sanggup dikatakan masih baru menurut BPJS Ketenagakerjaan, yaitu mulai berlaku dalam bulan Juli 2018 kemudian buat pencairan uang JHT secara manual atau secara langsung pada tempat kerja cabang. Layanan ini semacam booking nomer antrian, jadi peserta nir perlu lagi tiba shubuh dan rebutan nomer antrian yang di kantor BPJS Taman Kanak-kanak.

Cara menciptakan antrian online Anda tinggal membuka website BPJS TK spesifik pendaftaran antrian online yaitu: www.Antrian.Bpjsketenagakerjaan.Go.Id kemudian mengisi data-data yg diminta mulai berdasarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama sesuai KTP Elektronik, angka KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau no kartu BPJS Ketenagakerjaan, dan nomer HP yg masih aktif.

Pilih daerah pelayanan & tempat kerja cabang pelayanan yg Anda inginkan, kemudian silahkan memilih sendiri jam kedatangan dan jadwal kedatangan sinkron dengan quota yg tersedia. Jika sudah mengisi data dan telah menerima kode booking atau no antriannya, Anda harus tiba sesuai dengan hari & jam yg tertera diantriannya yg anda pilih waktu pendaftaran tadi. Jika lewat maka harus mengurus ulang antrian on-line balik . Jadi dipastikan Anda telah hadir pada kantor BPJS Ketenagakerjaan setidak 30 mnt sebelum antrian dipanggil.

Petunjuk selengkapnya tentang tata cara mendaftar antrian on-line untuk klaim JHT manual di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, silahkan Klik Disini .

Dalam prosesnya ketika menciptakan antrian online, kita tidak perlu menggunggah scan berkas persyaratan klaim JHT & jua tidak perlu login ke akun BPJSTK sebagaimana kalau mengurus pencairan JHT secara online (E-klaim). Jadi yang nir mempunyai akun BPJSTK, permanen mampu membuat antrian online. Berbeda dengan E-klaim JHT yang mengharuskan peserta mempunyai akun BPJSTK.

Baca Juga:Pengalaman Berhasil Mencairkan Dana JHT Setelah Sebelumnya Kesulitan Memperoleh Antrian Online

Itulah persamaan dan perbedaan antara layanan antrian online dengan layanan eklaim atau mencairkan dana JHT secara online. Intinya, antrian online merupakan layanan buat pencairan JHT secara manual. Sementara e-Klaim, adalah layanan buat pencarian JHT secara online. Hanya boleh dipilih keliru satu. Tidak boleh dan memang tidak perlu menentukan 2-duanya. Semoga sahabat-sahabat seluruh tidak galau lagi membedakan kedua layanan online daru BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *