Saldo Sudah 0 Kenapa Uang JHT BPJS TK Belum Masuk ke Dalam Rekening Bank?

Posted on

Banyak yang penasaran mengapa dana JHT belum jua dikirim ke rekening tabungan, padahal ketika cek saldo terakhir JHT di akun pelaksanaan BPJSTKU telah menerangkan nomor nol rupiah. Yang merupakan dana telah berhasil cair, akan tetapi saat dicek pada ATM kok duitnya belum masuk-masuk jua? Apa gerangan yang terjadi? Begitulah. Cukup poly peserta BPJS Ketenagakerjaan yg selesainya klaim JHT dibentuk cemas & kebingungan menggunakan hal tersebut. Mungkin takut duit JHT-nya ilang atau galat terkirim ke orang lain.

Tapi perlu sahabat-sahabat seluruh ketahui, bahwa semua orang yg mencairkan uang JHT (Jaminan Hari Tua) niscaya mengalami peristiwa tersebut. Pasti! Tidak sanggup tidak. Saldo JHT-nya sudah 0 rupiah, tapi saldo pada rekening bank belum bertambah. Hal itu karena saat pencairan disetujui, uang JHT tidak serta merta atau otomatis eksklusif masuk ke rekening. Butuh waktu beberapa jam bahkan sampai berhari-hari.

Saldo Sudah 0 Kenapa Uang JHT BPJS TK Belum Masuk Ke Dalam Rekening Bank?

Baca Juga: 13 Penyebab Pencairan JHT BPJS TK Ditolak dan Cara Mengatasinya

Faktanya memang semenjak diwajibkannya penggunaan rekening bank pada proses pencairan JHT, uang tidak sanggup eksklusif diterima. Peserta masih harus menunggu lagi terkadang hingga berhari-hari. Beda dengan dulu, yang mana waktu itu peserta yang hendak mencairkan dana JHT nir harus mempunyai rekening, sebagai akibatnya uang JHT mampu pribadi dibayar tunai di hari yang sama.

Kalau sekarang, saat proses administrasi pencairan sudah selesai, biasanya petugas BPJS Ketenagakerjaan akan memberi tahu kita bahwa uang baru akan terkirim ke rekening dalam waktu maksimal tujuh hari. Mengenai berapa usang tepatnya uang JHT terkirim ke dalam rekening tabungan tidak sanggup dipastikan dengan pasti. Ada yang pada tempo beberapa jam saja telah masuk, ada yang satu hari, tiga hari, lima hari, bahkan yg hingga seminggu pun banyak.

Maka dari itu, apabila masih satu dua atau tiga hari setelah klaim JHT saldonya sudah nol, tapi uang belum juga masuk, teman-teman tenang saja nggak perlu cemas, sebab batas maksimalnya memang 7 hari. Nah kalau sudah lebih seminggu tapi dana JHT belum juga tertransfer ke rekening tabungan kita, barulah kita menghubungi Kantor BPJS TK tempat kita mengurus klaim. Atau bisa juga menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor (021) 1500910 atau 021-175. Kita tanyakan kenapa dana JHT kita belum juga sampai, padahal sudah melebihi waktu yang dijanjikan. Nanti pihak BPJS Ketenagakerjaan akan melacak dan mencari penyebab macetnya uang JHT kita.

Kita harus sanggup memaklumi, se-Indonesia setiap hari ada puluhan ribu orang mengajukan klaim dana JHT, terdapat seratus ribu lebih berkas yang harus diverifikasi sang BPJS Ketenagakerjaan. Belum lagi bila terdapat gangguan jaringan, belum lagi jikalau kita mengajukan klaim pada hari Jum’at, ad interim sabtu dan Minggu bank tutup, semua itu sedikit banyak ikut mempengaruhi lamanya dana JHT benar-sahih sampai ke pada rekening bank kita.

Tapi yang pasti, sahabat-sahabat tidak perlu khawatir dana JHT kita hilang atau salah kirim. Tidak pernah ada sejarahnya uang JHT keliru transfer ke orang lain. Sebab proses verivikasi berkas pencairan JHT itu sangat ketat, mulai menurut nama peserta, lepas lahir, NIK, sampai nama Ibu kandung, jadi tidak mungkin dana terkirim ke orang lain.

Dan pada tahun 2020 ini, terdapat cara gampang mengetahui uang tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJAMSOSTEK yg kita klaim telah cair dan dikirimkan ke rekening atau belum, yaitu menggunakan cara tracking klaim BPJS Ketenagakerjaan. Dengan tracker online ini, kita mampu melacak berkas persyaratan klaim JHT kita sudah diverifikasi atau belum, pengajuan pembayaran saldo JHT telah disetujui atau belum, sampai apakah dananya telah dibayarkan atau masih menunggu antrian, semuanya sanggup kita cek secara online memakai tracking klaim BPJS Taman Kanak-kanak.

Baca Juga:Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan, Untuk Melacak Dana JHT Sudah Ditransfer Atau Belum

Jadi seperti itulah penyebab dana JHT BPJS TK/Jamsostek belum masuk ke rekening tabungan, padahal saldo JHT di akun BPJSTK saat dicek di pelaksanaan BPJSTKU telah kosong. Mudah-mudahan sahabat-sahabat mampu bersabar & tetap positif thinking, bahwa uang JHT kita permanen aman, nggak bakal hilang ataupun salah kirim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *