Tanya Jawab Seputar Antrian Online Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek

Posted on

Kali ini blog Jangan Nganggur akan menciptakan semacam tanya jawab seputar sistem registrasi no antrian secara online buat klaim uang JHT (Jaminan Hari Tua) secara manual pada tempat kerja cabang BPJS Ketenagakerjaan. Sebagaimana diketahui, sistem antrian online ini telah diberlakukan semenjak Juli tahun kemarin dan bertujuan buat memudahkan peserta yg hendak mengurus pencairan dana JHT secara eksklusif menggunakan mendatangi tempat kerja cabang BPJS Taman Kanak-kanak. Dengan hadirnya layanan ini, peserta tidak perlu lagi datang pagi-pagi sekali atau bahkan menginap pada tempat kerja BPJS Ketenagakerjaan supaya dapat kebagian nomer antrean.

Prosedur antrian online ini membuat peserta bisa memesan atau booking no antrian klaim JHT kapan saja dimana saja. Kita bisa memilih kantor cabang, tanggal kedatangan dan jam kedatangan yang diinginkan. Mau datang tanggal berapa dan jam berapa terserah bebas bisa kita pilih sendiri, yang penting bukan pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur nasional lainnya. Karena pada hari-hari tersebut kantor BPJSTK tutup. Dan juga selain itu, tanggal yang bisa dipilih maksimal 7 hari termasuk tanggal pada saat registrasi. Jadi misalnya kita registrasi antrian online pada tanggal 10, maka tanggal yang bisa dipilih adalah 10, 11, 12, 13, 14, 15 dan 16. Petunjuk selengkapnya tentang tata cara mendaftar antrian on-line untuk klaim JHT silahkan Klik Disini .

Tanya Jawab Seputar Antrian Online Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek

Meskipun layanan antrian online ini bertujuan buat mempermudah dan mempersingkat saat pada proses mencairkan saldo JHT, tetapi lantaran aneka macam hal, masih sangat poly peserta yg mengalami kendala menggunakan sistem baru ini. Terbukti dari banyaknya komentar pertanyaan dan keluhan pada artikel-artikel kami sebelumnya yg membahas metode antrian online. Dan dari komentar-komentar pertanyaan yang timbul tersebut, poly yang pada dasarnya sama antara pertanyaan yang satu dengan pertanyaan yg lainnya.

Baca Juga:Tips Terbaru Agar Bisa Mendapatkan Nomor Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan, Sudah Banyak Yang Berhasil

Maka menurut itu, pada postingan kali ini kami telah menyusun tanya jawab seputar pertanyaan-pertanyaan yang sangat sering ditanyakan kepada kami tentang layanan antrian online BPJS Ketenagakerjaan. Silahkan disimak:

Saat mendaftar antrian online, kenapa lepas dan jam kedatangan dan kantor wilayah cabang BPJS Ketenagakerjaan nir sanggup diklik?

Penyebab mengapa tanggal kedatangan, jam kedatangan, dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan nir bisa dipilih dalam saat kita registrasi antrian on-line merupakan lantaran kuota yg disediakan pada lepas, jam dan kantor cabang yang kita pilih tersebut telah penuh. Tidak tersedia lagi. Sudah terisi sang peserta lain yang lebih dahulu mendaftar.

Kenapa kuotanya sanggup penuh?

Lantaran tempat kerja cabang BPJS Ketenagakerjaan nir beroperasi setiap hari selama 24 jam, hanya buka dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 sampai 15.30 WIB. Jadi kantor cabang hanya melayani pencairan JHT sebesar yang mampu terlayani pada rentang ketika jam kerja tersebut, itulah kenapa kuotanya terbatas. Bayangkan kuotanya tidak dibatasi, bisa-bisa tempat kerja cabang nir pernah tutup saking banyaknya peserta hendak mengurus pencairan dana JHT.

Intinya akibat tidak seimbangnya antara jumlah peserta yg mendaftar antrian online menggunakan jumlah kuota yang diberikan pada kantor cabang. Tentang berapa kuota yg tersedia tiap tempat kerja cabang bisa saja bhineka, tergantung jumlah teller/karyawan di masing-masing kantor cabang.

Notifikasi Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Penuh - Tanya Jawab Seputar Antrian Online Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek

Bagaimana tips dan cara agar berhasil menerima angka antrian online?

Tidak ada tips yang sahih-sahih jitu agar kita kebagian atau berhasil memperoleh no/kode antrian secara online. Ada yg menyarankan buat mencoba registrasi dalam tengah malam atau jam satu malam, dengan perkiraan pada jam-jam tadi orang-orang sedang tidur sebagai akibatnya jarang yg melakukan registrasi. Namun pada kenyataannya saran tersebut tidak benar-benar efektif. Masih poly peserta yang gagal meski daftar antrian onlinenya di tengah malam, jam 1 dini hari, jam 2, jam tiga bahkan saat shubuh. Lantaran menerka tengah malam jarang yang registrasi online, akhirnya poly sekali peserta yang mencoba pendaftaran di jam tersebut, dan akhirnya tetap banyak yg gagal juga.

Sebaliknya, ada yang coba-coba pendaftaran pagi, siang, sore atau malam, tak disangka justru berhasil. Jadi, tips atau cara ampuh menerima no antrean secara online untuk pencairan dana JHT pada tempat kerja cabang BPJS TK (Jamsostek) merupakan dengan terus mencoba secara terpola. Gagal kini , dicoba nanti beberapa jam lagi atau besok. Besok masih ditolak juga, coba balik besoknya lagi dan seterusnya.

Saya kesulitan alias nir pernah kebagian ketika pendaftaran antrian online. Apakah terdapat tempat kerja cabang BPJS Ketenagakerjaan yg mampu klaim JHT tanpa harus pendaftaran no antrian secara online?

Untuk saat ini, semua kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan sudah menerapkan sistem antrian online. Jadi peserta yang hendak mengurus pencairan dana JHT pada tempat kerja cabang harus booking nomer antrian terlebih dahulu secara online. Akan tetapi buat tempat kerja-kantor cabang perintis, masih bisa digunakan buat mencairkan saldo JHT tanpa perlu registrasi online, sanggup eksklusif tiba dan mengambil nomor antrian pada sana.

Untuk diketahui, KCP (kantor cabang perintis) merupakan perpanjangan tangan dari kantor cabang. Jika kantor cabang biasanya terdapat di kota-kota besar, sementara kantor cabang perintis berada di kota-kota kecil hingga ke kota-kota kecamatan. Sayangnya kantor cabang perintis ini belum tersebar merata di seluruh Indonesia, terutama di luar Jawa masih sangat jarang terdapat kantor cabang perintis. Dan untuk mengetahui informasi alamat kantor-kantor cabang perintis BPJS Ketenagakerjaan di daerah kita, kita bisa menanyakannya di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di kota kita.

Selain di tempat kerja cabang pioner, adakah cara lain mengambil uang JHT tanpa wajib mendaftar no antrian online?

Ada. Setidaknya ada 4 cara mencairkan tabungan JHT tanpa antrian online, yaitu mencairkan dana JHT secara online, mencairkan uang JHT pada bank SPO yg bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, mencairkan dana JHT di Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan, & mencairkan JHT di tempat kerja POS Indonesia. Masing-masing cara sudah dijabarkan secara mendetail di artikel kami yg lainnya. Silahkan baca:

  1. Cara Mencairkan Saldo JHT Secara Online Via Layanan e-Klaim JHT
  2. Cara Mencairkan Uang JHT Di Bank Yang Bekerjasama Dengan BPJS Ketenagakerjaan
  3. Cara Mencairkan Dana JHT Di Kantor POS Indonesia
  4. Cara Mencairkan JHT Tanpa Registrasi Antrian Online di KCP (Kantor Cabang Perintis) BPJS Ketenagakerjaan

Saya sudah mengajukan pencairan uang agunan hari tua secara online melalui layanan e-Klaim JHT, apakah saya perlu registrasi antrean online lagi?

Tidak perlu! Apabila anda telah mengajukan pencairan uang JHT secara online yaitu menggunakan cara mensubmit scan berkas-berkas persyaratannya, maka anda tidak perlu lagi daftar antrian online ini. Sistem antrian online ini hanya berlaku bagi peserta yg akan mencairkan dana JHT secara manual di kantor cabang BPJS Taman Kanak-kanak.

Untuk peserta yg mengajukan klaim secara online, nanti pada kantor BPJS Taman Kanak-kanak akan diberikan nomor antrian khusus E-klaim JHT.

Saya memiliki 2 kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan menggunakan angka referensi (kepesertaann) yg berbeda-beda. Bagaimana cara daftar no antrian on-line-nya? Apakah wajib daftar antrian online buat masing-masing kartu?

Jika memiliki KPJ lebih dari 1, entah itu dua, tiga, 4, lima kartu BPJS Ketenagakerjaan atau bahkan lebih, dan seluruh kartu tadi ingin dicairkan JHT-nya, nir perlu menciptakan antrian online buat semua kartunya. Cukup satu KPJ saja yang didaftarkan. Nah nanti, sesudah berhasil mendapatkan no antrian (kode booking), pada ketika datang ke tempat kerja BPJS TK buat penyerahan berkas, silahkan bawa seluruh KPJ yang kita punya beserta berkas-berkas persyaratan yg lainnya.

Tentang bagaimana cara dan apa saja syarat mencairkan dana JHT jika memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek lebih dari satu, sudah kami tulis lengkap di artikel sebelumnya. Jika teman-teman ingin membacanya silahkan Klik Disini .

Demikianlah diskusi tanya jawab seputar sistem pesan nomor antrian secara online untuk mengurus klaim dana JHT (Jaminan Hari Tua) secara manual di tempat kerja cabang BPJS Ketenagakerjaan. Jika ada pertanyaan-pertanyaan lain tentang layanan tadi, silahkan ditanyakan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *