Ternak Itik Raja Dan Ratu Lebih Cepat Pertumbuhannya

Posted on

Ternak Itik Raja Dan Ratu Lebih Cepat Pertumbuhannya

Upaya menaikkan produktivitas & efisiensi hasil ternak terus dilakukan, salah satunya dengan membuat varian bibit unggul . Itik Raja & Itik Ratu merupakan varian yang nisbi baru pada dunia unggas. Itik hasil persilangan antara itik Mojosari Jantan dan Itik Alabio betina ini memiliki pertumbuhan yang relatif cepat. Pertumbuhan itik yg cepat ini membuat gairah peternakan itik semakin baik dan kesejahteraan semakin tinggi.

Secara fisik postur itik Raja tampak lebih besar , dengan bentuk badan yg menyerupai botol. Pada usia 6 minggu bobt itik Raja sudah mencapai 1.3 Kg(1300 gram). Jika dibandingkan dengan Itik alabio pada usia yang sama baru mencapai bobot kurang lebih 767,5 gr & itik mojosari lebih kurang 660 gram ( Sumber Agrina).

Selain pertumbuhannya yang cepat itik Raja & Ratu memiliki tingkat efisiensi pakan (Food Convertion Ratio) yang sangat baik yaitu sekitar 1.24. Keunggulan lain itik hibrida ini merupakan daya tahan terhadap penyakit yang relatif baik, sehingga menekan resiko kematian.

Pertumbuhan yg cepat ini diharapkan dapat mensuplai kebutuhan daging itik yang selama ini mengandalkan pasokan bebek afkir. Keuntungan usaha ternak itik Raja & Ratu ini memang cukuo menggiurkan , buat satu ekor itik mampu mendatangkan laba 7500 rupiah dalam masa pemeliharaan kurang lebih 45-50 hari. Biaya pemeliharaan lebih kurang 10000 dan harga jual dalam usia tersebut 17500 rupiah.

Ternak itik Raja & ratu ini saat ini masih menemui beberapa kendala masih terbatasnya pasokan bibit. Saat ini buat wilayah Sleman Yogyakarta, masih harus mendatangkan bibit (DOD) dari Kalimantan Selatan. Sehingga selain perkara jumlah yg terbatas harga DOD menjadi lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *